Cara Membuat Sepatu

CaraKomplit.com – Sepatu adalah bagian hidup kita. Ke kantor, ke sekolah, ke mall, kemanapun kita pergi sering memakai sepatu. Saat ingin memakai sepatu, kita hanya perlu datang ke toko dan memilih model yang diinginkan. Namun tentu saja proses pembuatannya tidak sesimpel itu. Ada berbagai tahapan yang harus dilewati untuk membuat sepatu.

  1. Untuk membuat sepatu, beberapa bahan perlu dipersiapkan. Bahan pertama yang perlu anda persiapkan adalah ballet. Satu pasang sepatu memerlukan satu pasang ballet. Ukuran bisa nanti disesuaikan untuk sepatu yang telah jadi. Jangan lupa untuk menyiapkan pensil, gunanya adalah untuk menandai agar kita lebih mudah memotong dan membentuk sepatu. Pastikan anda memakai pensil, bukan pulpen atau alat tulis lain yang tidak bisa dihapus. Berbagai peralatan untuk memotong juga harus dipersiapkan, seperti gunting, obeng, alat pengikis, dsb. Memakai peralatan yang tajam sangat penting agar anda lebih mudah memotong sehingga tidak terjadi kerusakan pada sepatu. Bahan lain yang perlu dipersiapkan adalah kotak P3K. Alat ini bukan langsung dipakai untuk membuat sepatu, namun sebagai langkah antisipasi jika tangan anda terluka oleh gunting atau peralatan lainnya. Untuk membuat tangan anda lebih aman saat membuat sepatu, alangkah baiknya anda memakai sarung tangan. Jangan lupa untuk memakai kacamata pelindung karena pecahan bahan bisa saja mengenai wajah anda.
  2. Untuk membuat sepatu, anda bisa mencari model sebagai contoh. Sepatu ini nantinya akan anda bongkar untuk melihat bagaimana semua bahan digabungkan menjadi sepatu yang utuh. Mengapa anda harus melakukan hal ini? Untuk pemula, tahapan ini sangat membantu. Setelah anda mengetahui bagaimana sepatu dibuat, ke depannya anda bisa langsung membuat sepatu tanpa mencontoh model. Tidak perlu membeli sepatu baru sebagai contoh, anda bisa memakai yang bekas. Foto sepatu tersebut dari berbagai  arah kemudian cetak pada sebuah kertas. Ini nantinya akan cukup membantu anda dalam menyelesaikan sepatu.
  3. Berikutnya tandai sepatu tersebut. Berikan tanda di bagian sol sepatu dan keluarkan semua bantalan yang terdapat di dalamnya. Tarik garis di dalam heel menuju sol sepatu. Berikutnya gambar garis dari bagian dalam sepatu di bagian pinggir  mengelilingi sepatu. Ini untuk mengetahui lekukan sepatu tersebut. Gambar ini nantinya akan dipakai sebagai contoh untuk membuat sepatu anda sendiri. Berikutnya anda harus menggambar garis pada bagian dimana sol bertemu dengan bagian atas sepatu. Anda bisa berkreasi dengan garis sesuai dengan keinginan. Manfaat utama dari menggambar garis adalah untuk menyesuikan ukuran sepatu. Jika anda ingin membuat sepatu yang ukurannya lebih besar, anda bisa memperbesar skala.
  4. Tahap berikutnya dalam membuat sepatu adalah melepaskan semua bagian sepatu model. Dengan begini anda bisa tahu bagaimana semua komponen disambungkan. Ini juga akan memudahkan anda membuat sepatu tanpa harus mengira-ngira terlebih dahulu. Bongkar sepatu secara perlahan. Sambungan sepatu bemacam-macam, ada yang memakai lem, ada pula yang memakai jaritan. Jangan asal tarik saja karena ini justru bisa merusak sepatu. Pakai semua peralatan yang sudah dipersiapkan sebelumnya untuk membongkar sepatu.
  5. Setelah semua bagian sepatu terpisah, anda bisa mulai membuat sepatu anda sendiri. Silakan mulai dari bagian yang pokok terlebih dahulu. Anda bisa memilih berbagai macam bahan untuk membuat bagian atas sepatu. Anda bisa memakai kain seperti pada sepatu contoh atau memilih bahan yang sama sekali berbeda. Setelah semua bagian dibuat dengan hati-hati, anda bisa menyambungnya dengan meniru bagaimana anda melepas sepatu contoh. Bagian yang paling terakhir dilepas harus menjadi yang paling dulu dipasang pada sepatu baru. Pada akhirnya anda akan mendapatkan sebuah sepatu yang utuh.

Sekian cara membuat sepatu. Semoga bermanfaat untuk anda.




Advertisement


Comment

Your email will not be displayed.