Cara Mengatasi Pemanasan Global

CaraKomplit.com – Pemanasan global atau global warming harus mendapatkan perhatian yang lebih serius saat ini karena bumi sudah semakin panas, sangat berbeda dengan bumi beberapa dekade lalu. Anda mungkin sudah tahu apa penyebab global warming. Pengrusakan hutan, produksi bahan bakar fosil yang tidak sehat (menghasilkan emisi karbon dioksida), asap kendaraan, pemakaian pupuk kimia yang berlebihan, itu semua berkontribusi terhadap pemanasan global. Kita harus segera turun tangan untuk membantu mengatasi pemanasan global agar efeknya semakin parah dalam beberapa dekade mendatang. Apa saja yang bisa kita lakukan untuk mengatasi global warming? Berikut ini adalah beberapa diantaranya:

Ajak orang lain untuk bekerja sama

Kita tidak bisa mengurangi dampak pemanasan global sendirian, perlu kerjasama antar setiap manusia di permukaan bumi. Untuk meyakinkan orang-orang, anda harus menjelaskan secara gamblang apa dampak pemanasan global yang telah kita rasakan saat ini dan apa dampaknya jika hal ini terus dibiarkan. Ajak mereka untuk berkontribusi melakukan hal-hal kecil, misalnya mencari energi alternatif. Melakukan kampanye anti pemanasan global harus dilakukan secara terus-menerus, jangan hanya semangat di awal saja. Ingat, bumi kita sudah semakin panas, jadi kampanye yang berkelanjutan sangat diperlukan.

Pilih makanan vegetarian

Hewan ternak berkontribusi terhadap pemanasan global karena mereka menghasilkan gas rumah kaca. Bukan hewan yang menghasilkan gas tersebut, melainkan proses pemeliharannya. Hewan memerlukan tumbuhan untuk hidup, dan tumbuhan disuburkan dengan pupuk. Produksi pupuk memerlukan banyak bensin, belum lagi transportasi yang diperlukan untuk distribusi  hewan ternak tersebut. Memilih tumbuhan untuk konsumsi sehari-hari akan mengurangi pemakaian lahan dan lebih baik untuk lingkungan. Saat ini kita bisa dengan mudah bisa menemukan makanan yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan, jadi tidak susah untuk melakukan hal ini.

Pilih lampu hemat energi

Saat ini beberapa perusahaan sudah memproduksi lampu hemat energi yang lebih ramah lingkungan. Ini adalah salah satu gebrakan terbaru untuk mengurangi global warming. Lampu seperti ini tahan 2 hingga 3 kali lebih lama daripada lampu pada umumnya sehingga kita bisa merasakan dampak nyata saat memiliki lampu ini di rumah. Anda juga bisa memilih lampu LED karena produk ini juga hemat energi.

Pakai produk yang bisa didaur ulang

Beberapa produk bisa menjadi limbah bagi lingkungan karena tidak bisa terurai. Dalam rangka mengatasi global warming, anda sebaiknya memakai produk yang memang bisa didaur ulang agar tidak menjadi sampah lingkungan.

Hitung karbon yang anda pergunakan

Saat ini teknologi semakin canggih, kita menjadi lebih mudah untuk mengetahui berapa jumlah karbon yang kita keluarkan untuk semua barang yang kita miliki di rumah. Ada yang namanya carbon kalkulator, alat ini berfungsi untuk mengetahui seberapa besar emisi karbon yang anda hasilkan. Semakin besar nilainya tentu semakin buruk. Kalkulator ini dibuat oleh World Resources Institute.

Pakai energi alternatif

Semakin banyak perusahaan beralih ke sumber energi alternatif, dan ini sangat efektif untuk mengatasi pemanasan global. Energi matahari misalnya, energi ini sangat ramah lingkungan karena tidak menghasilkan emisi karbon dioksida. Anda cukup membeli panel surya sekali dan bisa menikmati listrik dalam waktu yang sangat lama, setidaknya hingga panel surya tersebut rusak. Harga panel surya memang relatif mahal, namun jika ini untuk lingkungan, sebaiknya kita jangan terlalu mempermasalahkan soal harga. Dan lagi, anda hanya perlu membayar di depan. Setelah itu tidak ada angsuran lagi, jadi pada akhirnya anda tetap akan berhemat. Energi angin juga semakin banyak dimanfaatkan saat ini karena selain melimpah, juga efektif untuk mengatasi pemanasan global. Seperti energi surya, anda hanya perlu membeli kincir anda untuk memanfaatkan energi ini.

Nah, itu tadi pembahasan kita tentang cara mengatasi global warming. Semoga bermanfaat untuk anda.




Advertisement


Comment

Your email will not be displayed.