Cara Belajar Menyetir Mobil

CaraKomplit.com – Sebelum belajar menyetir mobil, anda harus terlebih dahulu memiliki SIM. Tips terpenting saat belajar menyetir adalah fokus mengikuti latihan dan sabar. Anda bisa belajar menyetir mobil dari siapa saja yang sudah ahli, tidak harus mengikuti kursus di tempat-tempat tertentu. Berikut ini adalah beberapa tahapan dalam belajar menyetir mobil:

Tahap pertama

Anda harus belajar di tempat yang luas dan datar, bisa di lapangan atau tempat latihan resmi. Jangan dulu ke jalan raya atau ke tempat yang ramai karena bisa berbahaya. Belajar di tempat yang ramai bisa meningkatkan ketegangan sehingga bisa mengganggu konsentrasi anda.

Tahap kedua

Duduklah dalam posisi yang nyaman atau sesuai dengan instruksi dari pelatih anda. Jangan membawa orang lain untuk latihan, cukup anda dan pelatih yang berada di dalam mobil. Kehadiran orang lain bisa mengganggu konsentrasi anda.

Tahap ketiga

Sekarang kita mulai latihan yang sebenarnya. Periksa rem dan kopling apa semuanya sudah bekerja dengan baik. Sebelum memulai, sebaiknya periksa dulu apakah tongkat prosneling sudah berada dalam posisi netral atau nol. Untuk mengecek, anda bisa menekan kopling saat menekan tombol starter untuk menghidupkan mesin. Dengan rem masih anda injak, selanjutnya lepaskan kopling. Jika gigi sedang tidak netral, kendaraan akan melompat secara tiba-tiba.

Letakkan kaki kanan anda di atas pedal rem dan lepaskan secara perlahan. Kemudian tekan lagi kopling dan dilanjutkan dengan menggerakkan tongkat prosnelling ke posisi gigi 1. Hal tersulit saat baru belajar menyetir mobil adalah mengetahui seberapa cepat dan seberapa banyak akselerasi yang diperlukan saat kita melepas kopling. Kedua kaki harus dipergunakan secara bersamaan. Cobalah melepaskan kopling dengan kaki kiri sembari mengangkat kaki kanan anda dari atas rem. Titik friksi setiap kendaraan berbeda-beda, jadi anda harus berlatih lebih sering.

Tahap keempat

Cobalah untuk mengulangi tahap ketiga namun dengan gigi yang berlawanan. Kebanyakan mobil hanya memiliki satu kecepatan balik, oleh sebab itu anda harus belajar cara menemukan titik friksi mobil tersebut. Jika tahap ketiga dan keempat sudah dikuasai, anda bisa melanjutkan ke gigi yang lebih tinggi.

Tahap kelima

Ulangi tahap ketiga, lalu secara perlahan injak cukup gas ke monitor RPM. Biasanya mobil bisa berjalan dengan 2000 hingga 3000 RPM pada gigi ini. Jika di bawah atau di atas itu, maka anda perlu mengganti gigi. Caranya adalah dengan melepaskan kopling sembari melepaskan kaki kanan menuju akselerator dan tekan secara perlahan untuk menggerakkan mobil. Silakan lanjutkan menekan hingga 3000 RPM, lalu secara perlahan tekan kopling dan pindahkan prosneling dari gigi satu ke gigi dua. Setelah memindahkan prosneling, lepaskan kembali kompling. Lanjutkan kendarai mobil hingga tachometer menunjukkan angka 3000 RO lalu tekan kopling dan anda bisa menghentikan mobil secara perlahan. Anda harus mempelajari latihan ini hingga pemindahan gigi bisa anda lakukan dengan mulus.

Tahap keenam

Lakukan langkah-langkah di atas untuk mencoba gigi yang lebih tinggi. Jika anda sudah menguasai ini semua, anda bisa mencoba mengendarai mobil di tempat terbuka. Namun anda tetap harus menghindari keramaian sebelum anda benar-benar fasih mengendarai mobil.




Advertisement

  • yullia says:
    Your comments will appear after approval.

    Saya baru 2 hari bljr mbl tp sdh dibw kejln aya oleh intruktur tmpt sya kursus stir mbl..pdhal mobil ditmpt sy kursus tdk ada eam atau kopling ganda..apalah cara tsbt bs membuat saya nantinya pandai bw mbl sendiri selepas dr kursus

  • marwat hasan says:

    Masa mau belajar harus punya SIM dulu. Kan bikin SIM harus di test nyetir dulu, kalo belum bisa mana lulus bikin SIM nya..

    • admin says:

      Iya boleh belajar duluan, tapi banyak yang sudah urus SIM (mungkin lewat belakang yak?) lho sebelum belajar nyetir mobil :)

  • Jessyca says:

    Gimana cara menghindari mobil njundal :D

  • janu says:

    klo misal lg di tanjakan apalgi macet..bolehkah rem tangan tdk lepas alias ttp posisi “on”?? soalnya takut mundur..pas mo jalan
    mklum msh proses belajar..hehe
    thnx…

  • Oh kalo mau belajar di tempat yang luas jngn di bawa ke jalan raya.
    tapi knp ya setiap saya belajar mobil’nya dikit-dikit mati.
    ajarin dong yang udh bisa bwa mobil!

    • admin says:

      Kalau mobilnya dikit-dikit mati itu karena Roni kurang memperhatikan beberapa hal, contohnya:
      1. Mungkin giginya tinggi, padahal kecepatan kamu tidak sesuai dengan gigi tersebut.
      2. Kurang gas! ini yang paling sering kalau mobil mati dalam.

      Semoga bermanfaat :)

  • ardi says:

    aqq pngin bljr mngengendrai mbil gmnh cra yg trbaik .

    • admin says:

      Kamu berada di tempat yang tepat Ardi. Melalui post diatas seharusnya merupakan intro dari teori belajar mobil yang baik. Tapi selebihnya Kamu perlu praktek dan praktek. Intinya adalah praktek, gak bisa dengan hanya membaca teorinya saja. Good luck yah :D

  • muhammad roni says:

    sangat bagus sekali anda mengajari mobil…

    gabung sama saya yahh…

    http://motogp.unsri.ac.id/index.php/posting/362

Comment

Your email will not be displayed.