Cara Menyembuhkan Sakit Pinggang

Cara Menyembuhkan Sakit PinggangCaraKomplit.com – Sakit pinggang bisa terjadi karena terdapat masalah pada tulang atau otot anda. Menderita sakit pinggang sangat tidak nyaman dan seringkali mengganggu aktivitas. Sakit pinggang adalah masalah yang umum dan hampir terjadi pada semua orang. Di Amerika contohnya, sekitar 60-90% warganya pernah mengalami sakit pinggang. Yang membedakan adalah tingkat rasa sakit dan frekuensi munculnya. Ada orang yang mengalami sakit pinggang pada waktu-waktu tertentu saja, ada pula yang mengalaminya sangat sering. Berikut adalah beberapa penyebab sakit pinggang yang perlu anda ketahui:

  1. Salah duduk atau salah tidur. Jika anda adalah karyawan kantoran, maka masalah ini sewaktu-waktu bisa saja terjadi.
  2. Mengkonsumsi kafein berlebih.
  3. Menderita penyakit ginjal.
  4. Faktor kehamilan.
  5. Mengalami stress yang intes.
  6. Kurang bergerak atau berolahraga. Saat ini semuanya serba instan sehingga akvititas fisik relatif berkurang.
  7. Kelebihan berat badan.
  8. Melakukan kegiatan berlebihan. Tidak hanya kurang beraktivitas yang bisa menyebabkan sakit pinggang, namun kelebihan juga bisa.
  9. Faktor usia.

Setelah mengetahui beberapa penyebab sakit pinggang, kita akan melanjutkan pembahasan tentang penyembuhannya. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk menyembuhkan sakit pinggang:

  1. Melakukan latihan rutin: Olahraga atau latihan fisik adalah terapi sakit pinggang yang sangat efektif dan memiliki banyak kelebihan. Latihan fisik adalah cara yang alami, jadi anda tidak perlu takut dengan efek samping asalkan dilakukan secara tepat / tidak berlebihan. Luangkan waktu anda untuk melakukan olahraga 2 hingga 3 kali seminggu.
  2. Jaga posisi tubuh anda. Jika pekerjaan menuntut anda untuk berdiri secara terus-menerus, berikan kaki anda waktu untuk beristirahat. Sekali-kali duduklah agar otot kaki tidak terus-terusan tegang. Selain itu anda juga harus menjaga posisi tubuh dengan baik. Baik ketika duduk atau berdiri, biasakan memposisikan tubuh lurus, terutama bagian tulang belakang. Jika anda sering memiring-miringkan tubuh saat duduk, ini sangat beresiko untuk menimbulkan sakit pinggang. Selain itu atur juga posisi tubuh saat tidur. Posisi tidur terbaik untuk mengurangi ketegangan di punggung adalah tidur menyamping dengan lutut sedikit ditekuk. Jangan lupa meletakkan bantal dibawah kepala anda agar leher tidak terbebani.
  3. Kurangi stress. Stress juga salah satu pemicu sakit pinggang, tidak hanya stress pada tubuh tubuh, namun juga stress pada pikiran. Silakan baca artikel berikut ini untuk mengatasi stress. Ada banyak cara untuk mengurangi stress, misalnya dengan menarik nafas dalam-dalam, melakukan yoga, meditasi, pijat, sauna, dsb.
  4. Jangan tidur pada matras atau kasur yang keras. Postur tubuh tidak benar-benar datar seperti balok es, namun terdapat lekukan di beberapa bagian. Tidur di atas alas atau kasur yang keras sudah lama diketahui menjadi penyebab sakit pinggang. Itu karena alas seperti ini tidak mampu mendukung kontur tubuh secara sempurna. Anda sebaiknya tidur di atas kasur yang empuk. Selain nyaman, kasur yang empuk bisa menyesuaikan dengan bentuk tulang belakang kita.
  5. Atur bobot tubuh anda. Anda mungkin pernah mengangkat benda yang berat, kemudian beberapa saat setelahnya langsung mengalami sakit pinggang. Oleh sebab itu anda sebaiknya tidak memikul benda berat terlalu sering. Tubuh yang kelebihan berat badan juga memberikan ketegangan pada tulang belakang. Oleh sebab itu bagi anda yang mengalami obesitas, sebaiknya  segera menurunkan berat badan.
  6. Melakukan pijat. Pijat adalah salah satu cara yang sangat efektif untuk meringankan nyeri pada punggung. Selain itu pijat juga memberikan efek relaksasi yang mampu menjauhkan anda dari stress. Pijat bisa memperlancar peredaran darah ke jaringan otot sehingga proses penyembuhan menjadi lebih cepat.
  7. Coba akupuntur. Terapi ini telah lama dipercaya bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit termasuk sakit pinggang. Saat ini ada banyak klinik akunpuntur, anda bisa datang kesana untuk memulai terapi. Akupuntur bisa dipadukan dengan metode pengobatan lain untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.



Advertisement

Comment

Your email will not be displayed.