Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Cek Resi JNE dengan Mudah dan Cepat Tanpa Melalui Aplikasi

Cara Cek Resi JNE - Sebagian dari kamu mungkin masih bingung tentang cara cek resi JNE, j&T, Sicepat, Anteraja, dan lain-lain. Gak aneh sih, karena memang sekarang begitu banyak website cek resi ­abal-abalyang isinnya Cuma jualan iklansedangkan fiturnya sama sekali gak bisa digunakan. Terlebih jasa pengiriman yang terkadang situsnya overload karena trafffic yang tinggi, dimana para pelanggannya di seluruh Indonesia mungkin berbondong-bondong mengakses website di jam dan waktu yang sama.

Jangan cemas lagi! Kita akan kasih solusi buat kamu. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui keberadaan paket pesanan kamu dengan cara cek resi JNE.


Sekilas Mengenai Jasa Pengiriman JNE

JNE sendiri sebenarnya adlaah senior jasa pengiriman yang ada di Indonesia. Mereka sudah berdiri sejak tahun 1990 tepatnya pada 26 November 1990. JNE yang memiliki nama asli PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir sebelumnya berfokus pada aktifitas pengiriman import dan kepabeaan. Dulu, sebelum JNE berperan sebagai kuris domestik, mereka hanya fokus pada pengiriman dari luar negeri ke Indonesia baik berupa barang maupun dokumen.

Program Pengiriman di JNE

Sebagai jasa kurir Internasional, JNE berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk para customer-nya. Salah satunya adalah dengan menghadirkan berbagai macam program atau paket pengiriman. Setidaknya ada 3 program paket jasa pengiriman dari JNE yang sangat populer, yaitu : JNE YES, JNE Reguler, dan JNE OKE.

Masing-masing dari ketiga program jasa itu memiliki fitur dan kelebihan yang berbeda-beda. Berikut ini adalah sedikit penjelasan dari paket pengiriman yang ada di JNE.

JNE Reguler

JNE Reguler : jenis program ini biasanya disingkat dengan istilah REG. Identitas paket barnag/dokumen yang dikirim dnegan program reguler akan tertulis REG pada print out nota pengirimannya. Paket yang satu ini termasuk yang cukup murah dari program paket pengiriman JNE lainnya. Mereka menjanjikan bahwa paket yang dikirimkan akan datang ke tempat tujuan setidaknya 3-4 hari setelah disetorkan kepada cabang JNE terdekat. JNE Reguler umumnya banyak digunakan oleh mereka pedagang online atau orang-orang yang bertransaksi via online dan marketplace.

JNE YES

JNE YES adalah sebuah singkatan sebenarnya. YES adalah kepanjangan dari Yakin Esok Sampai. Hebatnya dari program pengiriman JNE yang satu ini adalah, JNE menjadwalkan paket yang dikirimkan oleh ustomernya akan samapai pada penerima tidak lebih dari jangka waktu 24 jam saja. Nah, tentu program pengiriman paket ini sering jadi pilihan bagi mereka yang sedang membuatuhkan pengiriman darurat.

JNE OKE

JNE OKE adalah program pengiriman barang dari JNE yang menawarkan harga paling murah diantara pakepaket lainnya. Namun demikian, harga murah pasti juga akan beda pelayanannya. Pada program JNE OKE, pihak ekspedisi pengiriman menjanjikan bahwa barang yang dikirimkan akan tiba dalam jangka waktu kurang lebih seminggu setelah paket didaftarkan di kantor JNE. Paket OKE jadi pilihan bagi para pengirimm yang ingin mengirimkan barang dengan alamat tujuan yang lumayan jauh serta berat barang yang cukup besar.

JNE CTC

JNE CTC adalah paket tambahan yang belum lama ada. Program jasa pengiriman JNE yang satu ini khusu untuk pengiriman paket dalam kota. Biasanya hanya membutuhkan waktu 2 jam untuk barang sampai ke alamat tujuan.

Selain yang sudah disebutkan diatas, JNE juga menyediakan jasa yang dikhususkan untuk barang-barang berjumlah besar dan memiliki berat timbangan lebih dari 10kg. Pake jasa pengiriman ini adalah JNE Trucking dan juga fitur menarik lainnya pada layanan jasa JNE Cashless.

JNE juga menyediakan layanan asuransi untuk menjaga privasi dan juga keamanan pada saat pengiriman. Seperti yang kita tau, pada proses pengiriman tidak menutup kemungkinan banyak hal beresiko yang terjadi dan menyebabkan barang rusak, hilang, dan sebagainya. Maka dari itulah asuransi pengiriman ini di butuhkan.

Apa itu Resi Pengiriman?

Resi pengiriman sendiri adalah kode khusus yang tertempel pada sebuah produk yang berupa angka dan huruf. Resi ini juga merupakan identitas dari sebuah produk yang dikirimkan melalui jasa pengiriman. Dengan resi ini kita bisa memantau proses pengiriman secara mendetail.

