Cara Mengusir dan Menghindari Gigitan Nyamuk

CaraKomplit.com – Nyamuk masih sering menjadi masalah walaupun sanitasi lingkungan saat ini sudah semakin baik. Gigitan nyamuk tidak hanya mengganggu karena menimbulkan rasa gatal, namun juga nyamuk bisa membuat kita sakit demam berdarah atau cikungunya. Bahkan tak jarang ada orang yang mengalami reaksi alergi setelah digigit oleh nyamuk. Kali ini kami akan memberitahu anda cara mengusir dan menghindari gigitan nyamuk.

Cara menghindari gigitan nyamuk

  1. Untuk menghindari gigitan nyamuk, anda bisa menepuk nyamuk yang anda temui. Mungkin ini sedikit melelahkan, namun ini adalah metode tradisional yang telah dipergunakan selama berabad-abad. Latih kedua tangan anda untuk menepuk nyamuk. Nyamuk memang lincah, namun jika tangan anda berayun dengan cepat, maka nyamuk tidak akan bisa lolos dari cengkeraman anda.
  2. Sekarang ada cara yang lebih mudah untuk membunuh nyamuk, yaitu dengan raket nyamuk. Pertama kali memakai raket nyamuk akan terasa seperti menghidupkan petasan. Iya, nyamuk yang terperangkan di dalam raket akan menimbulkan suara yang keras. Raket nyamuk memiliki bentuk seperti raket biasa, hanya saja tidak memakai senar, melainkan kawat yang dialiri listrik. Memakai raket ini tidak perlu mengeluarkan tenaga ekstra seperti bermain badminton. Cukup tekan tombol power dan ayunkan ke kiri dan ke kanan secara perlahan, nyamuk yang terjebak akan segera mati dan hangus.
  3. Cara lain untuk mengusir nyamuk adalah dengan menghidupkan obat nyamuk. Dulu, saat obat nyamuk baru beredar di pasaran, bentuknya seperti lingkaran dan cara pakainya adalah dengan membakarnya. Jenis obat nyamuk ini masih cukup populer hingga sekarang, namun berbagai variasi baru muncul di pasaran. Misalnya obat nyamuk semprot. Dengan sekali semprot, semua nyamuk di sudut ruangan akan mati. Ada pula obat nyamuk efektrik. Kelebihan obat nyamuk ini akan tidak mengeluarkan asap yang bisa menyesakkan.
  4. Ada pula lotion pengusir nyamuk yang bisa anda oleskan ke atas kulit. Cara kerja lotion anti nyamuk sama dengan obat nyamuk yaitu memakai zat-zat yang tidak disukai nyamuk. Namun bedanya adalah lotion anti nyamuk terbuat dari bahan yang relatif aman bagi tubuh. Tidak perlu memakai lotion dan obat nyamuk sekaligus. Untuk pemakaian di rumah, obat nyamuk  sudah cukup. Sementara lotion anti nyamuk lebih sesuai bagi anda  yang ingin bepergian ke luar rumah, misalnya untuk camping, trekking ke dalam hutan, dll.
  5. Minyak citronela dan minyak kayu manis juga terbukti efektif untuk mengusir nyamuk. Anda juga bisa mencoba minyak kayu putih, lavender, dll. Selain itu anda bisa meletakkan tumbuhan tertentu yang dibenci oleh nyamuk, sepert lavender dan citronela.
  6. Kami juga menyarankan anda untuk menambahkan tirai transparan di sekeliling tempat tidur, ini adalah cara termudah untuk mengusir nyamuk. Tirai ini berfungsi sebagai penyekat kasur dengan luar ruangan. Nyamuk tidak akan bisa masuk menembus jaring tersebut. Pilihlah tirai yang terbuat dari bahan tembus pandang supaya sirkulasi udara di dalam tempat tidur tetap berjalan dan anda tidak merasa sesak.
  7. Hindari memakai pakaian yang bisa meningkatkan suhu tubuh. Nyamuk sangat mudah tertarik dengan suhu yang panas. Oleh sebab itu, pakailah pakaian yang tipis dan membuat anda nyaman. Atur juga supaya suhu ruangan selalu sejuk sehingga tubuh tidak menjadi panas dan berkeringat.
  8. Yang terpeting adalah periksa kondisi di sekitar lingkungan rumah anda. Mungkin ada genangan air yang menjadi tempat berkembang biar nyamuk. Menjaga sanitasi merupakan bagian terpenting dalam mengusir nyamuk. Jika di sekitar rumah masih ada banyak sarang nyamuk, maka percuma saja anda melakukan semua hal di atas.



Advertisement


Comment

Your email will not be displayed.