Cara Menyembuhkan Sakit Gigi

CaraKomplit.comMemelihara kesehatan gigi sangat penting karena organ ini sering kita pakai, terutama untuk mengunyah makanan. Mengalami sakit gigi sangat menyiksa, oleh sebab itu jagalah gigi anda agar selalu sehat. Sebelum membahas tentang cara menyembuhkan sakit gigi, anda mungkin tahu apa saja penyebab sakit gigi. Setidaknya ada 4 hal yang bisa menyebabkan sakit gigi, yang pertama adalah karies gigi. Ini merupakan sebuah nama yang dipakai untuk menunjukkan rusaknya gigi pada bagian enamel, sementum, atau dentin. Kerusakan gigi biasanya disebabkan oleh bakteri yang mampu memproduksi asam laktat. Faktor lain penyebab sakit gigi adalah posisi gigi yang longgar. Posisi gigi yang tidak besar akan menyulitkan kita untuk mengunyah dan seringkali terasa menyakitkan. Masalah ini biasanya muncul karena adanya masalah pada gusi, namun bisa juga akibat benturan. Faktor lain yang juga bisa menyebabkan sakit gigi adalah erosi gusi dan infeksi kanal akar gigi.

Berikut ini beberapa cara untuk menyembuhkan sakit gigi:

  1. Salah satu pengobatan yang paling efektif adalah dengan aspirin, Asetaminofen atau ibuprofen. Ibuprofen adalah yang terbaik karena obat ini memiliki khasiat untuk mengurangi rasa sakit akibat inflamasi. Namun anda juga sebaiknya mengikuti cara pakai sesuai dengan yang tertera pada kemasan.
  2. Bilas gigi yang sakit dengan antiseptik secara teratur. Untuk mempercepat proses penyembuhan, anda bisa memakai antiseptik secara teratur 2 hingga 3 kali sehari. Selain membantu mengurangi sakit gigi, juga bisa mencegah timbulnya masalah yang sama di kemudian hari.
  3. Kunyah bawang putih dan cengkeh setiap pagi. Kedua tanaman herbal ini memiliki banyak manfaat kesehatan, salah satunya adalah untuk mengobati sakit gigi.
  4. Tumbuk bawang putih dengan garam secukupnya, lalu oleskan adonan ini pada bagian gigi yang sakit. Bawang putih mengandung allicin yang dikenal efektif untuk memerangi bakteri. Tujuan dari pengobatan ini adalah untuk membunuh bakteri yang menyebabkan rasa sakit.
  5. Ambil kompres dingin kemudian letakkan di bagian pipi yang mengalami sakit gigi.
  6. Pakai sikat gigi atau produk yang mampu mengurangi rasa sakit / sensitivitas. Produk seperti orajel mampu mengurangi rasa sakit pada gigi secara efektif. Cukup oleskan pada bagian yang sakit dan anda akan segera merasakan khasiatnya.
  7. Kunyah bawang merah. Jika anda suka dengan bawang merah, mungkin tidak terlalu masalah jika harus mengunyahnya. Namun jika anda belum terbiasa, cobalah kunyah sedikit saja. Perlahan-lahan tambahkan jumlahnya, satu atau 2 butir sudah cukup. Bawang merah memiliki sifat anti bakteri sehingga baik untuk terapi sakit gigi.
  8. Bilas mulut dengan air agar sisa-sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi bisa keluar semua.
  9. Jaga kepala dalam posisi tegak / terangkat untuk mengurangi rasa sakit.
  10. Pergi ke dokter. Hal ini tentu harus anda lakukan jika sakit gigi tidak menunjukkan tanda-tanda membaik dalam kurun waktu tertentu. Jika anda sudah merasakan gangguan yang terlalu besar, misalnya sampai tidak bisa tidur dan sulit beraktivitas,  segeralah datang ke dokter gigi untuk meminta pengobatan.



Advertisement


Comment

Your email will not be displayed.