Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Mengatasi Aplikasi Not Responding di HP Android dengan Mudah

Cara Mengatasi Aplikasi Not Responding di HP Android dengan Mudah - Aplikasi sering tidak merespons dan Android menjadi lemot memang menjadi salah satu permasalahan yang kerap kita alami. Bukan tanpa alasan, sebenarnya aplikasi yang tidak bisa dibuka ada penyebabnya. Oleh sebab itu, sebelum atau sesudah mengalami hal ini Anda perlu tahu cara untuk mengatasi aplikasi not responding di HP Android dengan mudah.

Namun, sebelum itu supaya Anda tahu cara yang tepat memperbaikinya langsung ke akar penyebabnya, Anda perlu kenali terlebih dahulu apa penyebabnya. Setelah mengetahui masalah yang terjadi barulah Anda melakukan tindakan pencegahan dan penanganan lebih lanjut supaya aplikasi bisa dibuka dan berjalan seperti biasanya dengan baik.

Beberapa penyebab yang paling sering terjadi dan mengakibatkan aplikasi Android not responding adalah spesifikasi pada HP Smartphone yang kurang memadai untuk membuka dan menjalankan software tersebut. Misalnya, karena aplikasi terlalu berat atau kapasitas RAM Android yang tidak mampu menjalankan aplikasinya. Mungkin aplikasi masih bisa dibuka, namun efeknya membuat kinerjanya melambat atau bahkan bisa menutup sendiri.

Saat mengalaminya kita mungkin bisa merasa kesal bukan? Terlebih lagi kalau kita sangat butuh untuk menjalankan aplikasi tersebut. Jangan khawatir tutorial cara mengatasi aplikasi yang not responding tersebut akan dijelaskan pada informasi berikut ini.

Cara Mengatasi Aplikasi Not Responding di HP Android dengan Mudah

1. Update Aplikasi ke Versi Terbaru

Terkadang aplikasi yang tidak bisa dibuka atau tidak merespons di perangkat kita disebabkan karena kita masih menggunakan versi aplikasi yang lama. Ya, sebagian aplikasi terus memperbaharui aplikasi mereka supaya bisa menghadirkan fasilitas berupa fitur fitur terbaru yang canggih dan sesuai dengan kebutuhan. Untuk bisa menggunakan aplikasi tersebut secara optimal, Anda perlu mengupdatenya terlebih dahulu.

Lantas, bagaimana cara mengetahui apakah kita sudah menggunakan aplikasi ter update atau belum? Jikalau belum, bagaimana cara updatenya? Mudah sekali, Anda bisa mulai dengan pergi ke play Store. Lalu pilih menu titik tiga yang berada di bagian pojok kiri atas.

Selanjutnya klik “Aplikasi & Game saya”. Terakhir, silahkan klik “Perbaharui” di aplikasi yang sebelumnya sering not responding. Namun jika tidak ada tulisan “Update” dan hanya “Buka” itu berarti Anda sudah menggunakan aplikasi versi terbaru.

2. Mengubah ke Aplikasi Versi Lama

Kalau sebelumnya kita membahas cara update aplikasi ke versi terbaru, kali ini adalah cara mengubah penggunaan ke aplikasi versi lama. Mengapa demikian? Cara ini bisa dilakukan jika HP Android kita tidak support atau tidak memadai untuk menjalankan versi aplikasi yang terbaru. Ya, Anda perlu tahu kalau tidak semua pembaharuan itu sifatnya positif.

Namun, sayangnya Android tidak menyediakan untuk melakukan integrasi untuk mengembalikan pembaharuan yang sudah dilakukan. Mungkin kita berpikir untuk hapus aplikasi dan menginstal nya kembali, namun bisa jadi kita mungkin tetap secara otomatis akan langsung menggunakan versi terbaru.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa mendownload nya dari pihak luar. Namun, saat mengunduh aplikasi tersebut dari pihak luar, Anda juga perlu kenali bahaya nya dan pastikan mendapatkan sumber yang aman. Sebab, kita tidak disarankan mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak resmi.

