Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Jenis Mata Uang Kripto Terpopuler dan Terbaik untuk Jangka Panjang

Jenis Mata Uang Kripto Terpopuler dan Terbaik - Cryptocurrency telah menjadi salah satu mata uang digital yang mulai diterima di pasar global sebagai mode pembayaran alternatif untuk mata uang fiat. Jenis mata uang kripto ini dikelola menggunakan teknologi blockchain, dibagi menjadi 2 jenis, yaitu coin dan token.

Coin crypto beroperasi di blockchain mereka sendiri dan digunakan sebagai uang untuk transaksi karena memiliki nilai. Sedangkan token crypto dibangun di atas blockchain yang ada.

Jenis mata uang ini terdesentralisasi, tidak seperti mata uang fiat yang dikeluarkan pemerintah dan diatur otoritas perbankan.

Daftar Jenis-Jenis Mata Uang Kripto Terpopuler di Dunia

Perlu diketahui bahwa sebagian besar kripto memiliki nilai yang sangat kecil dan potensinya pun tidak jelas.

Bila Anda ingin berinvestasi crypto, pengamat merekomendasikan untuk berpegang pada kripto populer dengan kapitalisasi pasar terbesar berdasarkan data CoinMarketCap.com per 8 April 2022 di crypto hari ini.

Seperti diantaranya bitcoin, Ethereum, dan 7 macam kripto lainnya sebagai berikut:

1. Bitcoin

Pertama kali diperkenalkan ke publik, Bitcoin adalah jenis mata uang kripto tertua yang sudah ada sejak 2009.

Bitcoin memiliki kapitalisasi pasar besar dan menjadi buruan penambang sebab dianggap paling aman dibandingkan mata uang kripto yang lain.

Bitcoin mengalami kenaikan harga secara signifikan sejak tahun 2009, yang awalnya hanya 1 dollar atau sekitar Rp14.000, sekarang per tanggal 17 April 2022 mencapai harga Rp 580,325,394.20 menduduki peringkat 1 harga aset kripto di CoinMarketCap.

2. Ethereum

Ethereum (ETH) menggunakan teknologi blockchain untuk memfasilitasi kontrak pintar.

Mata uang crypto ini adalah yang kedua dengan kapitalisasi pasar terbesar dan yang pasti aman karena memungkinkan kontrak pintar dibangun di jaringannya dan tanpa kekhawatiran akan penipuan oleh pihak ketiga. Harga ETH saat ini (17/04) Rp43,786,094.24.

3. Tether USDT

Tether USDT adalah token yang mulai diperdagangkan pada tahun 2015 dengan nama awalnya RealCoin.

Berbeda dari bitcoin dan ETH, Tether adalah stablecoin yang disokong oleh mata uang seperti US Dollar dan Euro. Sehingga nilainya tidak volatil selayaknya mata uang kripto lainnya. Harga Tether per hari ini Rp14,370.24.

4. BNB

Binance Coin dianggap pengamat sebagai aset crypto terbaik untuk dibeli pada Januari 2022.

BNB dapat digunakan untuk membayar biaya-biaya pada Binance termasuk trading. Harga BNB per hari ini Rp5,946,886.74.

Baca juga: Apa itu Binance Smart Chain (BSC) dan Token BEP-20? Ini Pengertian, Cara Kerja & Marketnya!

5. USDC

Seperti hanya Tether, USD Coin juga termasuk stablecoin yang disokong oleh US$ 1 atau aset dengan nilai setara yang ditahan pada rekening-rekening bank yang teregulasi oleh institusi-institusi finansial Amerika Serikat.

Disebut juga sebagai token ETH yang bisa disimpan pada wallet yang sesuai untuk koin ETH. Harga USDC sama seperti Tether, yaitu Rp14,366.60.

6. XRP

Sebagai aset crypto dengan market cap terbesar keenam, XRP juga menjadi salah satu altcoin terpopuler di Indonesia.

Adapun tujuan dibuatnya XRP adalah sebagai sistem transfer aset langsung secara real-time yang lebih murah, lebih transparan dan lebih aman dari cara transfer seperti SWIFT. Harga XRP saat ini Rp11,250.45.

7. Terra/Luna

Terra (LUNA) yang berdiri tahun 2018 juga termasuk dalam stablecoin. Nilai dari Terra sesuai dengan mata uang fiat sebagai pendukung pembayaran global. Adapun harga Terra saat ini Rp1,172,172.14.

8. Cardano/ADA

Cardano dirilis tahun 2015 yang menjadi blockchain pertama di dunia yang bersifat peer-reviewed. Cardano dibangun oleh para akademisi dan saintis yang aktif mereview protokol blockchain sebelum kripto ini dirilis.

Cardano menggunakan Proof of Stake yang memungkinkan penambang berdasarkan jumlah koin yang ia miliki. Harga ADA hari ini Rp13,659.43.

9. Solana/SoL

Mata uang kripto populer terakhir adalah Solana. Sol beroperasi di jaringan komputer yang terdesentralisasi dengan menggunakan blockchain.

Database pada blockchain ini mengelola dan melacak mata uang, serta mencatat setiap transaksi yang telah terjadi secara efektif. Harga SoL hari ini Rp1,468,244.92.

Demikian penjelasan mengenai jenis mata uang kripto populer. Bagi Anda yang tertarik untuk melakukan atau mencoba investasi Bitcoin, maka bisa melakukan pembelian dan penjualan di Indodax baik di website resmi maupun di mobile Apps yang merupakan Indonesia Bitcoin and Crypto Exchange.

Anda juga bisa mengecek harga Bitcoin secara realtime di Indodax dengan mudah dan cepat, kapan saja dan dimana saja.

Posting Komentar untuk "9 Jenis Mata Uang Kripto Terpopuler dan Terbaik untuk Jangka Panjang"