Cara Membuat Serabi

CaraKomplit.com – Serabi adalah kue favorit masyarakat Indonesia. Setiap daerah menyebut kue empuk ini dengan nama yang berbeda-beda. Walaupun bahan dasar dan tampilan kue serabi hampir sama di setiap daerah, namun hasilnya bisa berbeda-beda tergantung dari komposisi bahan dan cara memasak. Serabi bisa dimakan dengan gula merah cair, saus santan, atau yang lainnya sesuai dengan keinginan.

Membuat serabi sebenarnya cukup mudah, hanya saja anda perlu memperhatikan komposisi bahan agar hasilnya tidak alot. Sebelum lanjut ke cara membuat serabi, kami akan memberikan beberapa tips penting. Yang pertama adalah pakai wajan dari tanah liat karena ini akan mempengaruhi rasa dan tingkat kematangan. Memang sekarang banyak cetakan kue serabi yang terbuat dari logam atau bahan lainnya, namun wajan tanah liat adalah pilihan terbaik. Orang memilih wajan modern terutama karena fitur anti lengketnya. Seperti diketahui, salah memasak serabi bisa membuat wajan lengket. Jangan lupa untuk memanaskan wajan dan mengoleskan sedikit minyak sebelum memasukkan adonan. Kemudian saat memasukkan adonan ke dalam cetakan, jangan tutup dulu sebelum anda melihat banyak lubang di atas kue.

Resep kue serabi 1

Anda perlu mempersiapkan beberapa bahan berikut ini: santan sebanyak 600 ml, tepung terigu 250 gram, garam 1 sdt, baking powder 1 sdt, telur 1 butir, soda kue setengah sdt, cuka setengah sdt, minyak goreng 1 sdt.

Pertama, masak santan hingga mendidih, lalu biarkan sebentar hingga menjadi hangat. Campurkan tepung, baking powder, garam, dan telur dalam sebuah mangkok besar atau wadah lainnya. Aduk semua campuran tersebut sambil diberikan santan yang hangat tadi secara perlahan. Setelah adonan tercampur secara merata, masukkan soda kue, santan, dan cuka. Kemudian kocok kembali, kali ini menggunakan pengocok yang terbuat dari kawat yang bentuknya bulat. Aduk terus selama kurang lebih 5 menit hingga adonan tercampur secara merata. Setelah adonan siap, anda bisa memanaskan wajan. Anda bisa mengolesi permukaan wajan dengan minyak. Namun jika anda memakai wajan anti lengket, anda boleh tidak memakai minyak. Sebenarnya minyak tidak hanya untuk mencegah adonan lengket di wajan, namun juga untuk menambah citarasa. Coba saja membuat serabi dengan minyak kelapa, rasanya akan lebih enak. Setelah wajan panas, masukkan adonan seukuran send0k sayur ke atas wajan. Jangan terlalu banyak memasukkan adonan karena bisa membuat bagian dalamnya tidak matang, sementara di luarnya berkerak dan gosong. Setelah anda melihat lubang-lubang di atas adonan, tutup wajan agar kue cepat matang. Setelah matang, silakan angkat dan masukkan adonan yang baru. Ingatlah untuk mengoleskan minyak setiap kali anda ingin memasukkan adonan baru. Jika anda ingin serabi berwarna hijau, anda bisa memasukkan air daun suji sebanyak 50ml ke dalam adonan.

Sementara untuk saus santannya, anda bisa mempersiapkan santan encer 1000 ml, gula merah 400 gram, gula pasir 100 gram, garam setengah sdt, daun pandan 4 lembar. Untuk membuat saos, anda hanya perlu memasukkan semua bahan ini ke dalam panci, kemudian masak dalam suhu sedang hingga mendidih. Itu juga untuk mencegah agar santan tidak pecah saat dimasak. Nah, setalah saus selesai, anda bisa menyajikan kue serabi dengan saus tersebut agar terasa lebih nikmat.

Resep kue serabi 2

Jika anda ingin membuat serabi dengan komposisi bahan yang berbeda, anda bisa mencoba resep berikut ini, 1 sdm garam, 1 sdm baking powder, 25 gram tepung sagu, 25 gram tepung terigu, 150 gram kelapa parut, 200 gram tepung beras, dan 600 cc santan. Sementara untuk bahas sausnya adalah 1 sdt garam, 2 sdm maizena cair, 3 lembar daun pandan, 50 gram gula pasir, 150 gram gula merah, dan 500 cc santan sedang. Cara membuatnya sama seperti di atas, pertama buat dulu kue serabi nya, kemudians saos, baru disajikan dalam satu wadah.




Advertisement


Comment

Your email will not be displayed.