Cara Membeli Kamera Digital Terbaik

CaraKomplit.com – Kali ini kami akan berbagi informasi tentang cara membeli kamera digital. Kamera adalah bagian tak terpisahkan dari hidup kita. Bahkan saat kita telah memiliki ponsel kamera, tetap saja ada yang kurang jika belum membawa kamera digital saat bepergian kemana-mana. Berikut ini adalah beberapa pertimbangan untuk membeli kamera digital:

  1. Anda mungkin bisa mendapatkan kamera berkualitas hanya dengan mengandalkan merk produknya saja, namun ada banyak kamera digital yang belum punya nama memiliki kualitas yang sama dengan harga lebih rendah. Jika prioritas anda adalah hasil gambar, maka merk bisa anda kesampingkan dulu. Silakan cari tahu merk kamera digital apa saja yang berkualitas baik namun harganya tidak menguras kantong.
  2. Tentukan apakah anda ingin kamera digital yang mudah dipergunakan atau kamera DLSR? Beberapa kamera memudahkan anda untuk mengambil gambar tanpa harus melakukan pengaturan yang rumit. Sedangkan untuk DSLR, kita tahu bahwa kamera ini menghasilkan gambar yang luar biasa serta pengaturan yang lengkap.
  3. Tips penting lain dalam membeli kamera digital adalah cari yang pegangannya nyaman. Kamera yang baik mudah digenggam bahkan dengan satu tangan saja karena bagian “grip” nya memungkinkan anda melakukan ini. Beberapa kamera berukuran kecil tidak dilengkapi dengan grip sehingga anda akan kesulitan untuk mengambil foto dengan satu tangan.
  4. Yang perlu anda tahu bahwa megapixel tidak menentukan kualitas sebuah kamera. Bisa saja kamera dengan resolusi 5 megapixel bekerja lebih baik daripada kamera digital beresolusi 10 megapixel. Faktor yang menentukan kualitas kamera adalah tingkat sensitivitas kamera dan kualitas lensanya. Kamera 5 atau 6 megapiksel sudah sangat baik untuk menghasilkan foto berkualitas asalkan lensanya berkualitas. Ada baiknya anda melihat dulu hasil foto dari kamera yang ingin anda pergunakan, karena kita tidak bisa mengetahui kualitas gambar yang dihasilkan hanya dengan mengetahui resolusinya saja.
  5. Hal lain yang perlu anda pertimbangkan dalam membeli kamera digital adalah kecepatannya. Harga murah memang menarik, namun jika sering lag, apakah anda tetap mau membelinya? Kamera yang responsif sangat diperlukan terutama jika anda tidak ingin melewatkan momen-momen berharga bersama teman dan keluarga. Anda juga perlu mempertimbangkan frame rate-nya. Untuk merekam dalam kecepatan tinggi, paling tidak frame rate-nya adalah 5 frame per detik. Jika di bawah ini, anda mungkin akan tidak puas dengan hasil yang didapatkan.
  6. Jika anda sering bepergian dengan kamera, maka daya tahan baterai harus dipertimbangkan. Banyak model kamera digital yang memakai baterai buatan sendiri, bukannya baterai standar AA. Yang menjadi masalah bukan hanya daya tahannya saja, namun bagaimana jika suatu saat nanti baterai tersebut hilang, anda akan kesulitan untuk mencari penggantinya. Belum lagi anda harus membawa charger kemana-mana untuk persiapan agar baterai tidak habis.
  7. Berat biasanya berbanding lurus dengan kualitas. Anda mungkin tidak sadar bahwa beberapa kamera yang memiliki kontrol yang luas dan hasil gambar luar biasa cukup berat untuk dibawa. Contohnya adalah kamera digital SLR, kamera ini mampu memberikan hasil yang baik namun biasanya lebih berat dan lebih mahal. Jika anda memang menomorsatukan kualitas, sepertinya tidak masalah jika harus membawa kamera yang agak berat kemana-mana.
  8. Dalam membeli kamera digital, format memory card juga perlu menjadi bahan pertimbangan. SD adalah salah satu tipe memori terpopuler untuk kamera digital, dan kapasitasnya pun bisa mencarai 32 GB. Kamera terbaru umumnya mampu mendukung memori hingga kapasitas terbesar, sementara kamera yang lebih lawas hanya sampai beberapa GB saja.
  9. Lihat aksesoris tambahan yang diperlukan. Banyak kamera tidak dilengkapi dengan memori card atau card reader dalam paket pembelian. Anda mungkin harus mengeluarkan uang yang cukup banyak untuk semua aksesoris tambahan ini. Pastikan memori yang anda pergunakan mampu menampung banyak gambar terutama dengan resolusi terbesar dari kamera tersebut.
  10. Zoom juga merupakan salah satu fitur terpenting dari sebuah kamera digital. Yang perlu anda ketahui adalah ada 2 macam zoom, yaitu zoom digital dan zoom optik. Zoom optik memakai lensa dari kamera untuk memotret objek dalam jarak jauh maupun dekat. Ini berarti dengan zoom optik anda tetap bisa mendapatkan hasil gambar jernih dan tajam sekalipun memotret dari jarak jauh. Berbeda dengan zoom digital yang kualitas gambarnya semakin menurun saat anda ingin mengambil gambar dalam jarak jauh

Nah, itu tadi beberapa tips membeli kamera digital terbaik. Semoga bermanfaat untuk anda.




Advertisement


  • Carolyn says:
    Your comments will appear after approval.

    If you find it a bit maddening to follow the daily fluctuations of the scale even though you are eating properly,
    pick three days of the week on which you will always weigh yourself (for example, Monday, Wednesday, and Friday).
    Authorities inside the area will need to have an intensive
    understanding of laboratory and labeling techniques,
    infection security precautions, appropriate blood attract
    approaches to the elderly and for infants and even more. That way,
    the actual process will end up being much less frustrating
    and, for the majority of people, enjoyable.

  • Your comments will appear after approval.

    Improving our carbon footprints should be done in every aspect of our lives
    including our children’s birthday parties. Let it cool down for about 30 minutes before taking it out of the pan or adding frosting. This way, a slice can be removed from the freezer, defrosted, and eaten whenever the urge for birthday cake hits.

Comment

Your email will not be displayed.