Cara Berhenti Mencintai Seseorang

CaraKomplit.com – Menghilangkan rasa sayang terhadap seseorang yang kita cintai membutuhkan perjuangan yang sangat berat. Ada berbagai hal yang memaksa anda harus berheti mencintai pasangan anda, misalnya karena ia sudah memutuskan anda. Penerimaan adalah hal yang mempermudah anda dalam mengarungi perasaan tidak terima ini. Banyak orang yang tidak bisa menghilangkan rasa cinta karena melakukan hal-hal berikut ini:

  1. Membayangkan kenangan-kenangan indah bersamanya.
  2. Menyimpan benda-benda yang mengingatkan dirinya pada pasangan.
  3. Tidak pernah bertatap muka langsung untuk menjelaskan masalah.
  4. Membuka pintu harapan untuknya kembali.

Semua hal diatas mungkin anda lakukan karena anda belum benar-benar bisa menerima kepergiannya. Jika anda ingin berhenti mencintai seseorang yang tidak mungkin anda miliki, anda sebaiknya bertatap muka dengan dirinya dan meminta pernyataan tegas bahwa kalian tidak akan mungkin bersama lagi. Kemudian anda harus terlepas dengan semua hal yang bisa mengingatkan anda padanya, misalnya kontak BBM, nomor telepon, SMS, email, chat history, dll. Semua hal ini akan meyakinkan pikiran bawah sadar bahwa memang hubungan tersebut benar-benar berakhir.

Apakah ada orang lain yang lebih baik darinya?

Salah satu hal yang membuat anda terus teringat padanya adalah menganggap dia adalah pacar terbaik yang pernah anda temui, walaupun mungkin itu benar adanya. Dalam kondisi seperti ini, anda harus balik bertanya pada diri anda adakah orang lain yang lebih baik darinya? Walaupun anda belum bisa menjawabnya, tidak berarti anda tidak akan menemukannya. Dia bukanlah pasangan terbaik di dunia dan tidak semua orang berpendapat sama. Daripada terus bersedih meratapi nasib, lebih baik anda berjanji pada diri anda untuk menemukan seseorang yang lebih baik. Orang sulit melepas bayang-bayang kekasihnya karena memiliki anggapan “dialah yang terbaik” atau “dialah soul mate hidupnya”. Jika seseorang berhasil lepas dari pemikiran ini, maka ia akan seketika itu juga bisa berhenti mencintai orang tersebut.

Pengulangan dalam kata-kata

Kekuatan bawah sadar dalam mengatur sikap kita sangatlah besar. Pikira bawah sadar sangat sulit untuk dirubah, namun sekali berubah bisa sangat lama. Salah satu cara mengubah pemikiran bawah sadar adalah dengan mengucapkan perkataan dan melakukan repetisi. Jika memang hubungan anda dengannya sudah berakhir, katakanlah dengan lantang dan tegas. Setiap kali anda teringat dengannya, katakan kembali bahwa hubungan kalian sudah berakhir dan tidak bisa diselamatkan lagi. Mengulang-ulang perkataan seperti, “Saya tidak bisa hidup tanpanya”, atau “Saya tidak bisa berhenti mencintainya” hanya akan membuat semakin sulit menghilangkan semua kenangan tentangnya. Daripada berkata seperti itu, katakan inti dari hubungan kalian saat ini, “Saya sudah putus dengannya!”, atau “Saya sudah siap mencari cinta yang baru”.

Kesalahan mungkin bukan di tangan anda

Merasa bersalah dalam sebuah hubungan hingga harus berakhir kandas bisa membuat anda kesulitan untuk melupakan kisah cinta tersebut. Oleh sebab itu anda harus menjauh dari pemikiran seperti ini. Anda diputuskan bukan berarti masalah ada pada diri anda, atau bukan berarti anda adalah tipe pasangan yang buruk dan tidak ideal. Ada berbagai faktor yang bisa membuatnya memutuskan anda. Sekalipun dia tidak pernah berkata apa-apa saat anda memutuskannya, anda tidak boleh membiarkan pemikiran ini muncul dalam benak anda. Atau mungkin anda memiliki andil besar dalam kandasnya hubungan kalian, anda tetap tidak boleh membiarkan pemikiran negatif ini muncul.

Menerima keadaan

Pada akhirnya semua hal yang anda lakukan untuk berhenti mencintai seseorang sia-sia saja jika anda belum bisa menerima keadaan. Anda harus belajar berpikir lebih realistis terhadap hubungan anda. Jika dia saja bisa menemukan kekasih yang baru dalam hitungan hari, mengapa anda harus berkutat dengan kisah masa lalunya selama berbulan-bulan? Lakukan semua tips di atas dan belajar untuk untuk menerima keadaan, pada akhirnya anda akan bisa berhenti mencintainya.




Advertisement

Comment

Your email will not be displayed.