Cara Mengingat Pelajaran dengan Lebih Baik

CaraKomplit.com – Pernah kejadian seperti ini? Semalaman belajar mati-matian, saat tes tiba, langsung nge-blank. Setiap orang memiliki cara unik dalam belajar dan mengingat pelajaran. Namun jika anda melakukannya secara benar, seharusnya lupa-lupa ingat bisa dihindari. Berikut ini kami sampaikan beberapa tips agar anda bisa mengingat pelajaran dengan lebih baik.

Coba mnemonik

Ini adalah cara mengingat pelajaran dengan cara mencari informasi inti kemudian mengurutkan huruf awalnya. Ini bekerja sangat baik terutama untuk materi menghafal. Contoh simpelnya adalah menghafal tentang warna pelangi, kita sering kan mendengar seseorang mengatakan, mejikubiniu bla bla bla…. Dengan membentuk pola tertentu, maka anda akan lebih mudah untuk mengingatnya. Singkat kata, ini adalah cara bagaimana anda menyingkat banyak materi hanya menjadi beberapa kata saja. Dengan kata-kata ini kita bisa mengembangkan materi lebih luas lagi. Contoh lainnya adalah mengurutkan nama planet. Anda bisa mengambil huruf awal dari nama masing-masing planet kemudian menjadikannya satu kata agar lebih mudah dihafalkan. Teknik ini akan sangat memudahkan untuk mengingat pelajaran.

Tekankan kata kunci

Untuk mengingat pelajaran lebih baik, anda harus mencari inti kata dari masing-masing pembahasan. Setiap materi pembahasan tentu memiliki kata inti. Mulailah dengan mengingat kata inti tersebut baru diperluas menjadi materi yang utuh. Belajar secara random, tanpa teknik seperti ini akan sangat mengandalkan kemampuan anda dalam mengingat. Kami menyampaikan cara ini agar anda lebih mudah dalam mengingat materi pelajaran. Jika ke Roma bisa naik pesawat, mengapa harus naik bis? Biasakan belajar dengan mencari kata atau kalimat inti dulu baru dikembangkan menjadi materi yang utuh.

Menulis dan berbicara dalam waktu bersamaan

Percaya atau tidak, ritual ini sangat membantu untuk mengingat pelajaran lebih baik. Sebuah penelitian dilakukan di Harvard University, dan hasilnya sangat mencengangkan. 90 persen responden mampu mengingat lebih baik saat mereka menulis materi pembahasan sambil mengatakannya dengan lantang. Jika anda ingin menghafal sesuatu, jangan hanya memakai metode mind reading. Ucapkan langsung dan tulis dalam secarik kertas untuk mengetahui seberapa kemampuan anda dalam menghafal materi palajaran.

Repetisi itu mutlak

Bisakah anda mengingat satu bab pelajaran hanya dengan membaca satu kali? Bisa jika anda memang sudah mahir dalam menghafal, atau bisa namun hanya inti-intinya saja. Saat kita membaca, pikiran akan mencari apa yang dia sukai. Kecil kemungkinan kita bisa memahami sebuah pembahasan hanya dengan membaca satu kali. Kalaupun bisa, itu hanya inti-intinya saja seperti yang sudah dikatakan sebelumnya. Bagian yang diingat saat membaca sebuah materi menunjukkan bahwa pikiran kita tertarik dengan bagian tersebut. Mulailah belajar dari bagian tersebut untuk menghafal pelajaran secara menyeluruh. Ulang dan ulang semua inti dari materi, kemudian padukan dengan teknik sebelumnya, tulis kembali dalam kertas dan ucapkan secara lantang. Ini akan sangat bermanfaat untuk mengingat materi pelajaran dengan lebih baik.

Urutkan materi secara sistematis

Ini hampir sama dengan metode mnemonik, hanya saja anda lebih bebas untuk mengurutkan berbagai materi yang sedang anda pelajari. Tidak berbeda dari teknik sebelumnya, cari inti-inti di dalam materi tersebut. Setelah itu urutkanlah sesuai dengan apa yang anda inginkan. Bisa membentuk kalimat atau kata. Semakin unik rangkaian kalimat atau kata yang anda buat, semakin mudah anda menghafalkannya.

Nah, itu tadi beberapa tips mengingat pelajaran dengan lebih baik. Dari sini kita bisa mengambil kesimpulan bahwa otak memang memiliki kemampuan yang luar biasa dalam menyimpan informasi. Namun otak memiliki kekurangan dalam memunculkan informasi tersebut kembali ke permukaan. Jadi kita harus mencari cara untuk mencari informasi inti agar lebih mudah mengingatnya secara keseluruhan. Semoga membantu.




Advertisement

Comment

Your email will not be displayed.