CaraKomplit.com – Untuk menyembuhkan penyakit flu, biasanya solusi pertama adalah obat-obatan. Namun bagaimana jika di sekitar anda tidak ada obat-obatan atau anda lebih senang mengobati dengan cara yang alami? Tips-tips berikut ini mungkin akan berguna bagi anda:

  1. Hal pertama yang bisa anda lakukan untuk meringankan flu adalah sering bersin. Lebih baik anda mengeluarkan lendir yang ada di saluran hidung daripada menyedotnya ke dalam. Namun jangan melakukannya terlalu keras karena bisa membuat telinga anda berdengung. Cara terbaik untuk mengeluarkan lendir adalah dengan menekan salah satu lobang hidung dengan ujung jari, kemudian hembuskan udara pelan-pelan dari lobang hidung yang satunya.
  2. Tips penting berikutnya untuk mengobati flu adalah banyak beristiharat. Anda tentu sering mendengar tips ini pada penyembuhan berbagai macam penyakit. Oleh sebab itu jangan pernah mengabaikannya. Dengan beristirahat, sistem imun dalam tubuh anda akan bekerja secara maksimal dalam memerangi penyebab flu. Tidurlah di bawah selimut yang hangat.
  3. Berkumur juga perlu anda lakukan untuk meringankan sakit tenggorokan. Silakan ambil satu gelas air hangat, kemudian masukkan 1 sendok teh garam ke dalamnya. Silakan gunakan larutan ini untuk berkumur 4 kali sehari. Untuk mengurangi rasa gatal di tenggorokan, anda bisa mencampurkan teh yang mengandung tannin untuk menguatkan membran. Anda juga bisa membuat larutan berkumur dari campuran madu dan cuka sari apel. Pertama-tama ambil satu sendok makan daun raspberry atau air perasan jeruk lemok kemudian campurkan dengan satu gelas air hangat. Masukkan ke dalamnya satu sendok teh madu. Biarkan larutan ini mendingin sejenak barulah anda pakai untuk berkumur.
  4. Meminum minuman hangat juga sangat membantu untuk meringankan sakit flu. Air panas bermanfaat untuk mengurangi penyumbatan hidung dan membantu mencegah munculnya dehidrasi. Selain itu air hangat sangat efektif untuk meringankan inflamasi di tenggorokan.
  5. Mandi dengan air hangat. Menyembuhkan penyakit flu berarti anda harus melakukan aktivitas yang membuat tubuh menjadi hangat. Mandi air hangat akan membantu melegakan saluran pernafasan anda. Selain mandi air hangat, anda juga bisa mencoba alternatif lain seperti sauna.
  6. Menempelkan kompres hangat pada hidung. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Pertama sediakan lap yang sudah bersih, kemudian masukkan lap tersebut ke dalam microwave selama kurang lebih 60 detik. Silakan pakai lap kering itu untuk mengompres hidung anda.
  7. Tidur dengan banyak bantal. Letakkan beberapa bantal di bawah kepala anda saat tidur. ini akan membantu memperlancar aliran udara di dalam saluran pernafasan.
  8. Hindari terbang jika memang tidak diperlukan. Terbang dengan pesawat bisa menekan sistem pernafasan bagian atas. Terbang saat anda sedang mengalami flu dan batuk bisa mengganggu pendengaran anda. Jika anda terpaksa harus terbang karena suatu dan lain hal, sebaiknya semprotkan dekongestan sebelum keberangkatan dan bawa spray hidung selama di pesawat. Mengunyah permen karet juga cukup membantu dalam mengurangi tekanan.



Advertisement