Cara Mengobati Patah Hati yang Mendalam

Cara Mengobati Patah Hati yang MendalamCaraKomplit.com – Anda mungkin pernah mendengar istilah seperti ini, “Untuk jatuh cinta sangat mudah sekali. Namun untuk lepas dari jeratan cinta sangat susah sekali”. Beberapa dari anda mungkin sudah merasakannya sendiri bagaimana susahnya menghilangkan rasa cinta kita terhadap seseorang. Kata orang, “Jika orang-orang yang kamu cintai menolakmu atau pergi meninggalkamu, hatimu akan patah. Namun hal ini tetap tidak bisa mencegahmu untuk mencintai secara mendalam”. Sakit yang muncul dari rasa cinta yang teramat dalam justru membuat hidupmu semakin berwarna. Benar tidak?

Berbicara tentang patah hati, sepertinya semua orang yang pernah mencinta pernah mengalami masa-masa tidak enak ini. Mengobati patah hati bukan perkara mudah terutama jika ini adalah kali pertama anda. Namun ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk meringankan perasaan terluka tersebut. Apa saja? Mari kita simak:

Maju terus, jangan diam disana

Saat anda merasakan patah hati, jangan lama-lama berdiam disana meratapi hal tersebut. Memang sangat susah rasanya menghadapi kenyataan saat kita merasakan putus cinta. Luka yang sudah sebulan rasanya seperti kemarin. Kekasih hati yang  berbulan-bulan tiada kabar rasanya seperti baru saja berlalu. Menyembuhkan luka hati yang teramat dalam memerlukan waktu cukup panjang, tergantung dari intensitas rasa sakit yang dirasakan serta kemampuan orang tersebut. Saat anda tidak bisa mengalihkan perhatian dari rasa sakit tersebut, silakan jalani saja. Jika harus menangis, menangislah. Namun selama periode ini, berpikirlah rasional bahwa cinta tersebut mungkin tidak akan kembali lagi. Dengan begini anda akan bisa berjalan melewati rasa sakit tersebut.

Melepaskan diri dan menjadi mandiri

Perlu waktu yang cukup lama untuk menyesuaikan diri setelah anda putus cinta. Jangan terburu-buru untuk mencari cinta yang baru. Kuatkan dulu diri anda, lepaskan diri anda dari bayang-bayang masa lalunya. Rasakan diri anda menjadi mandiri lagi seperti dulu. Mungkin anda sering mendengar bahwa kunci kebahagiaan adalah melepaskan diri dari semua ikatan. Hal ini mungkin benar adanya karena saat kita melepaskan diri dari semua ikatan, kesadaran tertinggi akan muncul dalam diri kita. Namun hal ini tidak lantas membuat anda berlama-lama menyendiri dan tidak mencari cinta yang baru. Takdir manusia adalah untuk mencinta, jadi carilah cinta yang baru saat anda sudah siap.

Kuatkanlah diri anda

Meyakinkan diri bahwa anda adalah pribadi yang kuat adalah cara efektif untuk mengobati patah hati yang mendalam. Yakinkan diri bahwa anda akan bisa lepas dari masa lalu percintaan yang suram. Yakinkan diri bahwa anda bisa menerima cinta yang baru dan bersedia memaafkan orang yang membuat anda patah hati. Kekuatan bisa anda dapatkan dengan pengucapan. Jadi apa saja yang menurut anda bisa menguatkan, silakan ucapkan. Dengan mengulang-ngulang kalimat tersebut akan secara tidak langsung masuk ke pikiran bawah sadar anda dan menjadi sugesti yang kuat.

Berfantasi

Rasa patah hati tidak akan mudah hilang, dan selama proses penyembuhan anda pasti akan terus teringat dengan figur kekasih lama. Dalam proses ini, jangan pernah mengatakan, “Saya tidak akan mengingatnya lagi karena dia sudah membuat saya patah hati”, atau “Saya tidak boleh mengingat kenangan bersamanya lagi”. Kata tidak justru akan membuat anda semakin susah untuk menjauh dari bayang-bayangnya. Sebagai gantinya, fantasikan hal lain yang sama sekali tidak berkaitan dengan dirinya. Ini akan membantu anda untuk sembuh dari patah hati yang anda rasakan.

Menangis dan tertawalah

Kedua hal ini sangat kuat untuk melepaskan diri dari rasa sedih. Saat di awal-awal putus cinta, anda mungkin hanya bisa menangis dan menangis. Namun seiring waktu, setelah anda bisa secara perlahan bebas dari bayangnya, anda bisa mulai tertawa, “mengapa aku harus menangisi dia yang telah menyakitiku?!”. Tertawalah dari berbagai hal di sekitar anda, cari hiburan bersama teman-teman anda. Kembali ke aktivitas sosial seperti yang dulu anda lakukan. Ada banyak hal yang bisa membuat anda tertawa. Anda bisa membaca komik lucu, cerita lucu, atau sekedar bersenda gurau bersama teman.

