Cara Menikmati Hidup Lebih Baik

CaraKomplit.com – Menikmati hidup lebih kepada mindset. Pada dasarnya kita semua memiliki kesempatan untuk bahagia, tergantung bagaimana kita memandang hidup dan merefleksi diri. Walaupun anda mungkin kekurangan waktu untuk menikmati hidup dan mengerti makna kehidupan, anda bisa mendapatkannya dari cara-cara yang sederhana. Berikut ini adalah beberapa tips sederhana yang bisa anda lakukan untuk menikmati hidup:

  1. Pelihara hewan di rumah. Tak terhitung berapa banyak orang yang meraih kebahagian mereka dari anjing, kucing, burung, dan hewan lainnya. Hewan mencintai kita tanpa pamrih dan tuntutan apa-apa. Jika anda belum pernah memelihara hewan di rumah, coba sekali saja dalam hidup anda pelihara hewan apapun yang anda sukai. Bermain bersama mereka akan menghilangkan rasa penat di pikiran, dan ini juga berdampak baik pada kesehatan. Dari mereka anda juga bisa belajar bagaimana ikatan yang kuat dan hangat bisa terbentuk.
  2. Musik merupakan elemen penting dalam hidup kita dan ini juga merupakan salah satu cara manusia menikmati hidup. Musik adalah bahasa universal yang tidak mengenal ras dan bahasa. Kita bisa tertawa, menangis, tersenyum, dan bersemangat hanya dengan mendengarkan musik. Musik juga dipakai sebagai sarana terapi untuk berbagai masalah psikis, seperti susah tidur dan kurang percaya diri. Setiap orang bereaksi secara subjektif terhadap musik. Maksudnya jika sebuah musik menggambarkan kesenangan, belum tentu semua orang akan merasa gembira saat mendengarkannya. Silakan kumpulkan musik-musik favorit anda dan dengarkan di sela-sela rutinitas anda untuk mengembalikan semangat yang telah terkuras seharian.
  3. Jika anda ingin menikmati hidup lebih baik, tersenyumlah. Senyuman itu bisa mewabah, dalam arti positif. Saat melihat seseorang tersenyum lebar ke arah kita, otak secara tidak langsung akan memerintahkan kita untuk membalas senyuman tersebut. Namun hal ini mungkin tidak berguna bagi anda yang tidak suka membalas senyuman kecuali dari orang-orang yang dikenal. Hilangkan perasaan kaku di dalam diri anda dan tersenyumlah kepada siapapun. Tersenyum memberikan banyak manfaat positif pada fisik dan psikis, jadi lakukanlah kapanpun anda mau.
  4. Jangan terlalu memporsir pekerjaan, ke kantor jam 8, pulang jam 11 malam karena lembur. Mencari banyak uang sah-sah saja untuk dilakukan, apalagi di jaman sekarang dimana tuntutan hidup semakin tinggi. Namun apalah artinya uang banyak jika anda tidak bisa menikmati hidup? Menjadi seorang yang sukses memang butuh kerja keras. Namun imbangi juga dengan kebahagiaan bathiniah. Cara yang termudah misalnya luangkan waktu beristirahat di sela-sela kesibukan anda. Tentu ada jam-jam dimana anda mendapatkan waktu untuk bersantai di kantor setiap hari. Manfaatkanlah waktu ini dengan sebaik-baiknya. Jika memang saatnya libur, silakan libur dan habiskan waktu untuk bersenang-senang. Jangan libur dipakai untuk bekerja juga, kecuali untuk urusan mendesak yang tidak bisa dilewatkan. Banyak orang mencari hiburan dengan wisata ke luar Negeri. Namun ini bukan satu-satunya cara untuk menikmati hidup. Berlibur di dalam kota pun tetap menyenangkan jika anda melewatkannya secara berkualitas.
  5. Habiskan waktu bersama teman-teman yang anda sukai. Coba bayangkan kapan terakhir kali anda bercengkerama dengan orang-orang yang anda sayangi. Orang bilang SMA adalah masa-masa terindah di dalam hidup kita. Kita banyak mendapatkan teman ngobrol dan nongkrong yang menyenangkan saat SMA, dan semuanya berubah saat masing-masing sudah masuk dalam dunia kerja. Lost contact dengan sahabat karib sudah menjadi hal biasa karena kesibukan masing-masing memungkinkan hal tersebut. Untuk menikmati hidup, bernostalgia dengan orang-orang yang kita cintai akan sangat membantu. Coba cari info teman lama anda dan kumpulkan mereka pada sebuah acara gathering. Momen-momen nostalgia akan membawa kebahagiaan tersendiri bagi anda. Bukan hanya dengan teman lama, dengan siapapun anda bisa mendapatkan kebahagiaan. Yang terpenting adalah berkawan dengan orang-orang yang positif dan tidak merusak. Karena kepribadian orang-orang yang berada di sekitar anda sedikit banyak akan mempengaruhi sikap dan perilaku anda.



Advertisement


Comment

Your email will not be displayed.