Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Template CV Gratis Beserta Link Downloadnya

10 Template CV Gratis Beserta Link Downloadnya - CV atau singkatan dari kata Curriculum Vitae merupakan salah satu berkas penting yang umumnya wajib ada ketika ingin melamar pekerjaan. Pada CV ini berisi daftar riwayat hidup kamu, mulai dari pengalaman kerja, pendidikan, keahlian yang dimiliki dan informasi sejenisnya.



Nah karena CV menjadi salah satu dokumen penting, disarankan untuk membuatnya se-menarik mungkin. Salah satu caranya ialah dengan memakai template CV yang akan saya berikan di artikel ini.

Cara Memilih Template CV yang Menarik

Dalam pembuatan informasi data diri tidak hanya menampilkan sekedar deskripsi saja. Melainkan kita juga harus memperhatikan desain yang tepat supaya lebih terlihat menarik. Karena kalau informasi, tata letak dan desain pada CV kamu menarik akan membuat reviewer atau HRD memberikan nilai plus. Nah berikut saya akan berikan tips untuk memilih template CV menarik:

1. Membuat CV dengan Template yang sederhana

Cara supaya CV kamu menjadi daya tarik HRD buatlah desain dengan menggunakan template yang sederhana namun menarik dan tetap elegan. Hal terpenting adalah informasi yang jelas kamu cantumkan pada CV tersebut agar lebih menarik.

2. Menggunakan Warna yang Tidak Terlalu Terang

Kalau sudah memilih template pastikan warna pada desain tidak terlalu terang sehingga antara teks dan background tidak terbaca. Untuk mengatasi ini, kamu bisa sedikit modifikasi. Misalnya kalau template yang bagi kamu menarik kurang kontras, kamu bisa edit warnanya.

Misalkan pada background terang kamu bisa pakai teks berwarna gelap. Begitupun sebaliknya, kalau background gelap, kamu bisa pakai teks informasi berwarna terang.

3. CV Dengan Desain Kreatif

Kemudian kamu juga bisa mencari template yang memiliki desain kreatif. Maksudnya kreatif, biasanya template tersebut memakai beberapa elemen di dalamnya. Misalnya elemen seperti shape atau ada beberapa style tertentu supaya mengurangi blank space di CV yang akan kamu buat.

4. Tidak Terlalu Banyak Warna

Lalu pastikan template yang kamu pilih tidak banyak warna. Secara umum, biasanya yang menarik itu hanya mengkombinasikan 2 – 3 warna saja. Karena kalau banyak warna, bisa mengurangi daya tarik reviewer untuk screening CV kamu. Terkecuali ada template dengan layout dan elemen yang pas, biasanya desain jenis ini cocok dipadukan dengan banyak warna.

Tips Membuat CV

Setelah tahu cara memilih template CV yang tepat, sekarang kamu akan memberikan beberapa tips untuk membuat CV. Di antaranya seperti berikut:

  • Perhatikan beberapa konten yang penting dalam CV seperti Identitas diri, Pendidikan serta jurusan dan nilai, pengalaman kerja, lalu informasi lain tentang diri kamu.
  • Jika mempunyai pengalaman kerja, cantumkan dengan detail informasinya.
  • Mencantumkan kontak pribadi agar bisa dihubungi oleh HRD.
  • Menunjukkan kemampuan dalam berbahasa asing yang kamu bisa seperti Inggris, Mandarin, Jepang atau lainnya.
  • Tambahkan juga informasi sosial media yang kamu punya.
  • Tambahkan softskill yang kamu miliki saat ini.
  • Kalau melamar kerja dengan melalui orang referensi boleh mencantumkan nomor kontak referensinya. Tapi hal semacam ini biasanya harus ada izin dulu.

Template CV Microsoft Word, PSD, CDR

Secara garis besar, template CV sering dibuat dengan format Microsoft Word, .PSD atau berbasis vektor seperti .ESP.

Nah di sini kami sediakan semuanya, jadi kamu tinggal download beberapa template yang menarik. Kemudian modifikasi informasi dan desain template sesuai keinginan. Kalau begitu langsung saja, ini dia template CV Microsoft Word, PSD dan CDR:

1. Template Minimalist With Photo Space

Pertama ada template minimalis dengan ruang foto. Sesuai dengan namanya, template ini sangat cocok untuk kamu yang ingin membuat CV sederhana tapi terlihat cantik dari perpaduan warnanya.Selain perpaduan warna yang pas, di template ini juga disediakan ruang foto. Nah ruang fotonya ini bisa kamu ganti dengan profil kamu.

Download

2. Template Professionals Resume Minimalist

Kemudian ada template minimalis namun terlihat profesional karena tidak banyak elemen di dalamya. Template ini bisa kamu pilih kalau ingin membuat CV yang sederhana dengan foto profil square.

