Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Buka Situs yang Diblokir Di Google Chrome Tanpa VPN!

Cara Buka Situs yang Diblokir - Internet Positif yang diberlakukan oleh pemerintah beberapa waktu lalu memblokir sebagian website yang dianggap kurang layak untuk diakses oleh pengguna umum. Memang situs-situs tersebut cenderung memiliki konten negatif, akan tetapi beberapa website yang dinilai bersih juga turut terblokir.

Sebut saja Reddit, forum online terpopuler ini tidak dapat diakses oleh pengguna dari Indonesia jika tanpa VPN. Nasib yang sama juga dialami Vimeo, layanan streaming video online yang cukup banyak digunakan oleh pengguna dari negara lain.

Alih-alih berlangganan VPN berbayar, kini pengguna Google Chrome bisa mengakses situs yang diblokir dan di saat yang sama, membuat koneksi internet lebih aman dan cepat.

Kita akan menggunakan DNS yang mana 100% gratis. Berikut panduannya.

#1 Cara buka situs yang diblokir di Google Chrome PC

  1. Klik menu Chrome, lalu pilih Setelan.
  2. Cari dan buka opsi Keamanan.
  3. Pada kolom ‘Gunakan DNS aman’, pilih Dengan Cloudflare (1.1.1.1).
  4. Sekarang, coba buka situs yang tadinya diblokir di Chrome.

DNS tersebut pada dasarnya akan mengubah rute koneksi sehingga tidak melalui DNS penyedia internet dimana banyak situs diblokir. Khusus untuk pengguna Windows, DNS 1.1.1.1 ini juga dapat diimplementasikan ke sistem secara default sehingga semua browser bisa mengakses situs yang diblokir tanpa VPN.

#2 Cara buka situs yang diblokir di Google Chrome Android

  1. Jalankan aplikasi Chrome di ponsel Android, lalu tap ikon menu Chrome di pojok kanan atas.
  2. Selanjutnya pilih opsi Setelan.
  3. Cari menu Privasi dan keamanan.
  4. Tap menu Gunakan DNS aman.
  5. Pada kolom ‘Pilih penyedia lain’, pilih Cloudflare (1.1.1.1).
  6. Sekarang, coba akses situs yang diblokir di Google Chrome.

Sama seperti Windows, DNS 1.1.1.1 ini juga dapat diaktifkan secara default pada ponsel Android. Dengan begitu, semua browser, selain Chrome, tetap bisa mengakses situs yang tadinya diblokir. Selain itu, latensi dan keamanan jaringan pun akan lebih baik.

Selain DNS Cloudflare, kamu boleh saja menggunakan Google Public DNS maupun OpenDNS. Akan tetapi menurut saya Cloudflare terhitung sebagai yang paling cepat dan memiliki orientasi privasi sehingga relatif lebih aman.

Posting Komentar untuk "Cara Buka Situs yang Diblokir Di Google Chrome Tanpa VPN!"