Cara Mengobati Depresi

Cara Mengobati DepresiCaraKomplit.com – Beban hidup yang terlalu besar membuat seseorang akan selalu berhadapan dengan perasaan tertekan dan stress. Dan jika keadaan ini sudah melewati batas toleransi, maka perasaan stress yang lebih mendalam akan muncul atau disebut dengan depresi. Anda harus tahu bahwa depresi adalah hal yang sangat sering dialami oleh seseorang. Berbagai tekanan hidup mampu membuat seseorang jatuh ke dalam titik terbawah di dalam hidupnya, dan membuat orang tersebut merasa tidak mampu lagi menghadapi keadaan. Depresi bisa terjadi selama beberapa minggu, beberapa bulan, bahkan hingga bertahun-tahun, tergantung dari intensitas depressor dan mentalitas orang tersebut.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara mengobati depresi, anda sebaiknya tahu bagaimana ciri-ciri umum depresi:

  • Tidak mampu beraktivitas secara normal dalam keseharian.
  • Merasa lesu dan letih saat ingin berkegiatan. Aktivitas normal terasa sangat menguras energi.
  • Rasa sedih yang menetap sangat lama, bahkan disertai dengan tangisan.
  • Perasaan cemas dan kekosongan di dalam diri.
  • Merasa tidak berharga lagi.
  • Selalu menyalahkan diri-sendiri atas situasi yang dihadapi atau menyalahkan orang lain.
  • Kehilangan kepercayaan diri.
  • Mengalami peningkatan atau penurunan berat badan yang drastis.
  • Pola makan berubah, bisa meningkat atau menurun.
  • Susah berkonsentrasi, mudah lupa, dan pikiran selalu terasa penuh.
  • Merasa pesimis dan tidak punya harapan.
  • Timbulnya masalah fisik, seperti kram, sakit kepala, pusing, masalah pencernaan, dan masalah lainnya.
  • Mudah tersinggung.
  • Selalu gelisah.
  • Pernah berpikiran untuk bunuh diri atau bahkan sudah pernah mencobanya.

Jika anda merasakan beberapa gejala di atas, mungkin anda memang benar dalam tahap depresi. Silakan baca artikel berikut ini, semoga bisa membantu. (Baca: Cara Bertahan Saat Hidup tidak Berpihak Padamu).

Penyembuhan depresi

Seseorang biasanya sampai pada tahap depresi melalui proses yang sangat panjang. Oleh sebab itu, penyembuhan juga bisa memakan waktu yang sangat lama. Di dalam proses ini anda sebaiknya bersabar dan terus mencoba. Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah datang ke dokter. Jangan merasa anda mampu menghadapi semua masalah sendiri. Depresi juga merupakan salah satu penyakit medis, oleh sebab itu akan lebih baik jika anda menceritakan masalah anda ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Beberapa kasus depresi tidak terjadi karena stressor dari luar, namun karena efek samping dari sebuah pengobatan. Jika hal ini terjadi, anda sebaiknya langsung datang ke dokter untuk mendapatkan penanganan. Beberapa masalah medis yang bisa menyebabkan depresi antara lain kekurangan asupan vitamin dan mineral, ketidakseimbangan hormonal, kecanduan alkohol, masalah genetik, masalah psikis seperti trauma atau fobia, masalah fisik seperti penyakit jantung, HIV / AIDS, diabetes, dll.

Berikut adalah beberapa tahapan yang bisa anda ikuti untuk mengobati depresi:

Kenali perasaan depresi anda

Depresi biasanya menyebabkan seseorang merasa malas untuk beraktivitas dan semuanya terasa sangat berat. Dalam kondisi seperti ini, proses pemulihan sebaiknya dilakukan secara perlahan. Pertama “namai” depresi anda. Ini bukan main-main, menamai depresi akan membuatnya lebih terkontrol. Winston Churchill saja menyebut depresinya dengan “anjing hitam”, anda tidak boleh kalah. Rasakan bahwa depresi tersebut adalah sebuah entitas / sebuah benda berwujud yang mengganggu kehidupan anda setiap hari.

Jangan pernah berpikir anda sendirian di dunia ini. Faktanya ada jutaan orang di luar sana yang mengalami masalah yang sama dengan anda! Carilah informasi tentang orang-orang yang berhasil pulih dari depresinya. Ini sedikit banyak akan membantu anda lebih tegar dalam menghadapi masalah tersebut. Setelah itu sadarilah bahwa hidup ini memang keras. Hidup memang penuh pergulatan dan tantangan, dan jadikan depresi tersebut satu tantangan yang harus anda pecahkan.

Jalani pengobatan

Bagaimanapun juga, pengobatan itu sangat penting. Anda sebaiknya menceritakan semua masalah anda dari A-Z kepada dokter ahli agar ia bisa mengetahui kondisi anda secara detil sehingga bisa memberikan pengobatan yang tepat. Dokter mungkin akan memberikan anda antidepresan atau semacamnya. Pengobatan bukanlah solusi satu-satunya untuk mengobati depresi. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, depresi adalah sebuah proses panjang, jadi jalanilah seperti anda sedang melewati sebuah fase dalam hidup. Saat menjalani pengobatan medis, anda sebaiknya mengikuti semua aturan yang diberikan termasuk dosis obat, batasan makanan, dsb.

Cari banyak informasi tentang depresi

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, merasa diri tidak sendiri sangat penting untuk membuat anda bertahan dalam kondisi seperti ini. Jika depresi bukan masalah umum, tidak mungkin anda bisa menemukan informasinya dengan mudah. Jika depresi hanya anda yang merasakannya, tidak mungkin ada profesi psikiater. Oleh sebab itu, anda harus tahu banyak tentang depresi karena ini sangat membantu dalam proses penyembuhan. Pengobatan tidak hanya bisa dilakukan dari luar, namun juga dari dalam. Pengobatan dari dalam adalah keyakinan dan semangat anda sendiri. Anda bisa mendapatkan informasi seputar depresi dan penangannya melalui berbagai media, seperti buku, literatur, majalah, surat kabar, website online, forum, dll.

Buat Jurnal depresi

Catat semua perubahan yang telah anda alami selama proses pengobatan. Walaupun anda belum merasakan perubahannya, catat saja. Jika anda memerlukan waktu lama untuk menyembuhkan depresi, nanti anda akan sadar betapa tangguhnya anda dalam menjalani hidup. Dengan jurnal ini anda juga bisa berbagi dengan orang lain yang juga pernah kehilangan semangatnya seperti anda. Saling menguatkan antar penderita depresi sangat efektif untuk mempercepat proses penyembuhan dan menghindari berbagai hal-hal negatif. Semua hal menarik tentang cara anda menghadapi masalah ini bisa anda tuangkan ke dalam jurnal. Anda bisa menulis metode terapi apa saja yang sudah anda coba, berapa dokter yang sudah pernah anda datangi, dengan siapa saja anda sudah bertukar pikiran, komunitas apa saja yang sudah anda ikuti, dll.

Nah, itu adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengobati depresi. Jika pun ini adalah perjalanan yang panjang, suatu saat akan berbuah manis untuk diri anda. Dan anda akan menjadi pahlawan yang akan menyelamatkan banyak orang lain yang pernah berada di posisi yang sama dengan anda. Jangan patah semangat dan be positive!!!!




Advertisement


Comment

Your email will not be displayed.