Cara Membuat Stempel

CaraKomplit.com – Stempel adalah benda yang sangat penting dalam kehidupan kita, terutama berkaitan dengan keperluan bisnis dan kantoran. Kali ini kami akan mengajari anda cara membuat stempel. Sebenarnya kalau mau mudah tinggal pesan saja. Namun poin terpenting dari membuat stempel sendiri adalah belajarnya. Setelah anda menguasai cara membuat stempel, anda mungkin tidak perlu memakai jasa orang lain untuk membuatnya.

Ada berbagai material yang bisa dipakai untuk membuat stempel, mulai dari papan busa, kayu, karet, sampai kentang pun juga bisa. Setiap bahan memiliki kelebihannya masing-masing, dan semuanya berbeda dalam hal kerumitan pembentukannya. Jika anda ingin stempel yang tahan lama, tentu saja bahan yang lembek seperti kentang harus dihindari. Namun jika hanya untuk sekedar pembelajaran, anda bisa mengganti-ganti bahan untuk mengetahui bagaimana kualitas stempel memakai bahan yang berbeda.

Cara membuat stempel

Ada beberapa bahan yang perlu anda persiapkan untuk membuat stempel, yaitu karet (Anda bisa membeli karet yang teksturnya seperti penghapus), alat ukir, pensil, kertas, dan pulpen. Sebelum mulai membuat stempel, ada beberapa hal yang perlu anda ingat. Yang pertama adalah pastikan alat ukir sudah tajam. Mengukir karet dengan alat yang tumpul akan terasa sangat sulit. Kemudian jika anda melakukan ini bersama anak anda, siapkan papan yang bisa dicuci. Yang juga tidak kalah penting adalah anda harus sadar bahwa bentuk stempel akan berbeda (berkebalikan) dengan yang nampak pada kertas. Misalnya anda ingin membuat stempel dengan bentuk bebek, anda tidak bisa mengukir bebek seperti anda melihatnya dari depan, melainkan dari belakang. Oleh sebab itu cara termudah adalah membuat sebuah pola pada kertas, baru nanti anda membuat stempel berdasarkan pola tersebut. Hal lain yang perlu anda ketahui adalah membentuk karet keras jauh lebih mudah daripada membentuk karet yang lembut. Oleh sebab itu, anda bisa belajar dengan karet yang keras terlebih dahulu.

  1. Untuk membuat stempel, yang pertama harus anda lakukan adalah menggambar objek yang diinginkan pada sebuah kertas. Jika anda sudah mempersiapkan konsep sebelumnya, silakan langsung gambar objek tersebut. Namun jika anda tidak mempersiapkan objek, silakan duduk sejenak sambil menemukan inspirasi. Setelah menentukan sebuah objek, silakan langsung gambar pada kertas.
  2. Setelah objek berhasil dibuat, tempelkan karet yang telah anda persiapkan di atas gambar. Agar hasilnya lebih jelas, anda sebaiknya memakai karet yang memiliki warna cerah. Proses ini hampir sama seperti menempelkan stiker pada sebuah objek. Tekan kertas dengan kuat ke atas karet sehingga objek terlihat di permukaan karet. Disini peran pulpen sangat vital. Pilihlah pulpen yang tidak cepat mengering atau cari alternatif lainnya. Pada akhirnya anda akan melihat sebuah objek di permukaan karet tersebut.
  3. Tahap berikutnya untuk membuat stempel adalah mengukir karet. Sebelumnya anda sudah mempersiapkan alat ukir. Sekarang tugas anda adalah untuk mengukir permukaan karet tersebut. Tonjolkan garis-garis utama pada objek tersebut. Misalnya anda memilih objek sebuah burung, maka anda harus menonjolkan garis-garis utama mulai dari sayap, kepala, ekor, sementara bagian lainnya silakan dikikis saja.
  4. Nah ini adalah tahap akhir membuat stempel. Berikutnya tugas anda adalah mengetes apakah stempel tersebut sudah bekerja dengan baik. Coba celupkan stempel ke dalam tinta kemudian tempelkan ke sebuah kertas. Jika anda melihat objek sudah sesuai dengan keinginan anda, maka itu berarti anda melakukannya dengan baik. Sedangkan jika anda melihat ada bagian stempel yang terlihat kurang rata atau tidak pas, anda bisa mengukir ulang bagian-bagian tersebut.

Nah, itu tadi cara membuat stempel. Semoga bermanfaat untuk anda.




Advertisement


Comment

Your email will not be displayed.