Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri

CaraKomplit.com – Jika anda memiliki masalah dengan percaya diri, tenang saja, anda bukan satu-satunya orang yang memiliki masalah tersebut. Ada berbagai hal yang melatarbelakangi seseorang kehilangan kemampuan verbalnya dalam berkomunikasi. Seseorang dengan rasa percaya diri rendah seringkali terlihat biasa-biasa saja dalam lingkungan pergaulan. Namun saat dihadapkan dengan situasi tertentu, ia bisa tiba-tiba menjadi gugup dan kehilangan percaya dirinya. Ada pula orang yang memiliki kepercayaan diri terlalu rendah sehingga mengalami masalah tidak hanya kehidupan profesional, namun juga pada kehidupan personal. Kali ini kami akan berbagi sedikit tips tentang cara meningkatkan rasa percaya diri. Semoga bermanfaat untuk anda.

Anda punya bakat, semua orang punya bakat

Jangan bilang anda tidak punya bakat. Percayalah bahwa semua orang dibekali dengan kemampuan sendiri-sendiri sejak lahir. Coba pikirkan kembali kira-kira kemampuan anda dalam bidang apa. Orang bisa menjadi pesimis dan kehilangan percaya diri jika ia merasa tidak memiliki kemampuan apa-apa. Namun satu hal harus anda tahu adalah semua yang manusia harus melalui proses pembelajaran untuk menjadi ahli dalam bidang tertentu. Jika anda ingin meningkatkan rasa percaya diri, ketahui bagian “terbaik” dari diri anda dan asah bagian tersebut hingga anda merasa benar-benar mampu.

Semua orang pernah salah

Pernah merasa grogi saat memimpin presentasi? Hal seperti ini tidak terjadi begitu saja, pasti ada latar belakang yang kuat. Setiap orang berbuat kesalahan, jika tidak bukan manusia namanya. Feedback negatif yang anda terima beberapa tahun ke belakang mungkin membuat anda sampai pada pemikiran “tidak ada orang lain yang¬† bisa disalahkan. Ini murni kesalahan saya”. Sebelum anda bisa tulus memaafkan diri anda atas semua kesalahan yang terjadi di masa lalu, maka akan sangat sulit untuk menumbuhkan rasa percaya diri. Selain memaafkan diri sendiri, maafkan juga orang lain. Emosi negatif yang lama terpendam tanpa disadari telah mengikis rasa percaya diri anda.

Ingat masa lalu yang indah

Setiap orang berkesempatan untuk mengalami hal-hal luar biasa di dalam hidupnya. Ada orang yang memiliki masalah kepercayaan diri sejak kecil, ada pula yang mendapatkannya karena sebuah “peristiwa besar”. Mungkin ada beberapa dari anda yang dulunya termasuk tipikal orang yang cerewet, suka beradu argumen, pokoknya jauh dari kesan tidak PD. Kemudian ada satu peristiwa besar terjadi pada hidup. Sejak saat itu anda mulai kehilangan kemampuan berargumen, merasa diri inferior, dan hal-hal negatif lainnya. Pada titik ini, anda harus menyadari bahwa anda pernah menjadi pribadi yang tegar, sangat percaya diri dan memiliki keyakinan kuat. Pergunakan semua kenangan-kenangan positif sebagai sandaran untuk meningkatkan rasa percaya diri. Lihat ke belakang secara seksama apa saja pencapaian yang telah anda raih. Anda mungkin akan merasa malu setelah mendapati banyak perbedaan antara anda yang dulu dan sekarang. Old or new, itu tetap diri anda. Sama seperti mutiara, entah di lumpur atau di atas kain sutera, kecantikannya tidak akan pernah sirna. Bulatkan tekad anda, latih secara perlahan namun tidak memaksakan, anda pasti bisa meningkatkan rasa percaya diri anda kembali.

Jangan merasa sendiri

Ini yang paling penting dalam usaha mengembalikan rasa percaya diri. Terlalu naif jika anda menganggap bahwa anda adalah satu-satunya orang yang bermasalah dengan percaya diri. Setiap orang pasti memiliki rasa kurang PD di dalam dirinya. Hanya saja intensitasnya berbeda-beda. Selain itu ada orang yang pintar untuk menyembunyikannya, namun ada pula yang tidak. Selalu berpikir bahwa anda bukan satu-satunya orang yang memiliki masalah tersebut. Dan hilangkan perasaan bahwa orang selalu memperhatikan gerak-gerik anda. Terkadang pikiran kita terlalu ruwet hingga menafsirkan hal yang tidak-tidak.

Semoga tips diatas bisa membantu meningkatkan rasa percaya diri dalam diri anda.




Advertisement

Comment

Your email will not be displayed.