Cara Mengurangi Rasa Sakit saat Haid

CaraKomplit.com – Rasa sakit umum dirasakan oleh wanita saat periode datang bulan. Rasa sakit ini muncul karena terjadinya kontraksi di dalam uterus untuk mempersiapkan kehamilan. Rasa sakit yang muncul pada setiap individu berbeda, mulai dari ringan hingga parah. Rasa sakit akan terasa pada bagian perut, di area dekat uterus. Namun pada beberapa wanita, rasa sakit juga menjalar hingga ke punggung dan kaki. Beberapa obat-obatan seperti ibuprofen dan acetaminophen sering dipakai untuk meredakan rasa sakit saat haid. Jika ingin solusi yang lebih aman, obat herbal juga membantu. Untuk mengurangi rasa sakit saat haid, anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini:

  1. Konsumsi makanan sehat. Perbanyak makan buah dan sayur, dan jangan lupa minum banyak air. Serat sangat diperlukan untuk membersihkan tubuh dari kelebihan estrogen yang meningkatkan rasa sakit saat haid.
  2. Beberapa suplemen terutama yang mengandung vitamin E, tiamin, dan omega-3 juga bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit saat haid. Anda juga bisa mengkonsumsi suplemen atau makanan yang kaya akan zat besi dan kalsium. Konsumsi suplemen ini seminggu sebelum siklus bulanan datang.
  3. Jika anda merasa haid tidak berjalan lancar atau timbul masalah lain yang sangat mengganggu, segera konsultasikan dengan dokter. Keluarnya banyak darah saat haid mungkin akan menyebabkan anemia sehingga merasakan gejala seperti pening dan lemas. Penting untuk diketahui bahwa rasa sakit saat haid juga bisa dipengaruhi oleh kondisi medis tertentu, seperti endometriosis atau fibroid. Pada beberapa kasus, operasi perlu dilakukan untuk mengangkat jaringan sehingga gejala-gejala yang muncul akan berkurang.
  4. Konsumsi obat pembunuh rasa sakit juga efektif untuk mengurangi rasa sakit saat haid. Obat dari golongan NSAID, seperti ibuprofen dan naproxen bisa mengurangi keluarnya darah selain menekan rasa sakit. Asetaminofen juga bisa dikonsumsi, namun tidak seefektif NSAID. Jika tubuh anda tidak bisa mentoleransi obat-obatan ini, anda bisa menggantiknya dengan aspirin. Jika rasa sakit yang dirasakan terlalu parah sehingga pembunuh rasa sakit tidak cukup efektif, silakan konsumsi ibuprofein setiap 6 jam sekali sehari sebelum datang bulan tiba. Sebaiknya jangan membeli obat sembarangan. Konsultasikan dulu dengan dokter karena mereka tahu pengobatan terbaik untuk rasa sakit yang anda rasakan.
  5. Pil KB mengandung hormon yang bisa mencegah proses ovulasi dan mengurangi rasa sakit saat haid hingga level tertentu. Inilah mengapa dokter sering menyarankan kita untuk mengkonsumsi pil KB untuk menekan rasa sakit. Selain dari pil KB, hormon ini juga bisa didapatkan melalui injeksi dari luar.
  6. Berbaring dalam posisi yang berubah-ubah. Saat merasakan sakit yang sangat parah, tidak ada hal yang bisa anda lakukan selain berbaring dan beristirahat. Cobalah berbaring dalam posisi menyamping dengan lutut ditempelkan ke dada karena ini cukup membantu mengurangi rasa sakit. Berikutnya anda bisa tidur telungkup dengan wajah menempel di kasur. Tarik pantat anda ke atas, anda akan merasa lebih baik setelah melakukan hal ini. Lanjutkan dengan tidur telentang dengan kedua kaki diangkat dan disandarkan pada sebuah bantal.
  7. Untuk mengatasi rasa sakit saat haid, anda juga bisa meletakkan kompres hangat di atas perut. Ini perlu dilakukan agar otot perut anda menjadi rileks. Banyak wanita mengalami penurunan rasa sakit yang signifikan setelah melakukan hal ini.
  8. Jika anda tidak ingin hanya berbaring di kasur, anda bisa melakukan olahraga kecil. Berlari di atas treadmill atau bersepeda bisa memperlancar peredaran darah sehingga rasa sakit bisa lebih cepat menghilang.
  9. Alihkan perhatian anda pada hal lain. Otak kita memiliki cara kerja yang unik. Di saat kita mampu mengalihkan fokus pikiran pada hal lain, rasa sakit akan menghilang dengan sendirinya. Ilmu untuk mengalihkan perhatian termasuk dalam hipnosis  dan teknik ini sudah dikenal sejak lama. Ada istilah hypnobirth dimana ibu hamil dibantu melahirkan hanya dengan sugesti. Selain itu teknik ini juga sering dipakai sebagai anestesi alami, dimana pikiran pasien dialihkan pada hal-hal yang menyenangkan sehingga melupakan rasa sakit yang dirasakan. Mengalihkan perhatian tidak bisa dilakukan hanya sekali 2 kali praktek. Anda harus berlatih secara teratur karena pikiran sangat sulit ditaklukkan. Namun sekali anda menguasai kemampuan ini, melewati rasa sakit saat haid akan jauh lebih mudah.



Advertisement


Comment

Your email will not be displayed.