Cara Membuat Abon Sapi, Ikan, dan Ayam

CaraKomplit.com – Apakah anda menyukai abon? Abon memang merupakan kanan yang lezat, tak heran banyak orang mengkonsumsinya sebagai makanan pendamping nasi. Abon bisa dibuat dari berbagai macam daging. Tentu saja hasilnya akan berbeda-beda sebab setiap daging memiliki tekstur dan rasa yang berbeda-beda. Kali ini kami akan memberitahu beberapa resep untuk membuat abon. Semoga anda bisa menikmatinya.

cara membuat abon sapi

Abon sapi memang masih menjadi favorit sebab daging sapi memiliki tekstur yang tidak terlalu lunak, empuk, dan rasanya enak. Nah, jika anda ingin membuat abon sapi, siapkan bahan-bahan seperti berikut ini: 1 kg daging sapi (pilih daging yang berkualitas karena akan mempengaruhi rasa abon), 1 gelas santan, 2 sdm ketumbar, 4 siung bawang putih, 3 lembar daun salam, gula merah secukupnya, dan satu batang lengkuas, serta garam.

Cara membuatnya cukup mudah, pertama daging direbus terlebih dahulu dengan sedikit garam. Masukkan juga lengkuas dan daun salam ke dalamnya. Masak hingga daging menjadi empuk kemudian iris menjadi potongan-potongan kecil. Berikutnya pukul-pukul daging sapi hingga rata dan memar. Ini untuk memudahkan anda menyuir daging tersebut. Silakan suir daging menjadi potongan-potongan kecil. Daging sapi lebih alot dibandingkan daging ayam, itulah mengapa anda harus memasaknya hingga empuk terlebih dahulu. Masukkan bawang putih, gula merah, ketumbar, dan sedikit bawang ke dalam cobek kemudian haluskan. Letakkan panci di atas kompor, hidupkan api sedang, kemudian masukkan santan, bumbu yang dihaluskan tadi, serta daging yang telah disuir. Aduk terus hingga santan mengering. Teruskan mengaduk hingga cairan menghilang dari abon. Anda perlu mengaduk secara terus-menerus untuk menghindari abon gosong. Nah, itu tadi cara membuat abon sapi. Jika anda ingin menambahkan rasa pedas, tinggal dibubuhkan bubuk cabe saat anda memasak abon.

cara membuat abon ikan

Nah, berikutnya kita akan membuat abon ikan. Anda bisa memakai ikan apapun untuk membuat abon, namun hindari ikan yang berdaging terlalu lunak agar abon tidak hancur. Ikan tongkol adalah jenis ikan yang paling cocok untuk membuat abon. Selain karena rasanya enak, juga karena teksturnya yang empuk. Bahan-bahan yang perlu anda persiapkan antara lain 1 ekor ikan tongk0l ukuran sedang, 1 kg serai, 2 batang jahe, santan 150 ml, minyak 300 ml.  Nah, itu adalah bahan utama. Sementara untuk bumbu, anda perlu mempersiapkan bawang merah 6 biji, bawang putih 3 siung, kunyit 3 cm, 1 sdt ketumbar, daun jeruk 1 lembar, dan garam secukupnya.

Untuk membuat abon ikan, pertama kukus ikan tongkol dengan api sedang hingga teksturnya berubah menjadi lunak. Suir ikan tongkol menjadi potongan-p0tongan kecil. Lebih mudah menyuir ikan dibandingkan dengan daging sapi, sehingga anda tidak akan membutuhkan waktu lama untuk melakukannya. Haluskan bumbu yang telah dipersiapkan tadi, kemudian tumis dengan sedikit minyak, serai, dan jahe. Berikutnya masukkan ikan ke dalam tumisan bersamaan dengan santan. Masak dengan api kecil hingga santan mengering. Berikutnya masukkan minyak ke dalam abon dan goreng hingga abon berubah warna. Karena menggoreng memakai minyak, hasil abon juga sedikit berminyak. Ada alat press khusus untuk meniriskan minyak yang menempel pada abon.

cara membuat abon ayam

Membuat abon ayam sama saja dengan abon ikan atau sapi. Yang membedakan adalah komposisi bahannya. Bahan utama untuk abon ayam antara lain 1 kg ayam, minyak, 8 lembar daun jeruk, 2 serai, 100 ml santan, 250 minyak goreng, garam, dan air. Sementara untuk bumbu, anda perlu mempersiapkan 5 siung bawang putih, 3 cabai merah, 8 biji bawang merah, 4 butir kemiri, 2 cm kunyit, gula merah dan garam secukupnya. Pertama haluskan semua bumbu. Kemudian rebus daging ayam hingga lunak, suir, tumis dengan santan hingga kering. Masukkan minyak dan goreng suiran ayam hingga menjadi abon, lalu tiriskan minyaknya. Sederhana bukan?




Advertisement


Comment

Your email will not be displayed.