Cara Membuat Jus Buah dan Sayur

CaraKomplit.com – Jus merupakan minuman favorit semua orang. Bukan hanya karena rasanya enak, namun juga karena membuatnya mudah. Manfaat jus sangat banyak, tergantung dari bahan yang dimasukkan. Jika anda ingin membuat jus untuk kesehatan mata, maka buah dan sayur yang mengandung vitamin A bisa menjadi bahan utama. Jika anda ingin membuat jus untuk melancarkan pencernaan, maka buah dan sayur berserat tinggi bisa menjadi bahan utama. Sebenarnya tanpa dijus, buah dan sayur sudah terasa enak. Namun terkadang kita bosan makan sayur yang rasanya seperti itu-itu saja. Jus adalah alternatif lain makan buah dan sayur. Anda tinggal memblender semua buah dan sayur yang bermanfaat kemudian meminumnya sekaligus. Secara alami tubuh memerlukan buah dan sayur untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral. Oleh sebab itu mulai dari sekarang silakan membuat jus setiap hari. Anda bisa memasukkan jus ke dalam menu diet anda. Meminum jus akan membuat anda lebih cepat kenyang sehingga membantu menjaga berat badan. Selain itu jus juga rendah kalori terkecuali anda memasukkan banyak gula ke dalamnya.

Cara membuat jus

  1. Untuk membuat jus, tentu anda harus mempersiapkan blender. Saat ini ada banyak sekali variasi blender di pasaran. Ada yang memiliki pisau 2, 3, atau lebih. Harga blender tidak terlalu mempengaruhi kandungan nutrisi yang anda buat. Sekalipun anda memakai blender yang murah, anda tetap bisa membuat jus yang nikmat dan sehat. Variasi pisau blender lebih kepada tekstur yang dihasilkan. Dengan pisau-pisau tersebut, anda bisa membuat jus yang cair, kental, halus, atau tidak terlalu halus.
  2. Setelah mempersiapkan alat, anda harus mempersiapkan bahan untuk membuat jus. Ini juga tergantung dari kebutuhan anda. Jika anda ingin jus yang benar-benar sehat, maka buah dan sayur sudah cukup. Untuk buah, siapkan pilih sesuka hati, mulai dari apel, mangga, pepaya, nanas, melon, pisang, stroberi, leci, dan buah apapun yang anda sukai. Pada dasarnya semua buah sehat. Asalkan anda tidak memiliki pantangan terhadap buah tertentu, anda bisa memasukkan buah apa saja. Begitu pula dengan sayur, anda bisa memasukkan sayuran apapun yang anda inginkan, seperti paprika, wortel, tomat, bayam, dll. Jika anda ingin membuat jus lebih lezat, anda bisa mempersiapkan bahan tambahan seperti madu, yogurt, susu, gula, cokelat, dll.
  3. Setelah semua bahan disiapkan, berikutnya anda hanya perlu mencampurkan semua bahan tersebut untuk membuat jus. Yang pertama sebaiknya masukkan bahan yang paling keras terlebih dahulu agar hancurnya merata. Masukkan bahan satu persatu jika blender tidak bisa menampung terlalu banyak bahan. Memblender biasanya tidak memakan waktu lama. Membuat jus untuk 1 blender penuh biasanya hanya memakan waktu selama 5 menit. Namun ini juga bergantung dari tekstur yang ingin dihasilkan. Jika anda ingin jus yang masih ada tekstur renyah dari buah dan sayuran, maka waktu memblender bisa dipersingkat.
  4. Setelah jus selesai dibuat, silakan disajikan dengan gelas. Jika anda hanya membuat jus untuk diminum sendiri, langsung saja dituangkan ke dalam gelas dan diminum. Namun jika anda ingin menyajikan jus tersebut kepada tamu, sebaiknya tambahkan garnish agar jus terlihat lebih cantik. Garnish yang simpel misalnya buah cherry atau jeruk lemon. Namun jika anda ingin yang lebih rumit, silakan saja. Menghias jus bisa membuat kita lebih bergairah untuk meninumnya.

Nah, itu tadi cara membuat jus secara umum. Untuk pemilihan alat dan bahan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Ada banyak resep jus yang bisa anda coba. Silakan buka buku resep untuk menemukannya.




Advertisement

Comment

Your email will not be displayed.