Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mengetahui WiFi Dipakai Siapa Saja, Nomor 1 Paling Mudah

Cara Mengetahui WiFi Dipakai Siapa Saja - Sedang mencari bagaimana cara mengetahui WiFi Dipakai Siapa Saja? Maka kamu tepat sekali berada di artikel ini. Dewasa ini percepatan perkembangan Internet sangatlah pesat, dengan sudah munculnya penemuan yang disebut dengan WiFi.


Penemuan ini menjadi alat bantu internet yang sangat efektif, namun dengan adanya WiFi terkadang beberapa orang memanfaatkannya secara ilegal atau tidak izin dengan yang punya. Maka dari itu, penting sekali untuk mencari tahu bagaimana solusi yang tepat mengatasi hal tersebut.

Lantas, bagaimana cara untuk mengetahui WiFi kita sedang dipakai saja dan berapa banyak orang? Yuk, simak terus artikel ini sampai habis.

Cara Mengetahui WiFi Dipakai Siapa Saja

Nah, berikut adalah lima cara mengetahui WiFi dipakai siapa saja:

1. Cek Pengguna WiFi Melalui CMD

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan CMD, cara ini terbilang cara yang simple serta tidak banyak memakan waktu karena pengoperasiannya yang terbilang mudah. Pertama-tama yang dilakukan adalah membuka program Run. Untuk membuka program Run sendiri hanya perlu menekan tombol Windows+R yang terdapat pada keyboard.

Jika sudah langkah berikutnya yaitu ketik CMD lalu tekan menu OK, selanjutnya aka nada kotak hitam atau yang sering disebut command prompt (CMD). Lalu lakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Tulis “netview” setelah itu Klik Enter.
  • Tulis “arp-a” lalu Klik Enter.
  • Setelah itu system yang memberitahukan siapa saja yang melakukan akses ke WiFi yang sedang digunakan.
  • Apabila ada sesuatu yang mencurigakan atau pengguna yang asing, pengguna bisa melakukan pemblokiran lewat cara ini.

2. Cek Pengguna WiFi Indihome dari Modem Huawei

Modem Huawei merupakan salah satu modem yang banyak peminatnya, untuk cara mengetahui WiFi dipakai siapa saja adalah dengan modem Huawei.

Cara yang digunakan ini memerlukan input suatu situs di dalam browsernya yaitu dengan mengetik 192.168.1.1 di browser internet. Hal ini bisa dilakukan dengan catatan tipe dari modem adalah HG8245A. Setelah itu lakukan cara sebagai berikut:

  • Apabila pertama kali maka masukan kode login “admin” dan password juga “admin”.
  • Setelah masuk tekan ‘status’ lalu ‘User Device Information’.
  • Selanjutnya delete pengguna WiFi yang ilegal atau tidak diketahui.

3. Cek Pengguna WiFi Indihome dari Modem ZTE

Apabila menggunakan modem ZTE cara mengetahui WiFi dipakai. Untuk langkah pertama silahkan masukan alamat IP 192.168.1.1 / 192.168.100.1, dan itu untuk nama akun dan juga password berada di bagian bawah dari modem ZTE.

Setelah masuk ke laman IP tersebut selanjutnya tinggal masuk ke menu ‘Network’ lalu ‘WLAN’ lalu ‘Associated Device’. Setelah itu pengguna akan langsung masuk ke dalam halaman, yang di dalamnya sudah berisi tentang data siapa saja yang menggunakan Wifi.

4. Cek Pengguna WiFi Indihome dari Aplikasi TP-Link

Apabila pengguna menggunakan router TP-Link, maka bisa dibantu dengan menggunakan aplikasi Tether. Untuk aplikasi Tether sendiri bisa diunduh melalui playstore atau melalui Sahabat99, jika aplikasi sudah terpasang tinggal klik router TP-Link yang terdeteksi .

Untuk masalah akses nya sendiri mengenai log in biasanya sudah terdapat username dan juga password di bawah perangkat router TP-Link, jika sudah masuk maka akan muncul tampilan status wireless. Setelah itu klik menu ‘client setelah di klik, maka semua data perangkat terhubung akan muncul, penghapusan perangkat yang ilegal juga bisa dilakukan disini.

5. Gunakan Bantuan Pihak Ketiga

Cara mengetahui WiFi dipakai siapa saja yang terakhir adalah dengan menggunakan Bantuan pihak ketiga, Pihak ketiga sendiri disini merupakan aplikasi yang diunduh melalui playstore atau juga bisa lewat app store. Aplikasi yang bisa dijadikan pihak ketiga adalah Fing.

Setelah membuka aplikasi Fing maka pada beranda akan terdapat tombol Refresh dan Settings. Apabila ingin mengetahui yang melakukan akses terhadap WiFi yang digunakan bisa dengan menekan tombol Refresh. Proses pemindaian ini akan memakan sedikit waktu. Setelah selesai pengguna dapat melihat siapa saja yang menggunakan wifi beserta dengan apa pengaksesan tersebut.

Nah, itulah cara mengetahui WiFi dipakai siapa saja dengan menggunakan router nya masing masing, apabila tidak bisa terdeteksi, bisa menggunakan bantuan dari pihak ketiga atau dari aplikasi yang diunduh dari Playstore dan App store. Ada baiknya ketika memasang WiFi menggunakan password agar WiFi tidak diakses oleh pihak illegal.


Posting Komentar untuk "5 Cara Mengetahui WiFi Dipakai Siapa Saja, Nomor 1 Paling Mudah"