Cara Belajar Berenang

CaraKomplit.com – Berenang adalah kegiatan yang menyenangkan. Kita bisa melakukannya di rumah, di wahana bermain, di sungai, pantai, dan dimana saja. Ada banyak manfaat berenang, diantaranya adalah untuk membakar kalori, menjaga kesehatan, dan melatih paru-paru. Jika anda ingin belajar berenang, silakan ikuti beberapa tips berikut ini:

  1. Yang pertama adalah hilangkan rasa takut anda terhadap air. Banyak orang yang tidak bisa berenang karena mereka fobia berada di dalam air. Jika kondisinya seperti ini, akan sangat sulit bagi anda untuk belajar berenang. Ada berbagai alasan yang melatarbelakangi hal ini, misalnya saja takut tenggelam. Namun ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mencegah hal ini terjadi. Pertama, jangan pernah berenang sendiri. Ini wajib hukumnya bagi anda yang belum bisa berenang. Kemudian hindari berenang pada air yang mengalir. Sungai dan pantai bisa berbahaya bagi perenang pemula karena aliran air bisa menenggelamkan siapa saja yang tidak bisa berenang melawan arus. Tips penting ketiga dalam berlatih renang adalah mulai dari kolam dangkal kemudian semakin dalam secara bertahap. Selain itu, hindari berenang pada air dingin karena ini akan membuat tubuh anda kaku. Dan yang terakhir, jangan lupa melakukan pemanasan sebelum berenang. Jika anda melakukannya tanpa pemanasan, kaki bisa keram di tengah-tengah latihan.
  2. Untuk belajar berenang, silakan berlatih untuk terapung. Lakukan ini di sisi kolam renang. Letakkan tangan di pinggir kolam renang, kemudian luruskan kedua kaki ke belakangan. Lakukan hal ini secara terus-menerus hingga anda bisa terapung tanpa berpegangan tangan. Latih nafas anda karena paru-paru yang berisi udara akan membantu anda terapung.
  3. Tips penting berikutnya adalah jangan panik pada kondisi yang mendesak sekalipun. Jika anda merasa akan tenggelam, jangan panik dan menepuk-nepuk air dan mencoba bernafas. Anda bisa tidak sadarkan diri jika paru-paru kemasukan air. Tubuh akan terapung jika paru-paru terisi udara. Jika anda mulai tenggelam, segera ayunkan tangan dan kaku ke permukaan air kemudian tarik nafas sedalam-dalamnya dan biarkan tubuh terapung kembali.
  4. Pengaturan nafas sangat penting dalam berlatih renang karena dari ini menentukan kekuatan anda bertahan di dalam air. Mulai dengan menghirup nafas pendek lalu benamkan wajah di dalam air. Lakukan latihan ini berulang-ulang dan perpanjang tarikan nafas secara perlahan. Jika anda sudah mampu menahan nafas cukup lama, tambah kedalaman. Menahan nafas di dekat permukaan air tidak sama dengan di kedalaman air. Saat anda berenang di tempat yang dalam, udara akan memaksa untuk keluar dari dalam tubuh sehingga anda harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk menahannya.
  5. Kaki juga perlu dilatih saat belajar berenang. Bagian ini harus kuat karena ini adalah tumpuan anda saat berada di dalam air. Melatih kaki juga bermanfaat untuk mengurangi resiko kram. Anda bisa melatih kekuatan kaki dengan memegangi sisi kolam, kemudian kibaskan kedua kaki anda. Latihan bisa dilakukan dalam posisi menengadah atau telungkup.
  6. Ada beberapa teknik untuk mengibaskan kaki. Yang pertama adalah teknik flutter. Luruskan kedua kaki anda, telapak kaki jinjit seperti balerina saat berdiri. Dengan posisi seperti ini, gerakkan kedua kaki secara bergantian dari atas ke bawah untuk memberikan gaya dorong pada tubuh. Teknik lainnya adalah whip, gerakannya mirip seperti katak. Pada gerakan ini, anda berada dalam posisi telungkup, dengan kedua kaki dilipat ke atas membentuk sudut 90 derajat. Selanjutnya gerakkan kedua kaki keluar, memutar seperti baling-baling kemudian di akhir kaki anda harus lurus. Lakukan hal ini secara berulang-ulang untuk memberikan gaya dorong pada tubuh. Yang terakhir adalah teknik eggbeater, ini untuk menjaga anda terapung dalam posisi vertikal. Gerakannya seperti ini, pertama kedua kaki dalam posisi ditekuk sekitar 90 derajat. Kemudin kaki atas (paha hingga ke lutut) dikibaskan ke bagian bawah air, dibarengi dengan tulang betis bergerak memutar untuk memberikan gaya dorong ke atas. Gerakan kaki harus dilakukan secara bergantian seperti saat anda sedang berjalan. Ini juga untuk menjaga keseimbangan.

Nah, itu adalah sedikit informasi untuk belajar berenang. Semoga bermanfaat untuk anda.




Advertisement


Comment

Your email will not be displayed.