Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi NFC Pada HP dan Kegunaanya

Mengenal Fitur NFC Dalam Hp dan Manfaatnya - Apa itu NFC? dan apa saja manfaat dari NFC ini pada hp?  Pada penjelasan kali  ini kita akan mengenal fitur NFC dalam hp dan berbagai manfaat menggunakannya.


Fitur NFC adalah  sebuah singkatan dari Near-Field Communication. Dimana sebuah perangkat yang berdekatan dengan perangkat lainnya bisa mengadakan transfer data atau informasi digital antar hp dengan cepat. Sistem kerjanya hampir mirip dengan Bluetooth, dimana kamu bisa mengirimkan informasi ketika 2 hp saling berdekatan satu sama lain.

Tidak hanya mengenal fitur NFC, ada berbagai manfaat NFC yang digunakan oleh hp. Apa saja manfaatnya?

Fungsi NFC Untuk Hp

Selain mengenal fitur NFC, kita akan membahas apa saja manfaat dari penggunaan NFC pada Hp. Berikut penjelasannya.

1.  Mengirim Berbagai Format Dokumen

Jika kamu ingin mengirim file pdf, atau buku online, atau word, kamu bisa menggunakan NFC berupa Android Beam. Nanti kamu bisa memilih dokumen yang akan kamu bagikan di perangkat lain, setelah itu membuka menu  pengaturan, pilih bagikan ke Android Beam. 

Setelah kamu berhasil, nanti hanya dengan menekan kirim atau send dan dokumen secara langsung akan dibagikan di perangkat lainnya.

2. Memudahkan Koneksi Wifi

Tempat-tempat yang umum seperti hotel atau perusahaan biasanya menggunakan Wifi portable yang terhubung di seluruh  area. Jika kamu ingin mengakses Wifi tersebut, kamu perlu kata sandi karena tidak semua orang berhak mengaksesnya. Jika tidak ada kata sandi, Wifi akan semakin lemot dan tidak bisa digunakan secara optimal.

Oleh karena itu, NFC ini berlaku untuk mengkoneksikan Wifi agar langsung tersambung ke perangkat milikmu tanpa harus mengisi kata sandi.

3. Memindahkan Data yang Ada di Laptop

Tidak hanya berfungsi antar perangkat hp saja, ternyata NFC juga bisa digunakan untuk memindahkan dokumen berupa gambar, video, atau data penting lainnya dari hp ke laptop yang lebih banyak kapasitas penyimpanannya. 

Kamu bisa dengan langsung memindahkan foto tanpa harus menggunakan kabel penghubung, atau bahkan menggunakan bluetooth hp.

4. Menjalankan Aplikasi di Perangkat Lainnya

Salah satu kelebihan dari NFC pada hp ini adalah kita bisa menjalankan aplikasi di perangkat lainnya tanpa hars memegangnya. Sangat canggih bukan manfaat dari NFC ini.  atau bisa juga kamu ingin mencari aplikasi  yang ada di hp temanmu, hanya menggunakan NFC tanpa aplikasi NFC, kamu bisa menemukan tanpa harus mencari lagi.

5. Membuka Pintu SmartLock

Jika di rumah atau kantor menggunakan pintu berjenis SmartLock, kamu bisa menggunakan NFC untuk membukanya. Jika kamu terlupa untuk membawa kartu untuk membuka pintu ruangan, tidak perlu khawatir lagi karena NFC bisa digunakan di hp milikmu untuk membukanya. 

Sebuah Life Hack yang sangat mengagumkan, karena cara ini belum terpikirkan sebelumnya. Namun, hal ini juga bisa berbahaya karena semua orang yang hpnya memiliki NFC bisa mengakses masuk ke dalam rumahmu tanpa harus menggunakan kartu.

6.  Mengirim Nomor Telepon

Bingung cara untuk mengirim kontak tanpa melalui aplikasi atau social media? Menggunakan NFC adalah salah satu solusinya. Kamu tidak perlu lagi untuk copy paste dari nomor yang dikirim melalui social media, hanya mendekatkan kedua perangkat maka nomor telepon sudah tersedia di hpmu.

Selain mengenal fitur NFC, kamu juga bisa mendapatkan manfaat dari penggunaan NFC tersebut. Jangan lupa untuk menggunakan fitur ini untuk mendapatkan kemudahan tanpa aplikasi.

Posting Komentar untuk "Fungsi NFC Pada HP dan Kegunaanya"