Cara Menumbuhkan Jenggot

CaraKomplit.com – Jika rambut adalah mahkota wanita, maka jenggot adalah mahkota pria. Jenggot atau janggut merupakan simbol maskulinitas pria yang banyak disukai oleh para wanita. Oleh sebab itu banyak pria yang ingin menumbuhkan jenggot. Namun karena satu dan lain hal, tidak semua pria memiliki jenggot dan tidak semua pria mampu menumbuhkan jenggot yang lebat. Bagi anda yang memiliki masalah menumbuhkan jenggot, silakan ikuti beberapa tips berikut ini:

  1. Hal pertama yang perlu anda lakukan untuk menumbuhkan jenggot / janggut adalah keinginan yang kuat. Menumbuhkan jenggot bukan perkara yang mudah dan cepat. Perlu waktu kurang lebih 4 minggu agar jenggot anda benar-benar tumbuh dengan lebat. Selain itu anda juga harus siap dengan rasa gatal yang sewaktu-waktu bisa muncul.
  2. Tahap kedua adalah berhenti mencukur jenggot. Banyak pria yang tidak tahan melihat jenggot kemudian langsung mencukurnya. Jika memang anda berniat untuk menumbuhkan jenggot, sebaiknya pisau cukur atau alat-alat semacamnya dijauhkan dari jangkauan anda. Jika anda pernah mendengar mencukur bisa mempercepat tumbuhnya jenggot, jangan percaya karena hal tersebut tidak benar.
  3. Tahan keinginan untuk mencukur. Sama seperti poin sebelumnya, bagaimanapun jeleknya bentuk jenggot anda, jangan pernah mencukurnya sebelum tumbuh sepanjang yang anda inginkan. Setiap helai rambut memiliki kecepatan pertumbuhan yang berbeda-beda. Oleh sebab itu anda harus bersabar untuk memanjangkannya.
  4. Jika jenggot anda tumbuh tidak merata, anda bisa memangkas di beberapa bagian untuk menyamakan panjangnya. Hal ini biasanya dipengaruhi oleh faktor genetis dan hormonal. Itulah mengapa bentuk dan kelebatan jenggot berbeda-beda pada setiap pria.
  5. Anda bisa memakai produk penumbuh jenggot seperti Rogaine ke kulit wajah anda. Minoxidil merupakan bahan yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah, namun sekarang sering dipergunakan untuk menumbuhkan rambut. Tidak hanya untuk rambut di wajah, namun juga rambut di kepala. Namun anda harus tetap hati-hati dalam pemakaiannya karena obat ini bisa menyebabkan luka bakar dan jerawat pada wajah.
  6. Mengkonsumsi biotin yang cukup juga membantu dalam menumbuhkan jerawat. Jika memungkinkan, anda bisa mengkonsumsinya sebanyak 2,5 miligram dalam sehari.
  7. Jika anda mengalami gatal-gatal saat menumbuhkan rambut, anda bisa memakai shampo anti ketombe yang banyak beredar di pasaran. Produk lain yang bisa anda pergunakan adalah produk yang mengandung bahan hidrokortison 1%.
  8. Saat pertama kali tumbuh, biasanya jenggot akan terasa kasar dan kaku. Namun seiring waktu, jenggot anda akan menjadi semakin lembut. Anda juga bisa melembutkannya dengan memakai produk yang mengandung hidrokortison 1%.
  9. Setelah 4 hingga 6 minggu anda akan melihat wajah anda penuh dengan rambut. Jika anda nyaman dengan tampilan tersebut, anda bisa meneruskannya. Namun jika tidak, anda bisa memangkasnya di beberapa bagian untuk mendapatkan bentuk yang lebih menarik. Jika masih banyak yang komplain dengan wajah anda yang penuh jenggot, mungkin anda memang lebih tampan tanpa jenggot.

 




Advertisement


Comment

Your email will not be displayed.