Cara Mempersiapkan Pernikahan dalam 6 Bulan!

CaraKomplit.com – Mempersiapkan pernikahan bagi banyak orang adalah hal yang rumit, apalagi baru pertama kali menjalaninya. Jika anda memiliki waktu hanya 6 bulan saja untuk mempersiapkan pernikahan, semoga tips-tips berikut ini membantu:

  1. Persiapkan mental anda. Ini adalah hal yang paling penting anda lakukan menjelang hari pernikahan. Banyak orang yang beranggapan bahwa masalah selalu bermunculan mendekati hari H pernikahan. Terlepas benar tidaknya anggapan ini, nyatanya banyak pasangan merasa stress dan kelimpungan saat mempersiapkan pernikahan mereka. Oleh sebab itu, fisik dan mental harus anda persiapkan dengan matang.
  2. Mulai dengan memikirkan konsep pernikahan. Setiap pasangan memiliki preferensi yang berbeda-beda urusan konsep pernikahan. Ada yang suka privat, ada yang suka garden party, ada yang suka di alam bebas, pokoknya macam-macam. Bicarakan dengan jelas tentang hal ini kepada pasangan anda. Yang harus anda ingat, jangan egois karena ini adalah pernikahan kalian berdua.
  3. Tentukan budget yang ingin anda keluarkan. Silakan bicarakan dengan pasangan seberapa banyak budget yang akan kalian sediakan untuk pesta pernikahan ini. Karena anda mempersiapkan pernikahan dalam waktu yang relatif singkat, anda mungkin harus bekerja keras untuk mencari uang agar semua kebutuhan tertutupi. Anda bisa saja mengandalkan kartu kredit dalam situasi seperti ini, namun alangkah baiknya jika anda memperoleh biaya pernikahan murni dari kerja keras anda bersama pasangan.
  4. Beli buku perencana pernikahan. Jika anda baru pertama kali mempersiapkan pernikahan, belilah buku “wedding planner”. Pilih buku yang ada kalender dan kantongnya agar anda mudah menyimpan berbagai brosur penawaran pernikahan. Buku perencana pernikahan sangat bermanfaat terutama untuk menyimpan ide-ide pernikahan serta berbagai informasi & kontak yang berkaitan dengan pernikahan anda, misalnya alamat floris, wedding organizer, dsb. Anda juga bisa menulis pertemuan dengan pihak-pihak yang akan membantu pernikahan anda disini.
  5. Buat agenda kegiatan yang jelas. Pernikahan melibatkan banyak aspek, seperti sewa gedung, konsumsi, undangan pernikahan, tata ruang, hiasan, dokumentasi, hiburan, dll. Agar tidak kelimpungan, buatlah perencanaan yang jelas tentang hal-hal yang akan anda lakukan. Misalnya minggu pertama untuk membuat baju pengantin, kemudian minggu kedua untuk mengkonsep undangan pernikahan, minggu ketiga untuk ruangan, dst. Semakin cepat anda menyelesaikan daftar tugas tersebut, semakin tenang anda dalam menghadapi hari H pernikahan.
  6. Tentukan tempat yang tersedia untuk hari pernikahan anda. Tidak hanya anda yang melakukan pernikahan pada tanggal dan tempat yang sama. Oleh sebab itu anda harus meminta informasi sejelas-jelasnya kepada pihak penyewa gedung tentang hari dan biaya sewanya. Jika tidak buru-buru, anda bisa didahului oleh calon pengantin lain. Lalu bagaimana jika biayanya cukup tinggi? Silakan coba hari lainnya. Menyewa lokasi pernikahan di hari Sabtu atau hari spesial seperti Valentine biasanya lebih mahal daripada hari-hari lainnya. Maka dari itu, cobalah hari lain jika ingin mendapatkan harga sewa yang lebih murah.
  7. Pilih busana pernikahan untuk anda dan pasangan. Ini adalah hal yang tidak boleh anda lewatkan begitu saja. Karena pernikahan adalah momen spesial dalam hidup anda, carilah busana pernikahan sendiri, jangan mengandalkan orang lain.
  8. Tentukan orang-orang yang ingin anda undang. Keluarga dekat tentu yang terpenting saat menghadiri prosesi pernikahan. Sedangkan kolega bisnis dan teman-teman bisa disesuaikan dengan jumlah undangan yang anda buat. Semakin banyak undangan, semakin banyak pula budget yang harus anda persiapkan. Perhatikan hal ini baik-baik.
  9. Cari fotografer. Menemukan fotografer yang tepat juga akan menguras waktu dan tenaga. Pasalnya fotografer yang handal selalu diburu oleh pasangan yang hendak melakukan pernikahan. Mereka punya jadwal yang ketat sehingga anda harus sabar menantikannya. Namun jika anda sudah melakukan kontak sejak awal, kemungkinan besar ia bisa hadir pada pesta pernikahan anda. Anda bisa memulai pencarian dari teman-teman dekat, mungkin salah satu dari mereka adalah fotografer yang handal. Jika belum berhasil, silakan datang ke toko-toko kamera atau studio terdekat, tanyakan kepada mereka apakah menyediakan jasa dokumentasi untuk pesta pernikahan atau tidak. Jika iya, lihat dulu portofolio mereka. Jika hasilnya mengesankan, anda bisa langsung melakukan perjanjian.
  10. Pilih souvenir pernikahan. Membeli souvenir dalam jumlah besar biasanya akan mendapatkan diskon khusus. Oleh sebab itu anda bisa menghemat banyak jika mengundang banyak tamu.
  11. Tentukan MC dan penghibur. Silakan hitung lagi budget pernikahan anda, apakah cukup untuk menyewa tamu spesial. Jika masih tersisa banyak, mungkin anda ingin memakai jasa selebritis terkenal?
  12. Mencari florist. Bunga adalah salah satu instrumen pernikahan yang cukup penting. Maka dari itu luangkan cukup waktu untuk mencarinya.
  13. Mencari katering. Konsumsi juga sangat penting di dalam sebuah pesta pernikahan. Jangan lupa memasukkan ini dalam agenda persiapan anda.
  14. Ada sederet kegiatan lain yang juga sebaiknya tidak dilupakan, seperti memilih cincin, mahar, dll.

Nah, itu tadi cara mempersiapkan pernikahan dalam 6 bulan. Semoga membantu.




Advertisement

Comment

Your email will not be displayed.