Cara Meningkatkan Produksi ASI

CaraKomplit.com – Bayi memerlukan asupan susu yang cukup agar mampu tumbuh besar. Namun di tengah keinginan besar para ibu untuk memberikan ASI ekslusif kepada bayi mereka, beberapa ibu tidak memiliki suplai susu yang cukup. Masalah seperti ini cukup umum di kalangan ibu yang baru melahirkan. Ada beberapa cara meningkatkan produksi ASI, yang pertama adalah dengan mengkonsumsi makanan yang memang berkhasiat untuk memperbanyak produksi ASI. Lalu makanan apa saja yang baik untuk meningkatkan produksi ASI? Berikut adalah beberapa diantaranya:

Makanan untuk memperbanyak ASI

  1. Biji adas: Penelitian telah dilakukan terkait manfaat biji adas terhadap produksi ASI. Dari sini ditemukan fakta bahwa biji adas memang memiliki manfaat meningkatkan produksi ASI. Kandungan vitamin C di dalamnya tinggi, sehingga tidak hanya baik untuk ibu hamil, namun juga baik untuk bayi di dalam kandungan.
  2. Biji Fenugreek: Serangkaian penelitian telah dilakukan untuk mengetahui khasiat dari tanaman ini. Penelitian menunjukkan bahwa biji Fenugreek memang berkhasiat untuk meningkatkan produksi ASI. Anda bisa memasukkan biji ini ke dalam asupan makanan harian anda. Ada berbagai kandungan bermanfaat di dalam tanaman herbal ini, antara lain kalsium, zat besi, vitamin, dan mineral. Seperti obat lainnya, tanaman ini juga bisa menyebabkan efek samping jika dikonsumsi berlebihan. Salah satunya adalah anda akan menjadi lebih sering buang air kecil sehingga bisa memicu dehidrasi.
  3. Biji jinten: Jinten sering dipakai sebagai bumbu dapur. Biji jinten memang mampu meningkatkan rasa masakan, namun sebenarnya fungsinya jauh lebih besar dari itu. Jika dikonsumsi oleh ibu hamil, biji jinten bisa meningkatkan produksi ASI. Biji jinten juga mampu menyehatkan pencernaan dan meredakan konstipasi. Kandungan zat besi di dalamnya baik untuk menjaga pertumbuhan bayi di dalam kandungan. Ini juga mampu menguatkan ibu yang ingin melahirkan secara normal. Silakan konsumsi jinten secara rutin selama menjalani masa kehamilan.
  4. Daun kemangi: Citarasa kemangi sangat khas dan bisa membuat makanan lebih lezat. Selain itu daun kemangi juga wangi dan mampu meningkatkan citarasa masakan. Di balik khasiatnya yang luar biasa sebagai bumbu dapur, ternyata daun kemangi juga berkhasiat untuk meningkatkan produksi ASI. Ada banyak kandungan bermanfaat di dalam kemangi, salah satunya adalah vitamin K. Daun kemangi memiliki efek menenangkan, anda bisa menghirupnya jika merasa mual.

Selain makanan di atas, ada beberapa makanan yang bisa anda konsumsi untuk meningkatkan produksi susu, diantaranya adalah kacang koro, bayam, buncis, buah bit, wortel, kentang, kacang almond, bawang putih, oat, gandum, dan masih banyak lagi yang lainnya

tips lain meningkatkan produksi ASI

Selain beberapa tips di atas, masih ada beberapa cara lain untuk meningkatkan produksi ASI, diantaranya adalah:

  1. Minum banyak air setiap hari. Takaran paling ideal untuk ibu hamil adalah 8-12 gelas air putih setiap hari. Jika anda tidak meminum cukup air, suplai susu tidak akan meningkat walaupun anda mengkonsumsi makanan terbaik untuk merangsang air susu. Jika anda tidak suka minum air, berkorbanlah sedikit untuk bayi anda.
  2. Anda juga perlu menyusui secara teratur karena dengan cara ini, tubuh anda akan beradaptasi untuk memproduksi lebih banyak susu. Oleh sebab itu jika anda berhenti menyusui dan menggantinya dengan susu formula, produksi susu akan menurun dengan sendirinya. Silakan luangkan waktu yang cukup setiap hari untuk menyusui bayi anda. Ini juga penting untuk memperkuat ikatan bathin antara ibu dan anak.
  3. Istirahatlah yang cukup. Tubuh yang kelelahan membuat anda kesulitan untuk memproduksi ASI. Tidurlah semaksimal mungkin saat ada waktu luang. Selain itu hindari stress karena ini juga bisa mempengaruhi suplai ASI.



Advertisement

Comment

Your email will not be displayed.