Cara Cek Resi JNE Terbaru

Cek resi berguna untuk mengetahui dimana dan apa status pengiriman paket barang atau dokumenmu. Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk cek resi JNE atau jasa pengiriman lainnya.

Melalui Aplikasi Resmi

Kamu bisa mendownload aplikasi secara resmi dan gratis tanpa biayasa di playstore maupun iOS. Seperti JNE misalanya, mereka menyiapkan aplikasi bernama MyJNE untuk pelanggannya. Di aplikasi ini, selain kamu bisa cek resi JNE kamu juga bisa memanfaatkan fitur menarik lainnya.

Ada fitur My Tarif untuk cek harga tarif dari jasa pengiriman berdasarkan lokasi pengirim dan tujuan, berat serta dimensi paket. Lalu ada fitur My COD. Fitur ini berfungsi untuk mengaktifkan layanan menarik dari JNE yaitu Cash on Delivery atau yang sering disebut bayar ditempat.

My Shipment adalah fitur yang harus kamu cari saat inigin cek resi JNE. Kamu bisa mengetahui identitas dan informasi pengiriman paket secara lengkap melalui fitur ini. Berbeda dengan pengguna layanan JNE Express, kamu harus klik pada kolom AWB untuk cek resi JNE Express.

Berikut ini langkah-langkah yang bisa anda coba untuk mengecek resi pengiriman anda:

  • Pertama anda bisa masuk pada aplikasi My JNE
  • Selanjutnya anda akan melihat kolom tempat memasukan nomor resi
  • Pilih cek resi
  • Kemudian anda akan mendapatkan informasi mengenai paket pengiriman anda

Demikianlah tadi beberapa cara yang bisa anda coba untuk mengecek resi pengiriman dengan menggunakan aplikasi. Caranya sangatlah mudah.

Situs Resmi JNE

Cara berikutnya apabila kita ingin mengecek resi pengiriman kita bisa dilakukan melalui situs resmi mereka, adapun caranya ialah sebagai berikut ini.

  • Pertama anda dapat masuk ke www.jne.co.id/id/tracking/trace
  • Masukan nomor resi pengirman anda
  • Pilih “Search”
  • Selanjutnya anda akan mendapatkan informasi pengiriman paket anda.

Dengan menggunakan cara tersebut maka kita akan mengetahi semua informasi terkait pengiriman paket yang telah anda kirimkan.

Menggunakan Situs CekResi.com

Situs yang satu ini sudah terbukti terpercaya dan kredibel setelah software resmi JNE yang terkadang sering trouble. Kamu cukup buka website-nya melalui browser baik di pc maupun smartphone. Lalu, masukkan resi pada kolom yang sudah disediakan dan klik LACAK untuk mulai mencari tentang informasi pengiriman paket. Tak hanya bisa cek resi JNE saja, website yang satu ini juga bisa digunakan untuk cek resi J&T, sicepat, anteraja, pos, dll.

Berikut ini caranya:

  • Pertama anda bisa masuk ke situsnya yaitu cekresi.com
  • Selanjutnya anda bisa masukan nomor resi pengiriman, dan pilih cek resi
  • Berikutnya anda bisa memilih ekspedisi pengiriman yang anda gunakan
  • Terakhir anda akan melihat status pengiriman anda

Datang ke Cabang Jas Pengiriman Terdekat

Cara ini khusus untuk kamu yang rumahnya gak jauh dari kantor cabang dari jasa pengiriman yang digunakan. Misal JNE, pastikan tempat tinggal kamu gak jauh dari cabang atau kantor droppoint JNE. Disana kamu bisa minta bantuan customer service untuk melakukan pengecekan dari paket yang kamu kirimkan atau yang akan kamu terima.

Status Pengiriman JNE

Ada beberapa status yang harus kamu tahu dalam sistem proses pengiriman JNE, diantaranya adalah

  • Tracking Valid, nomer resi yang tercetak asli dan sudah masuk dalam sistem antrian JNE
  • Manifested, paketmu telah berada di salah satu kantor atau gudang JNE
  • On Transit, paketmu sudah dalam perjalanan dan sedang singgah di kota tertentu atau mungkin sudah sampai di kota tujuan namun belum di input.
  • Received on Destination, Paket sudah samapai di kota tujuan dan menunggu untuk dikirimkan ke penerima
  • Delivered, artinya paketmu sudah sampai tujuan dan sudah diterima oleh yang bersangkutan (penerima).

Oke, itulah tadi ulasan carakomplit.com tentang Cara Cek Resi JNE. Semoga informasi kami yang cukup lengkap ini bisa membantu kamu yang sedang kebingungan, ya!


Posting Komentar untuk "4 Cara Cek Resi JNE dengan Mudah dan Cepat Tanpa Melalui Aplikasi"