Cara Menjadi Pintar

CaraKomplit.com – Setiap orang ingin menjadi pintar dan sukses. Namun menjadi pintar tidak bisa didapatkan begitu saja. Di samping faktor bakat, anda perlu mengasah sendiri kemampuan tersebut. Semua orang berpeluang menjadi pintar jika mau berusaha. Nah, berikut adalah beberapa tips untuk menjadi orang pintar.

  1. Rahasia pintar yang pertama adalah makanan yang sehat. Ikan sangat baik untuk kesehatan otak karena mengandung asam lemak. Kandungan omega 3 pada ikan juga bisa anda dapatkan dari sumber lain seperti biji labu, minyak walnut, kacng hijau, dll. Tidak hanya baik untuk kesehatan otak, namun juga baik untuk hati, persendian, dan organ tubuh lainnya. Rutinlah mengkonsumsi ikan, seperti salmon, herring, sarden, dll. Blueberry adalah makanan lain yang dipercaya mampu meningkatkan daya ingat dan mengurangi resiko pikun. Makanan lain yang bisa anda coba adalah tomat. Mengapa tomat? Tomat mengandung likopen, salah satu antioksida yang bisa menangkal radikan bebas sehingga bisa mencegah munculnya Alzheimer. Masih ada banyak makanan lain yang penting untuk perkembangan otak. Intinya adalah konsumsi makanan bernutrisi karena bisa membuat otak anda lebih sehat dan bekerja dengan lebih baik.
  2. Cara lain untuk menjadi pintar adalah atur jadwal secara teratur. Banyak dari kita yang tidak pernah membuat agenda kegiatan sehari-hari. Apakah anda lupa jadwal bimbingan dengan dosen? ketemu dengan pacar? atau yang lainnya? Ada beberapa orang yang tidak menerima informasi yang terlalu banyak sekaligus. Saat ada informasi baru masuk, maka informasi lama dilupakan begitu saja. Oleh sebab itu, anda harus membuat agenda kegiatan sendiri. Catat semua hal tentang kegiatan anda sehari-hari. Ini juga sekaligus untuk melatih otak dalam menghafal kegiatan harian. Kunci dari menjadi pintar adalah sering mengasah otak, dan ini adalah salah satu caranya.
  3. Jalani pendidikan yang tinggi. Mengenyam bangku sekolah sangatlah penting. Bisa dibilang tahapan ini harus anda lewati jika ingin membuka wawasan lebih luas. Memang tidak semua orang pintar menyelesaikan pendidikan mereka. Namun berbagai ilmu dasar yang kita perlukan sehari-hari diajarkan di bangku sekolah, seperti membaca, berhitung, bahasa inggris, komputer, dll. Pendidikan minimal 9 tahun sebaiknya anda ikuti. Akan lebih bagus jika anda melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi seperti S1, S2, dst.
  4. Membaca adalah jendela ilmu. Orang yang tidak tahu banyak hal bukan karena mereka bodoh, namun karena mereka malas membaca. Jadikan membaca sebagai ajang mencari hiburan agar anda tidak cepat merasa bosan. Setiap siswa memiliki metode belajar sendiri agar mampu menyerap pelajaran secara maksimal. Anda juga perlu membuat metode belajar sendiri. Banyak siswa yang enggan belajar karena merasa sulit mencerna materi, seperti matematika, bahasa inggris, dll. Ini memang menjadi momok bagi banyak siswa. Kembali lagi ke poin kedua, anda harus membuat jadwal anda sendiri. Jika anda ingin belajar dari pukul 8 sampai 10 malam, biasakan untuk belajar pada jam tersebut. Jika anda menemukan banyak kesulitan, silakan tanyakan pada guru, kawan, atau mengikuti kursus.
  5. Untuk menjadi pintar, anda perlu memperluas pertemanan. Lho, mengapa? Sadarkah anda bergaul dengan orang pandai membuat anda menjadi lebih pandai. Kenyataannya kita sering mendapatkan ilmu berharga dari teman. Pelajaran yang semula terasa sulit, namun setelah diterangkan dengan cara yang menyenangkan oleh teman akan terasa lebih mudah. Setiap orang memiliki informasi yang berbeda di dalam pikirannya. Jika seorang siswa tahu informas A, belum tentu siswa lain tahu informasi tersebut. Dengan mendapatkan banyak informasi dari teman-teman, secara tida langsung anda menjadi lebih berwawasan.

Sekian tips menjadi pintar. Semoga bermanfaat untuk anda.




Advertisement


Comment

Your email will not be displayed.