Download

3. Template Simple Resume

Memiliki dasar background berwarna abu-abu, membuat CV ini terlihat elegan. Selain itu, template ini juga dilengkapi beberapa ikon yang membuat CV kamu jadi lebih menarik.

Download

4. Template Creative Resume

Kalau ingin CV yang punya kombinasi warna menarik, kamu bisa pakai template creative resume ini. Selain punya kombinasi warna yang bagus, informasi CV di template ini juga cukup lengkap.

Karena kamu jadi bisa mengisi kontak, deskripsi kepribadian kamu, pendidikan, kemampuan sampai pengalaman kerja.

Download

5. Template Minimalist Black and Grey

Template minimalis black and grey ini lebih dominan dipilih oleh laki-laki. Alasannya karena perpaduan warna pada template ini terlihat gentle.

Tapi kalau kamu perempuan dan menyukai template ini juga tidak masalah. Karena untuk warna masih bisa kamu modifikasi dengan mudah nantinya.

Download

6. Template Creative Tosca Element

Template ini memiliki perpaduan warna yang sangat cantik. Selain itu, banyak elemen-elemen yang membuatnya semakin terlihat menarik.

Informasi yang ada pada template ini juga terbilang sangat lengkap. Mulai dari informasi formal sampai parameter kemampuan disediakan pada template ini.

Download

7. Template Yellow With Black Background

Sekarang versi background hitam yang dipadukan dengan warna kuning. Perpaduan antara warna gelap dan terang membuat CV kamu terlihat elegan.

Selain itu pada bagian foto profil juga dilengkapi square line sehingga membuatnya terlihat artistik.

Download

8. Template Soft Blue Watercolor

Sekilas template ini terlihat sederhana dengan paduan background putih dan elemen soft blue. Tapi yang membuatnya menarik adalah dari elemen watercolor yang ada di bagian sisi atas.

Download

9. Template Minimalist Square Photo

Template ini memiliki layout yang sangat rapi dengan beberapa line hitam di setiap bagian informasi. Selain itu, di template ini juga memiliki elemen shadow square yang pas disisipkan di belakang foto.

Download

10. Template Elegant Black Text

CV sebenarnya tidak wajib untuk melampirkan foto profil, melainkan hanya memerlukan beberapa informasi mengenai diri kamu.

Nah untuk yang ingin pure berisi informasi, template CV ini bisa kamu whist list. Karena selain informasinya lengkap, tata letak-nya juga sangat rapi sehingga membuatnya terlihat profesional.

Download

Cara Membuka Template CV

Nah setelah melihat beberapa template CV di atas, mungkin ada beberapa yang menurut kamu menarik.

Lalu untuk membuka dan memodifikasi template CV yang sudah di download cukup mudah kok. Berikut beberapa cara membuat template CV:

MS Word

Pertama kalau kamu download template CV dengan format file .DOCX, maka bisa dibuka dan modifikasi dengan software MS Word.Cara membuka template CV di MS Word seperti berikut:

  • Pertama, silahkan ekstrak file download template CV.
  • Kemudian klik kanan file template.
  • Pilih menu Open With > klik Microsoft Word.
  • Tunggu beberapa saat sampai template terbuka di lembar kerja Microsoft Word.
  • Kalau sudah, sekarang kamu sudah bisa membukanya dan tinggal dimodifikasi saja sesuai keinginan.
  • Selesai.

Photoshop

Sedangkan kalau kamu download template CV dengan format file .PSD, maka bisa membukanya dengan memakai aplikasi Photoshop. Berikut cara membuka template CV di Photoshop:

  • Silahkan buka aplikasi Photoshop lebih dulu.
  • Kemudian klik menu File > Open.
  • Setelah File Explorer terbuka, kamu bisa cari letak penyimpanan file template CV tersebut.
  • Kalau sudah, kamu klik Open untuk membukanya.
  • Selesai.

Corel Draw

Kemudian untuk format file .EPS, tandanya kamu harus membuka dengan memakai aplikasi vektor. Salah satu aplikasi vektor yang direkomendasikan adalah Corel Draw.

Berikut cara membuka template CV di Corel Draw:

  •     Pertama kamu bisa buka Corel Draw lebih dulu.
  •     Selanjutnya klik menu Open Other.
  •     Kemudian cari file template CV yang sudah kamu download di File Explorer.
  •     Kalau sudah, silahkan di klik dan pilih tombol Open.
  •     Tunggu beberapa saat sampai file template CV terbuka.
  •     Selesai.

Kesimpulan

Adanya template CV tentunya bisa membantu kamu untuk bisa membuat resume yang menarik dengan hanya memodifikasi sedikit tampilan dan informasinya saja. Karena tanpa memakai template, mungkin kita akan kesulitan pada tahap desain dan akan memakan banyak waktu. Kalau kamu punya pertanyaan mengenai template CV, langsung saja tuliskan di kolom komentar.

Posting Komentar untuk "10 Template CV Gratis Beserta Link Downloadnya"