Cara Membentuk Kepribadian

CaraKomplit.com – Bagaimanakah kepribadian anda? Kepribadian seringkali bermakna subjektif. Artinya penilaian anda terhadap diri anda sendiri mungkin berbeda dengan orang lain. Namun secara garis besar, ada beberapa jenis kepribadian yang dimiliki oleh semua orang. Membentuk kepribadian tidak bisa dilakukan dengan cepat, semuanya membutuhkan proses. Pengalaman yang anda lewati selama hidup sangat mempengaruhi kepribadian anda saat ini.

Hal pertama yang bisa anda lakukan untuk membentuk kepribadian adalah mengetahui apakah anda tipikal pribadi yang introvert atau ekstrovert. Seseorang yang ekstrovert biasanya memiliki ciri-ciri, memiliki energi tinggi, to the point dan menyampaikan sesuatu, mudah dikendalikan oleh emosi, berbicara terlebih dahulu baru berpikir, banyak bicara, suka berkonfrontasi, kurang sabaran. Nah, kepribadian introvert adalah kebalikan dari semua hal ini.

Memahami kepribadian sangat penting untuk membentuk kepribadian. Jika anda bagian dari sifat anda yang ingin diubah, anda harus tahu terlebih dahulu sifat anda seperti apa. Apakah anda termasuk orang yang berorientasi pada relasi atau pekerjaan. Orang yang berorientasi pada pekerjaan umumnya selalu memakai pakaian formal, suka membicarakan topik yang berhubungan dengan intelektual, sikapnya sangat dijaga, dan cenderung serius. Orang seperti ini biasanya selalu memikirkan terlebih dahulu apa yang akan keluar dari mulut mereka. Mereka cenderung suka terlibat dalam perbincangan yang penuh wawasan. Sebaliknya, orang yang berorientasi pada sosial biasanya lebih terbuka dan rileks dalam berkomunikasi. Mereka lebih fun, tidak kaku, dan tidak terlalu terikat pada perbincangan yang memerlukan penalaran tingkat tinggi.

Untuk membentuk kepribadian, anda harus tahu bagaimana karakter utama anda. Apakah anda seorang melankolis? Pribadi yang melankolis erat kaitannya dengan orientasi pada pekerjaan. Mereka cenderung memakai banyak waktu mereka untuk berpikir dan menganalisa. Daya imajinasi mereka luar biasa, dan banyak dari mereka bisa menjadi orang jenius. Orang dengan kepribadian melankolis biasanya memiliki etos kerja yang tinggi. Daripada bermain, bekerja lebih menarik bagi mereka. Orang dengan karakter ini umumnya menyukai kesempurnaan dan selalu mengerjakan sesuatunya secara perfeksionis. Ciri khas lain dari kepribadian ini adalah mereka lebih terorganisir, baik dalam menjalankan kegiatan sehari-hari, mengatur pengeluaran, dsb. Kepribadian ini cenderung sensitif. Namun jika anda berhasil merebut hati mereka, mereka akan menjadi teman yang sangat setia dan membantu anda sebaik yang mereka bisa.

Ada beberapa karakter lain yang perlu anda ketahui, berikutnya adalah kolerik. Jika anda adalah seorang kolerik, maka anda akan berorientasi pada tugas dan cenderung ekstrovert. Mereka terlahir dengan kemampuan memimpin dan sangat aktif saat berada di lingkungan sosial. Mereka sangat suka bekerja dan tertarik untuk terlibat pada berbagai jenis aktivitas. Karakter berikutnya adalah plegmatis. Sifat ini memiliki ciri khas yaitu cenderung introvert dan lebih berorientasi pada sosial. Orang dengan kepribadian ini umumnya mudah disukai oleh orang banyak. Mereka easy going dan supel dalam bergaul, walaupun seringkali menyembunyikan emosi untuk menciptakan kedamaian pada semua orang. Mereka juga mudah bersimpati dan memberikan kenyamanan dimanapun mereka berada. Karakter berikutnya adalah sanguin, ciri khasnya adalah ekstrovert dan berorientasi pada sosial. Selain suka bersosialiasi, mereka juga menyukai hal-hal baru dan memiliki rasa humor yang tinggi.

Membentuk kepribadian perlu dilakukan sejak dini. Cara terbaik adalah dengan melakukan repetisi atau pengulangan. Artinya jika anda ingin mengubah satu karakter diri, maka anda harus melakukan hal tersebut berkali-kali. Misalnya anda adalah tipikal orang yang pemarah. Tidak ada cara terbaik untuk mengubah karakter tersebut dengan mencobanya berulang-ulang. Kapanpun anda berhadapan dengan situasi yang bisa memicu emosi, coba tenangkan diri. Jika anda terbiasa menenangkan diri, ini akan tertanam ke dalam pikiran bawah sadar anda hingga muncullah kepribadian baru tersebut.

Itu tadi tips untuk membentuk kepribadian diri. Semoga bermanfaat untuk anda.




Advertisement


Comment

Your email will not be displayed.