Cara Merawat Laptop agar AwetCaraKomplit.com – Merawat laptop adalah hal yang sangat penting, terutama agar pemakaiannya bisa lebih awet. Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk merawat laptop agar selalu dalam kondisi baik. Silakan anda cermati tips berikut ini:

  1. Jauhkan laptop anda dari berbaga macam cairan. Anda mungkin suka meletakkan minuman anda seperti teh, kopi, atau soft drink di dekat laptop. Kebiasaan ini sebaiknya anda hentikan karena percikan air sedikit saja bisa merusak komponen di dalam laptop atau menyebabkan korslet. Korslet pada laptop bisa membuat data-data yang tersimpan di dalamnya menjadi corrupt atau bahkan rusak sama sekali. Anda sebaiknya melakukan tips ini walaupun anda termasuk orang yang telaten. Bisa saja orang lain yang menyenggol minuman sehingga jatuh pada bodi laptop anda.
  2. Jangan makan di depan laptop. Memakan makanan terutama yang krispi sering menimbulkan remah-remah. Jika anda memakan makanan seperti ini di dalam laptop, maka remahan tersebut bisa masuk di sela-sela keyboard sehingga menjadi kotor
  3. Biasakan menginstal antivirus. Keberadaan antivirus pada sebuah laptop sangat penting terutama jika anda sering bertukar data atau menggunakan internet. Tanpa pelindung seperti ini, laptop anda akan rentan terkena virus atau malware lainnya sehingga mudah rusak. Daripada anda harus sering memperbaiki laptop karena virusan, lebih baik anda membeli antivirusnya langsung. Jika anda tidak ingin mengeluarkan uang untuk antivirus premium, ada banyak antivirus gratis yang bisa anda coba.
  4. Cuci tangan anda setiap kali selesai memakai laptop. Ini juga tips merawat laptop yang cukup penting. Tangan yang bersih akan memudahkan anda untuk mengoperasikan touch pad dan mengurangi resiko laptop tersebut menjadi kotor. Ini juga untuk mencegah agar tas laptop tidak menjadi kotor terutama bagi anda yang suka memasukkan dan mengeluarkan laptop dari tas.
  5. Berikan perlindungan pada layar monitor. Setiap kali memainkan laptop, anda sebaiknya menutup layar monitor. Ini semata-mata untuk meningkatkan perlindungan. Mungkin saja putra-putri anda sedang berada di dalam ruangan dan tertarik melihat laptop dalam kondisi terbuka, kemudian memencet-mencet layarnya. Hal seperti ini sebaiknya anda hindari jika anda ingin laptop tersebut awet.
  6. Cara merawat laptop yang juga penting adalah memindahkan laptop dengan memengang dasarnya (bagian keyboard). Jangan pernah memindahkan laptop dengan memegang layarnya karena ini bisa merusak bagian engselnya. Biasakan memegang bagian keyboard atau keseluruhan bagian (dalam kondisi tertutu).
  7. Cabut charger laptop dengan memegang kepalanya. Jangan pernah mencabut charger laptop dari power socket pada bagian kabelnya. Ini bisa saja memutus rangkaian kabel yang terdapat di dalamnya sehingga charger tersebut tidak lagi bisa dipergunakan. Selain itu jangan meletakkan kabel di tempat yang rawan seperti ujung kaki karena bisa saja anda tidak sengaja menarik kabel tersebut hingga rusak.
  8. Biasakan melihat colokan yang pas sebelum memasukkan perangkat tertentu. Sebelum memasukkan perangkat, ada baiknya jika anda meliha terlebih dahulu simbol yang tertera. Kesalakan dalam memasukkan perangkat, misalnya line telepon anda masukkan ke colokan ethernet bisa merusak soket nya, sehingga tidak akan bisa dipakai kembali.
  9. Pelan-pelan dalam memasukkan atau mengeluarkan perangkat. Ini juga tips merawat laptop yang cukup penting karena beberapa peralatan cukup rapuh, seperti misalnya CD, atau floppy disk. Jangan lupa untuk meletakkan perangkat-perangkat ini pada tempat yang aman jika anda tidak sedang memakainya.
  10. Jangan pergunakan laptop pada tempat yang suhunya naik turun tidak stabil. Tips ini sangat penting terutama bagi anda yang tinggal di Negara yang mengalami musim dingin. Saat musim dingin datang, anda sebaiknya tidak buru-buru menghidupkan laptop. Sebaiknya sesuaikan suhu ruangan dulu agar tidak terlalu dingin. Ini untuk mencegah terjadinya pengembunan di dalam mesin laptop. Selain itu jauhkan laptop anda dari paparan sinar matahari.
  11. Bersihkan bagian dalam laptop secara rutin. Laptop sangat rawan terkena debul. Bagian yang terdapat di dalamnya sebaiknya secara rutin dibersihkan. Tidak harus setiap minggu atau setiap bulan, anda bisa melakukannya 1 tahun sekali. Jika tidak bisa melakukannya sendiri, anda bisa membawanya ke ahli reparasi komputer.
  12. Jangan meletakkan benda berat di atas laptop. Ini adalah cara merawat laptop yang juga sebaiknya anda lakukan. Misalnya anda tidak sengaja menaruh tumpukan buku atau CD di atas laptop. Jika anda sering melakukan hal ini, komponen interna terutama layar LCD bisa saja rusak.
  13. Pakai cooling pad. Laptop yang berumur cukup tua akan berangsur-angsur kehilangan kemampuannya untuk mendinginkan diri. Dalam kondisi seperti ini, cooling pad sangat membantu. Benda ini tidak mahal, dengan harga 20 ribu rupiah anda sudah bisa mendapatkannya.
  14. Hindari memakai laptop di atas tempat tidur. Debu adalah salah satu masalah paling utama dari laptop, dan tempat tidur sering menjadi tempat debu menempel. Debu tersebut bisa masuk ke dalam kipas sehingga mengganggu kinerjanya. Jika anda ingin memakainya di atas tempat tidur, anda sebaknya memakai alas seperti buku atau semacamnya. Intinya hindari bagian bawah laptop langsung menyentuh permukaan kasur.



Advertisement