Hindari kenangan bersama-nya

Beberapa tempat atau kegiatan mungkin akan kembali mengingatkan anda padanya. Agar patah hati anda bisa lekas sembuh, anda sebaiknya menghindari hal-hal tersebut. Misalnya anda bertemu pertama kali dengan kekasih di sebuah taman. Kemudian dia juga memutuskan anda di taman tersebut. Datang kesana tidak akan banyak membantu karena perasaan itu akan terus menghantui anda. Di masa penyembuhan, sebaiknya anda hindari semua hal yang pernah anda lakukan dengannya. Jika kondisi anda sudah membaik dan benar-benar kuat, anda tidak akan menemui masalah mengingat kenangan-kenangan tentangnya.

Mencari kesibukan

Ini juga cara yang efektif untuk mengobati patah hati. Orang yang sedang patah hati biasanya suka mencari kesendirian dan merenungi keadaan. Untuk sehari 2 hari tidak apa-apa. Namun jika anda melakukannya hingga berbulan-bulan? Itu hanya akan membuat anda tidak produktif. Kembalilah ke kegiatan yang dulu anda lakukan. Mencari kesibukan akan membantu mengalihkan perhatian darinya sehingga anda bisa melupakannya dengan lebih cepat.

Berolahraga

Olahraga seperti berlari, berenang, atau tinju bisa melepaskan semua beban yang anda rasakan. Saat berolahraga, tubuh akan melepaskan serotonin lebih banyak. Serotonin adalah hormon kebahagiaan yang sangat efektif untuk menangkal stress.

Lampiaskan sakit hati anda

Banyak orang yang melakukan hal ini untuk mengobati sakit hati. Misalnya mereka mem-print foto pacar kemudian memukul-mukulnya dengan sarung tinju hingga puas. Hal ini bisa anda lakukan saat rasa kesal dan marah anda sudah tidak bisa dikendalikan lagi. Melepaskan unek-unek terhadap figur kekasih sangat membantu untuk melepaskan semua kesal anda. Dengan sering melakukannya, perasaan kecewa dan sakit itu akan perlahan-lahan berkurang.

Maafkanlah

Emosi mugkin adalah emosi yang paling kuat. Namun sebenarnya ada satu yang lebih kuat, yaitu memaafkan. Saat anda berhasil memaafkan dengan tulus, seburuk apapun perlakukan orang terhadap anda, hal tersebut tidak akan berpengaruh terhadap anda. Tidak mudah untuk memaafkan orang yang telah menyakiti kita, namun anda tetap harus mencobanya. Memandangkan hal-hal positif tentang dirinya akan menumbuhkan rasa simpati dalam diri anda sehingga anda menjadi lebih mudah memaafkan.

Dan terakhir, walaupun sering patah hati jangan pernah kapok jatuh cinta!




Advertisement

  • Novanda Reza Pratama says:
    Your comments will appear after approval.

    saya sudah mencoba semua tips n trik itu selama 3 tahun tapi hasilnya adalah nihil. Saya sampei sekarang pun masih belum bisa melupakan dia tolong beri solusi yang lain gan…….

  • Anis jhi says:
    Your comments will appear after approval.

    Bgi yg sama sama pta hati knln yuk…….

    Ajak aku bertemn di facebook

    :anis jhi
    :e-mail=anis.jhi.9@facebook.com

  • nof says:
    Your comments will appear after approval.

    aku terluka bgitu dalam,,, dia pergi dengan sribu alasan
    ujung2nya trnyata dia selingkuh,, hubungan yg terjalin bgitu mendalam? seolah2 udah ga ada artinya lagi,,, janji2 yang d ucapkan seolah ga prnh di ucapkan

  • kartina says:
    Your comments will appear after approval.

    makasih tipsnya,semoga dengan tips ini,,,manjur menendang masa lalu,,,dan melompat ke masa depan,,,,

  • monic says:

    di cobah deh soalnya baru aja di alami di putusin…

  • Rikna says:

    Benar skali karena cinta tak akan pernah abadi.

  • rara says:

    Buat yg sdg pth ht jgn ptus asa,brushala untk mmaafkan,tnamkanla kyakinan pd dri anda.

  • nedi says:

    Saya diputusin karena selingkuh, bodoh memang. Tp itu sudah terjadi. Kejadiannya pd bln november. Saya lalu bujuk dia dan berjanji tak macam2 lg. Dibulan januari dia beri saya kesempatan trakhir, sy senang sekali, tp itu hanya sementara, dua hr yg lalu sy benar benar ditinggal dgn alasan slingkuh. pdahal dia udah kaaih kesempatan , ketika sy tanya dia hanya beralasan “kalau km g bs tepat janko, kenapa aku hrus tepat janji“, sy tdk bs trima, sy stress, kalau sudah stres saya bs nekat mencelakai diri sendiri. .

  • Nanda says:

    Mudah2n aq bsa move on.

  • indrie says:

    Smoga tips ini bs membuat q bangkit ,,amin .
    Makasih buat tips.:-):-)

Comment

Your email will not be displayed.