Cara Membuat Donat

CaraKomplit.com – Donat adalah makanan yang lezat. Jika mendengar kata donat, anda mungkin akan langsung membayangkan kue berbentuk bulat dengan lubang di tengahnya. Padahal donat bisa dibentuk seperti apa saja sesuai dengan keinginan. Ada berbagai cara membuat donat, tentu saja setiap resep hasilnya akan berbeda-beda. Kali ini kami akan memberitahu satu resep membuat donat, semoga anda bisa menikmatinya.

Bahan-bahan membuat donat

Berikut adalah beberapa bahan yang perlu anda persiapkan untuk membuat donat:

  1. tepung roti 200 gr
  2. mentega 50 gr
  3. ragi 7 gr
  4. gula 4 sdm
  5. 1 butir telur
  6. susu 100 ml
  7. garam secukupnya
  8. minyak goreng

Cara membuat donat

  1. Untuk membuat donat, pertama masukkan tepung ke dalam sebuah mangkok lalu tambahkan dengan sedikit garam. Selanjutnya masukkan mentega ke dalam adonan. Aduk terus adonan tersebut dengan tangan lalu tambahkan ragi dan 1 sdm gula. Campurkan susu yang telah dihangatkan dengan telur lalu masukkan secara perlahan ke dalam adonan. Aduk terus hingga adonan kalis dan mudah dibentuk.
  2. Setelah terbentuk adonan yang kalis, anda bisa membagi-bagi adonan tersebut menjadi beberapa bagian kecil. Namun sebelumnya berikan jeda sekitar 8 menit setelah anda selesai mengulek adonan. Setelah membagi-bagi adonan, biarkan kembali selama kurang lebih 1 jam hingga adonan tersebut mengembang.
  3. Untuk porsi bahan yang tertera pada resep ini, anda bisa membuat sekitar 12 adonan kecil. Anda bisa membuat lingkaran pada masing-masing adonan. Caranya adalah masukkan jari tengah anda pada tengah adonan sehingga terbentuk lubang. Setelah itu silakan pakai kedua tangan anda untuk memperbesar lubang tersebut sehingga terbentuklah donat yang sering kita lihat. Namun jika anda ingin membiarkan adonan tersebut tanpa lubang, silakan saja.
  4. Setelah adonan siap, silakan panaskan wajan dengan minyak goreng di dalamnya. Sebenarnya cara membuat donat tidak harus digoreng, namun bisa juga dioven. Hanya saja komposisi bahan agar sedikit berbeda karena cara memasak akan menentukan tekstur dan kelezatan dari donat yang anda buat. Adonan donat setelah diaduk biasanya terus akan mengembang.  Jika anda menggoreng terlalu awal, bagian dalamnya tidak akan matang sempurna. Ini akan membuat donat sedikit lembek dan kurang lezat. Oleh sebab itu anda sebaiknya membiarkan adonan selama 1-2 jam setelah diaduk.
  5. Temperatur untuk menggoreng donat adalah sekitar 100 derajat celsius. Namun yang penting disini adalah anda harus menggoreng pada minyak yang cukup banyak agar adonan terendam. Jika anda menggoreng dengan sedikit minyak, bagian luar akan cepat gosong sementara bagian dalamnya mungkin masih mentah. Goreng selama beberapa menit saja. Donat yang sudah matang ditandai dengan perubahan warna menjadi kuning kecoklatan. Jika sudah berubah warna, anda bisa mengangkat donat tersebut dari penggorengan dan meniriskan minyaknya.
  6. Gampang bukan cara membuat donat? Ini adalah resep donat tanpa tambahan apa-apa. Jika anda ingin membuat donat terasa lebih nikmat, silakan pilih topping yang anda inginkan. Yang paling gampang misalnya dengan mengolesi selai di atas donat atau mentega + meses. Anda juga bisa menambahkan susu kental manis atau menaburkan serbuk gula ke atas donat agar rasanya manis. Sebenarnya yang menentukan rasa dari donat adalah toppingnya. Untuk bahan dasar kue donat sebenarnya hampir sama seperti di atas. Jika pun ada berbagai tambahan seperti cokelat atau yang lainnya, itu hanya sebagai variasi saja agar rasanya menjadi semakin nikmat.

Donat adalah makanan yang lezat dan cocok untuk bersantai sambil minum teh atau kopi. Jika anda ingin merasakan donat hasil buatan sendiri, silakan buat donat berdasarkan instruksi yang disampaikan di semoga. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda.




Advertisement

Comment

Your email will not be displayed.