Cara Melakukan Relaksasi

CaraKomplit.com – Berbagai masalah hadir dalam kehidupan kita sehari-hari. Di tempat kerja, di sekolah, dimana saja kita bisa menemukan masalah pemicu stress. Mengalami stress berkepanjangan tidak baik untuk kesehatan mental dan fisik. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk relaksasi:

  1. Pertama, cobalah bermeditasi. Jika anda berpikir bahwa meditasi harus selalu dalam posisi bersila dengan mata tertutup, maka anda keliru. Meditasi mencakup berbagai hal yang bisa membuat pikiran anda fokus pada satu hal dan terbebas dari beban masalah. Melukis dan mendegarkan musik juga bisa menjadi sarana meditasi. Yang penting adalah anda fokus pada satu hal dan tidak dipengaruhi oleh beban pikiran. Tujuan dari aktivitas ini adalah untuk membebaskan pikiran dari berbagai gangguan sementara waktu. Setiap kali merasa stress, lakukan meditasi selama 15 hingga 30 menit.
  2. Cara lain melakukan relaksasi adalah membayangkan diri anda sedang rileks. Seringkali pikiran berkelana kesana kemari dan kita kesulitan untuk mengontrolnya. Untuk membuat pikiran lebih tenang, bayangkan bahwa anda sedang berelaksasi. Jauhkan pikiran anda dari beban yang sedang dialami. Sebaliknya, pikirkan hal-hal menyenangkan dan bisa membuat tenang. Gunakan semua indera di dalam imajinasi anda karena ini bisa membantu memperdalam relaksasi.
  3. Cara lain melakukan relaksasi adalah dengan mengatur nafas. Anda mungkin pernah menyadari perbedaan pola nafas saat sedang marah dan tenang. Untuk menenangkan pikiran, anda bisa melakukannya dengan latihan pernafasan. Ini adalah bagian penting dari yoga dan teknik meditasi lainnya. Tarik nafas yang panjang, kendurkan dada anda, kemudian hembuskan nafas secara perlahan, dan buang lewat mulut. Lakukan hal ini berulang kali hingga anda benar-benar merasa rileks. Fokus pada nafas saat melakukan hal ini, jangan memikirkan hal lainnya.
  4. Perhatikan sekeliling anda. Pernahkah anda merasa tenang saat duduk di pantai hanya dengan memandangi horizon dan melihat pohon kelapa berayun diterpa oleh angin? Hal ini bisa anda lakukan untuk menghilangkan rasa penat di dalam pikiran. Ada berbagai objek yang bisa menenangkan pikiran, seperti pantai, gemericik air sungai, sawah, kolam, dll. Duduk di tempat yang menurut anda nyaman, lalu pandangi sekitar dan jauhkan pikiran anda dari beban. Ini adalah cara termudah untuk membuat pikiran lebih terkontrol dan tenang. Ketenangan hati bisa didapatkan dari lingkungan yang menenangkan. Bisa anda bayangkan perbedaan berada di kantor dengan riuh karyawan membicarakan tugas dengan berada di sebuah taman dengan air mancur dan suara burung bernyanyi? Maka dari itu, berikan waktu bagi diri anda untuk sesekali berada di dalam lingkungan yang tenang, karena ini sangat membantu tubuh dan pikiran untuk tenang.
  5. Meminum teh hangat. Teh memiliki efek meditatif dan menenangkan. Teh kamomil adalah varian terbaik untuk menenangkan pikiran. Anda juga bisa mencoba teh hitam. Sebuah penelitian dilakukan di University College London. Melalui penelitian tersebut terungkap bahwa mereka yang meminum teh mengalami penurunan kortisol di dalam tubuhnya sehingga merasa lebih nyaman.
  6. Tersenyum dan tunjukkan cinta kepada sesama. Kedua cara ini juga sangat ampuh untuk memberikan ketenangan bathin. Sesekali aktiflah pada kegiatan sosial, jangan hanya berkutat dengan kesibukan di kantor. Atau jika kesibukan tidak memungkinkan anda untuk meninggalkan kerja, pergunakan waktu sebaik-baiknya untuk beristirahat dan sekedar mengobrol dengan rekan kerja. Membangun hubungan baik dengan semua orang akan memberikan kenyamanan pada diri. Ini secara tidak langsung akan mempengaruhi kondisi pikiran.
  7. Metode relaksasi lain yang bisa anda coba adalah pijat. Pijat bisa mengendurkan urat saraf dan melepaskan diri kita dari penat. Dengan melakukan pijat selama 30 menit kita sudah merasa seperti beristirahat selama berjam-jam. Ada berbagai teknik pijat yang bisa anda coba, dan semuanya memiliki manfaat yang sama baiknya.



Advertisement

Comment

Your email will not be displayed.