3. Menghapus Chace dan Data dari Aplikasi

Sampah atau Chace dan data aplikasi bisa menumpuk di perangkat jika kita tidak rutin dalam melihat dan membersihkannya. Tahukah Anda setiap hal yang kita lakukan di dalam aplikasi bisa meninggalkan sampah karena Chace sendiri berfungsi untuk menyimpan segala aktivitas yang kita lakukan dari aplikasi.

Untuk menghapus Chace dan data tidak penting dari aplikasi, Anda bisa langsung membuka di bagian pengaturan. Lalu ke bagian “Manajemen Aplikasi”. Setelah itu, cari dan pilih aplikasi yang not responding. Terakhir, Pilih opsi “Hapus Chace atau Data”. Jangan khawatir, cara ini tidak berbahaya dan tidak menghapus semua data Anda.

Meskipun demikian, apabila aplikasi yang bermasalah adalah aplikasi media sosial, Gmail atau sejenisnya, pastikan Anda tahu dan ingat username dan kata sandinya. Supaya kalau akun keluar, Anda bisa tetap masuk dengan mudah.

4. Hapus dan Install Ulang Aplikasi

Cara lainnya untuk mengatasi aplikasi yang not responding adalah dengan cara hapus aplikasi dan menginstal ulang. Penginstalan ulang akan membuat aplikasi tersebut kembali ke pengaturan awal sehingga virus, bug dan lain sebagainya akan dihilangkan. Tutorial cara hapus dan install ulang nya adalah :

  • Buka bagian “Pengaturan” di HP Android
  • Lalu buka di bagian “Manajemen Aplikasi”
  • Klik “Uninstal” pada aplikasi yang sedang bermasalah
  • Jika sudah terhapus, Anda bisa menginstal nya kembali ke play Store, lalu cari aplikasi dan instal kembali.

5. Restart HP Android

Aplikasi yang not responding juga bisa terjadi karena adanya beberapa aplikasi yang terus berjalan dilatar belakang tanpa kita sadari. Hasilnya, smartphone akan menjadi lemot dan tidak merespons. Jadi untuk mengatasi masalah ini, dapat diselesaikan dengan merestart atau mematikan dan menghidupkan kembali smartphone.

6. Menyetel Ulang ke Pengaturan Pabrik

Upaya terakhir untuk mengatasi permasalahan not responding pada suatu aplikasi di HP Android bisa Anda lakukan dengan menyetel ulang Android ke pengaturan pabrik. Dengan kata lain, kita mengembalikan semua pengaturan ke awal saat kita baru pertama beli Android tersebut. Nah, Cara menyetel ulang ke pengaturan pabrik adalah seperti ini :

  • Pertama tama, buka bagian pengaturan di HP Android
  • Lalu pilih opsi “Reset Perangkat”
  • Selanjutnya, Anda bisa pilih reset ke Pengaturan pabrik
  • Terakhir, Anda tinggal menunggu hingga prosesnya selesai.

Menyetel ulang ke pengaturan pabrik bisa menjadi cara yang ampuh untuk mengatasi aplikasi yang not responding, namun Anda perlu ingat juga kalau cara ini akan menghapus semua data kita. Jadi sebelum melakukannya sebaiknya cadangkan semua data yang penting terlebih dahulu supaya tetap aman.

Demikianlah informasi update yang mengulas cara mengatasi aplikasi not responding di HP Android dengan mudah. Tips ini mungkin bisa jadi kita sangat butuhkan. Apalagi kalau aplikasi yang kita gunakan di Android digunakan untuk kebutuhan yang penting seperti tugas sekolah, bisnis, data dan masih banyak lagi.

Jikalau Anda sudah melakukan semua hal diatas, namun belum juga berhasil. Jangan membebani pikiran Anda. Dalam hal ini, mungkin perangkat kita belum mampu menjalankan aplikasi tertentu tersebut. Cobalah gunakan perangkat lain untuk mengakses aplikasi tersebut. semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "6 Cara Mengatasi Aplikasi Not Responding di HP Android dengan Mudah"