Cara Meningkatkan Motivasi Diri

CaraKomplit.com – Apa anda sedang bimbang karena orang-orang di sekitar anda sangat sukses sementara anda sendiri sedang kebingungan dengan hidup anda? Ada banyak orang di dunia ini yang hadir dengan kisah sukses mereka. Dan mereka tentu tidak mendapat hal tersebut dengan ongkang-ongkang kaki saja. Setiap orang sukses butuh perjuangan dan merasakan kegagalan. Jika orang lain bisa, anda pun bisa. Untuk meningkatkan motivasi setelah jatuh itu memang sulit. Untuk meningkatkan motivasi saat sebuah impian terlihat mustahil memang susah. Namun anda harus tetap berusaha mencobanya. Lalu apa yang harus anda lakukan? Silakan ikuti beberapa tips berikut ini.

Tentukan tujuan anda

Menjadi spesifik dalam mengejar tujuan sangat penting. Apa mungkin anda sukses dalam 2 atau 3 bidang karir sekaligus? Mungkin saja, tidak ada yang tidak mungkin. Namun di tengah ketatnya persaingan saat ini, anda harus lebih realistis lagi bahwa mengejar tujuan yang spesifik jauh lebih menjanjikan daripada mencapai tujuan yang terlalu luas. Jika anda sudah mencintai satu bidang dan menguasainya, maka kesempatan yang lebih besar akan datang kepada anda. Menentukan tujuan mungkin tidak mudah, perlu proses yang panjang serta pertimbangan yang matang. Tanyakan kepada diri anda mengapa mengapa anda ingin mengejar tujuan anda dan seberapa besar motivasi anda. Jika semuanya sudah sesuai, anda akan satu tahap lebih dekat dengan tujuan tersebut.

Imajinasikan tujuan tersebut

Ini adalah satu cara meningkatkan motivasi diri yang sangat efektif. Sebelum anda meraihnya, bermimpilah dulu seperti orang-orang besar. Membayangkan diri anda sebagai bos perusahaan dengan banyak karyawan secara tidak langsung menuntun anda untuk membuka jalan tersebut. Bayangkan bagaimana rasanya saat anda berada di posisi tersebut, bagaimana orang-orang di sekitar anda bangga dengan anda. Ini akan meningkatkan motivasi anda berlipat-lipat dari sebelumnya.

Rencanakan tujuan tersebut

Semua hal butuh kerangka perencanaan agar lebih teratur. Silakan anda tentukan akan berada di mana 1 tahun, 2 tahun, atau 3 tahun mendatang. Dengan teratur mengikuti rencana tersebut, anda akan bisa meraihnya dengan lebih cepat dan pasti. Merencanakan tujuan akan membantu anda lebih fokus dalam mengejar tujuan tersebut, terutama jika hal yang ingin anda capai memerlukan waktu yang sangat panjang dan perjuangan yang besar. Buat juga plan B dan plan C. Saat satu agenda dalam rencana tersebut tidak tercapai, anda bisa memakai jalan yang lain untuk meraih mimpi besar anda.

Lakukan semuanya secara sistematis

Misalnya tujuan anda adalah ingin menurunkan berat badan 5 kilogram dalam satu bulan, silakan buat rencana yang sistematis. Ini sangat membantu untuk meningkatkan motivasi anda. Misalnya:

  • Jenis olahraga seperti apa yang akan anda ambil untuk membakar kalori?
  • Berapa uang yang akan anda habiskan untuk program diet, misalnya untuk membeli makanan diet, menjadi member fitness center, dsb.
  • Berapa banyak kalori yang boleh anda asup setiap harinya?
  • ¬†Kapan waktu yang paling telat untuk makan malam?

Untuk mencapai tujuan tertentu, ada banyak hal yang bisa anda masukkan dalam rencana kerja anda. Semakin detail anda merencanakan hal tersebut, semakin bagus pula hasilnya.

Buat suasana yang menyenangkan

Tidak bisa dipungkiri lingkungan yang menyenangkan bisa meningkatkan motivasi seseorang. Misalnya saja karyawan di kantor. Jika mereka menemukan suasana yang monoton setiap hari, perlahan-lahan akan mengikis motivasi mereka. Untuk kembali meningkatkan motivasi karyawan, mungkin perusahaan bisa merubah penataan ruangan kerja, mengecat ulang dinding, menambah aksesoris baru ke dalam ruangan kantor, dsb. Lingkungan yang dinamis akan sangat membantu anda untuk tetap semangat menjalankan tujuan yang telah anda tetapkan. Oleh sebab itu jadilah orang yang dinamis.

Gagallah

Bukan bermaksud untuk membuat anda gagal, namun saat seseorang gagal, saat itulah ia bisa merefleksi diri secara lebih mendalam. Walaupun setiap orang pernah mengalami kegagalan dalam hidupnya, namun intensitasnya berbeda-beda. Semakin besar kegagalan yang dirasakan, seorang yang tangguh biasanya menjadi lebih kebal. Dengan sering merasakan kegagalan, seseorang akan menjadi lebih termotivasi dan bersemangat untuk mengejar tujuannya. Satu pepatah yang harus anda ingat, “Keberhasilan adalah Kegagalan yang tertunda”. Oleh sebab itu jangan pernah takut gagal!

Lakukan dengan seimbang

Jangan hanya fokus mengejar tujuan di dalam hidup anda tanpa pernah memberikan waktu untuk bersantai. Hidup tidak untuk memporsir pekerjaan, hidup tidak harus menyiksa diri, namun hidup adalah untuk mencapai tujuan dan bersenang-senang. Memberikan diri anda sedikit waktu untuk bersantai akan mampu meningkatkan motivasi diri. Misalnya anda memiliki target untuk berada pada posisi “F”, dan anda mulai merangkak dari “A”. Setelah anda berhasil melangkah 1 tahap lebih tinggi pada rencana tersebut, rayakan kemenangan anda. Begitu pula setiap anda berhasil naik satu tingkat lebih tinggi lagi, berikan waktu bagi diri anda untuk bersenang-senang dan bersantai. Sesuai dengan konsep Yin-Yang, hidup yang seimbang selalu lebih baik.

Nah, itu adalah cara untuk meningkatkan motivasi diri. Semoga membantu!




Advertisement

Comment

Your email will not be displayed.