Cara Mengambil Foto Pantai yang Keren

CaraKomplit.com – Apakah anda sering berlibur ke pantai dan ketagihan untuk memotret pemandangan pantai yang spektakuler? Pantai memang merupakan salah satu objek foto yang sangat menarik. Semak perdu, pohon kelapa, pasir putih, pasir hitam, sunrise, sunset, ada banyak hal menarik yang bisa kita foto di pantai. Kali ini kami akan memberikan beberapa tips untuk mengambil foto pantai yang keren.

  1. Yang pertama adalah perhatikan di sekeliling pantai untuk melihat apa saja pemandangan menarik yang bisa diambil. Garis pantai memang menarik untuk difoto, namun ini sangat biasa dan mungkin anda sudah sering memotretnya. Untuk mengambil foto pantai yang keren, anda sebaiknya menentukan titik focal. Maksudnya adalah anda harus mencari titik fokus pada pantai tersebut. Setiap pantai memiliki  keunikannya tersendiri yang menarik untuk diabadikan ke dalam foto. Ada banyak titik focal yang bisa dipergunakan, seperti gambar di atas pasir (anda bisa menggambar di atas pasir), ikan-ikan, anak-anak bermain bola, dll. Pokoknya cari bagian yang spesifik pada pantai tersebut sehingga foto yang anda dapatkan benar-benar spesial. Titik focal yang menarik adalah titik focal yang memiliki warna kuat. Jika anda ingin menekankan siluet sunset, maka berikan penekanan pada bagian tersebut, begitu pula dengan yang lainnya. Ada banyak sekali titik fokal, Anda bisa mencarinya di sekitar pantai. Apapun gambar yang ingin diambil, pastikan maknanya jelas.
  2. Jangan meletakkan horizon di tengah-tengah, ini juga merupakan salah satu tips untuk mengambil foto pantai yang keren. Jika anda sangat suka memotret landscape, hindari meletakkan horizon di bagian tengah. Mengapa? Karena ini bisa menimbulkan kesan bahwa foto tersebut hasil cropping atau bagian dari foto yang seutuhnya. Selain itu, posisi seperti ini juga membuat foto agak kurang “menggigit”. Untuk menciptakan hasil foto yang lebih menarik, kami sarankan agar anda mencoba aturan 1:3. Ambil foto sekitar sepertiga dari kiri ata sepertiga dari kanan, jadi tidak pas di tengah-tengahnya. hal ini juga bisa anda terapkan untuk garis vertikal, dimana objek yang letakkan tidak tepat di tengah akan membuat foto terlihat lebih menarik.
  3. Tips lain untuk mengambil foto pantai yang keren adalah berikan bingkai untuk mempermanis hasil foto. Bingkai yang dimaksud bukan bingkai yang anda dapatkan pada program foto editor, melainkan bingkai alami yang terdapat di pantai. Anda mungkin pernah melihat gugusan batu besar di sekitar pantai, nah ini bisa menjadi bingkai bagian bawah. Atau mungkin anda melihat pohon kelapa atau pohon lain berdiri di pesisir pantai, ini bisa anda jadikan bingkai bagian samping. Anda tidak harus mengisi semua sisi bingkai, satu saja sudah cukup untuk menambahkan kesan estetis pada foto yang anda ambil.
  4. Memfoto dari angle yang berbeda juga efektif untuk mendapatkan foto pantai yang keren. Terkadang sebuah objek bisa benar-benar terlihat berbeda saat kita mengambilnya dari angle yang berbeda. Misalnya objek yang ingin anda ambil adalah sebuah batu besar, hasilnya tentu akan berbeda jika anda memfoto dengan latar pantai atau melawan sunset. Tingkat pencahayaan juga sangat menentukan hasil yang ingin dicapai. Misalnya cahaya yang minim dan bewarna jingga identik dengan romantise. Sedangkan cuaca yang cerah dengan gradasi warna yang kaya mencerminkan kehangatan musim panas.
  5. Pilih pengaturan  warna pada kamera. Dalam hal warna, pantai mungkin bukan merupakan objek yang paling colorful. Namun warna biru yang sudah menjadi ciri khas pantai bisa dibuat lebih menarik dengan pengaturan di dalam kamera. Misalnya untuk kamera DSLR, anda bisa memakai pengaturan UV filter untuk mengurangi efek kabut yang disebabkan oleh birunya laut. Anda juga bisa menggunakan fitur polarisasi untuk meningatkan kontras.

Sekian informasi cara mengambil foto pantai yang keren kali ini. Semoga bermanfaat untuk anda.




Advertisement

Comment

Your email will not be displayed.