8 Langkah Cara Daftar Shopee Food untuk Merchant

Cara Daftar Shopee Food untuk Merchant - Giat melakukan promosi tentu akan memberikan dampak baik bagi bisnis yang Anda jalani. Terutama jika Anda berbisnis di bidang kuliner. Salah satu cara untuk mempromosikannya adalah dengan mendaftarkan bisnis F&B tersebut ke Shopee Food.



Saat ini, Shopee Food adalah salah satu platform pemasaran makanan dan minuman secara online yang sedang naik daun dan menyaingi GoFood & GrabFood. Dan agar pemasaran bisnis F&B Anda semakin meluas, daftarkan pula bisnis Anda tersebut ke platform yang disediakan oleh Shopee ini.

Layanan Shopee Food terbuka lebar bagi para pebisnis kuliner yang ingin menjajakan bisnisnya ke kalangan masyarakat luas. Shopee Food juga akan memudahkan konsumen untuk bisa mendapatkan produk makanan dan minuman dari bisnis Anda dengan cepat.

Untuk mendaftarkan bisnis makanan atau minuman Anda ke Shopee Food tidaklah rumit. Agar mempermudah Anda, simak persyaratan lengkap serta cara daftar Shopee Food untuk merchant berikut ini.

Syarat dan Ketentuan Daftar Shopee Food


Sebelum mendaftar Shopee Food, ada beberapa persyaratan yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Bagi pemilik bisnis individual maupun bisnis yang telah terdaftar secara hukum, di bawah ini persyaratan yang harus Anda penuhi:‍

1. Persyaratan daftar Shopee Food bagi bisnis peorangan/individual

  • Kartu identitas berupa KTP atau KITAS
  • NPWPD
  • SPPKP (Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak)
  • Foto buku tabungan pribadi

2. Persyaratan daftar Shopee Food bagi bisnis yang telah terdaftar di badan hukum

  • Kartu identitas berupa KTP atau KITAS
  • NPWP
  • SIUP atau TDUP
  • TDP atau NB
  • Akta pendirian usaha
  • Surat keterangan domisili
  • Foto buku tabungan aktif

Cara Daftar Shopee Food untuk Merchant F&B

Setelah Anda menyiapkan seluruh persyaratan di atas, maka tahap selanjutnya adalah melakukan pendaftaran pada Shopee Food. Untuk langkah-langkahnya, simak di bawah ini:

1. Isi formulir pendaftaran Shopee Food

Jika sudah mempersiapkan persyaratan yang dibutuhkan, maka berikutnya bisa langsung mengisi formulir pendaftaran Shopee Food yang terdapat di sini. Formulir pendaftaran ini sangat penting sebagai langkah awal untuk menjadi mitra bisnis lewat layanan Shopee Food.

2. Isi alamat email dan nomor ponsel

Setelah Anda masuk ke alamat link pendaftaran Shopee Food, maka lanjutkan dengan mengisi alamat email dan nomor ponsel. Pastikan alamat email dan nomor ponsel tersebut masih aktif atau bisa dihubungi. Lanjutkan dengan klik opsi Berikutnya.

Berikutnya, akan tampil pertanyaan tentang ShopeePay. Apabila Anda sudah terdaftar di ShopeePay, maka bisa klik Ya. Akan tetapi, jika Anda belum terhubung dengan ShopeePay, tinggal klik saja pilihan Tidak. Kemudian, Anda dapat langsung lanjut ke opsi berikutnya.  

3. Isi detail informasi lokasi dan alamat bisnis

Selanjutnya, Anda bisa mulai mengisi detail informasi terkait lokasi maupun alamat bisnis. Isikan dengan isian yang sesuai. Jangan sampai keliru dalam menambahkan informasi lokasi bisnis Anda. Nantinya jika hal ini terjadi hanya akan mempersulit driver.

Bagaimana jika di bagian form ternyata alamat bisnis Anda tidak bisa ditemukan? Jangan cemas dulu. Jika alamat bisnis Anda tidak ada pada form tersebut, maka bisa langsung mengklik bagian Lainnya. Kemudian, ketik saja secara manual sesuai dengan alamat bisnis Anda.

4. Isi informasi pribadi dan jenis bisnis  

Apabila sudah mengisi detail informasi lokasi maupun alamat bisnis, selanjutnya Anda bisa mengisi informasi pribadi serta jenis bisnis. Informasi pribadi tersebut biasanya berupa nama lengkap bisnis kuliner yang dijalani.

Jadi, setelah mengisi nama bisnis maka berikutnya bisa langsung menentukan jenis bisnis apa yang dilakoni. Apakah merupakan bisnis perseorangan atau memiliki badan usaha. Perlu diketahui bahwa pada pengisian tersebut Anda harus benar-benar teliti.

5. Isi bagian kategori bisnis

Langkah berikutnya untuk daftar Shopee Food adalah mengisi kategori bisnis. Setelah selesai mengisi informasi pribadi serta jenis bisnis, maka bisa langsung mengisi bagian kategori bisnis. Silahkan isi kategori bisnis Anda dengan benar.

Jika ada, isikan daftar outlet yang dimiliki. Diharapkan mengisi seluruh outlet yang dimiliki. Misal, lebih dari dua maka isikan saja semuanya dan seterusnya. Akan tetapi, jika hanya memiliki satu outlet maka tinggal pilih saja satu outlet.

6. Isi bentuk bisnis

Selanjutnya, Anda bisa langsung mengisi bentuk bisnis. Pilih bentuk bisnis yang sesuai dengan bisnis tersebut. Apakah bisnis Anda merupakan bisnis restoran atau katering makanan perumahan. Selain pilihan tersebut juga ada pilihan lain.

Jika bukan merupakan bisnis restoran atau katering, bisa saja bisnis tersebut merupakan skala mikro atau pedagang kaki lima. Pastikan pilihan Anda benar-benar sudah tepat dan mampu mewakili usaha dengan sebaik-baiknya.

7. Unggah foto outlet

Sudah melengkapi formulir isian? Jika benar, maka lanjutkan dengan mengunggah foto outlet. Langkah ini sangat penting dicermati dan harus benar-benar dilakukan. Unggah foto bisnis Anda pada tampak depan dan dapur bagian produksi kuliner.

Khususnya bagian unggah foto dapur produksi, hal ini berlaku jika bentuk bisnis yang Anda pilih adalah katering maupun bisnis yang mempunyai badan hukum. Hati-hati dalam mengunggah foto. Jangan sampai ukurannya terlewat kecil, ya.

8. Lakukan konfirmasi pendaftaran

Jika tahapan unggah foto outlet selesai dilakukan, maka bisa langsung lanjut ke bagian konfirmasi pendaftaran. Nantinya Shopee akan menanyakan darimana Anda memperoleh informasi Shopee Food. Untuk mengakhiri sesi konfirmasi pendaftaran, Anda bisa klik Ya dan lanjutkan dengan opsi Kirim.

Itulah penjelasan lengkap seputar cara daftar Shopee Food untuk merchant yang perlu Anda ketahui. Kembangkan bisnis kuliner Anda sekarang dengan Shopee Food!

Baca juga: 5 Cara Top Up Dana Terlengkap

Itulah langkah-langkah dan cara daftar ShopeeFood untuk food merchant yang ingin memperluas penjualan produknya. Daftarkan bisnis Anda dan dapatkan untung lebih melalui platform delivery online yang satu ini.

Posting Komentar