Cara Mengobati Alergi Secara Alami

Cara Mengobati Alergi Secara AlamiCaraKomplit.com – Bukan rahasia lagi bahwa semakin banyak obat yang kita konsumsi, semakin sulit pula tubuh kita untuk merespon obat tersebut. Tubuh kita mempunyai batas toleransi terhadap obat-obatan. Misalnya saja, jika anda sudah terbiasa untuk mengkonsumsi 1 tablet pil saat sakit kepala, suatu saat mungkin anda harus menaikkan dosis tersebut. Seiring dengan bertambahnya usia, resiko terkena alergi semakin besar. Jika sekarang anda masih bisa bebas berjalan-jalan di rerumputan, atau bermain-main dengan anjing anda, hal ini mungkin tidak bisa lagi anda lakukan dalam 10 atau 20 tahun ke depan. Satu hal yang harus anda ketahui adalah mengobati alergi tidak hanya bisa dilakukan dengan terapi medis saja, namun anda juga bisa mencoba metode alami

Kecuali jika anda mengalami alergi yang bisa membahayakan nyawa, maka pengobatan medis tetap harus anda lakukan. Jika anda memiliki alergi yang tergolong ringan, maka anda bisa mengikuti beberapa terapi berikut ini:

Macam-macam pengobatan alergi yang alami

Anda bisa mengobati alergi dengan berbagai makanan yang banyak mengandung vitamin dan mineral, anda juga bisa mencoba tanaman herbal. Selain berkhasiat untuk menyembuhkan alergi, bahan alami juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ada istilah khusus untuk terapi alergi seperti ini, yaitu Orthomolecular. Terapi ini lebih menekankan pada konsumsi nutrisi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Makanan sehat akan mampu menyeimbangkan nutrisi di dalam tubuh sehingga bisa meningkatkan sistem imun kita.

Nah sekarang bandingkan kedua macam pengobatan tadi. Dengan pengobatan medis, tubuh akan semakin mengalami penurunan daya tahan seiring waktu dan obat akan semakin sulit anda terima. Sedangkan dengan pengobatan alami, alergi akan hilang namun tidak berdampak buruk bagi kesehatan. Mengobati alergi secara alami harus dilakukan secara terus-menerus. Pertama anda bisa mencoba herbal khusus yang dipadukan dengan suplemen bernutrisi, ini penting untuk meningkatkan sistem imun. Kemudian bisa dilanjutkan dengan suplemen lain yang berkhasiat untuk melawan alergen (penyebab alergi).

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, perlu rencana matang sebelum memulai terapi. Fokus pertama anda adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Salah satu bahan alami yang paling efektif adalah vitamin C. Selanjutnya bisa anda padukan dengan suplemen lain. Suplemen tersebut akan kita bagi menjadi 3 kategori, yaitu 1) Pendukung sistem imun, 2) Pendukung adrenal, dan 3) Antihistamin / dekongestan.

Silakan pilih satu suplemen dari setiap kategori untuk anda konsumsi.

Suplemen untuk meningkatkan sistem imun:

  1. Vitamin C / bioflavonoid. Zat ini bekerja sebagai antihistamin yang bisa meningkatkan sistem imun. Anda bisa mengkonsumsinya hingga 5000 mg perhari.
  2. Vitamin B. Zat ini selain bermanfaat untuk meningkatkan kerja adrenalin, juga bisa membantu tubuh melawan stress. Anda bisa mengkonsumsinya hingga 1000 mg perhari.
  3. CoQ10: Anda bisa mengkonsumsinya sebanyak 60 mg, 3 kali sehari.
  4. Vitamin A: Jika anda sering mengalami alergi disertai dengan hidung pilek dan batuk-batuk, maka suplemen bisa anda konsumsi. Vitamin A memiliki sifat anti inflamasi dan mampu meningkatkan sistem imun. Anda bisa mengkonsumsinya hingga 10.000 IU, 2 kali sehari.
  5. Asam lemak omega 3. Anda bisa mencampurkan suplemen ini dengan Vitamin A dan CoQ10 untuk mengurangi reaksi alergi pada tubuh. Anda bisa mengkonsumsinya hingga 1000 mg per hari.

Suplemen untuk mendukung adrenalin

  1. Akar licorice. Tanaman herbal ini berkhasiat untuk menyembuhkan alergi dan kedinginan. Tanaman ini juga bisa mendorong kelenjar adrenalin untuk memproduksi hormon yang bisa melawan alergi dan inflamasi. Manfaat lainnya adalah untuk meningkatkan jumlah interferon di dalam tubuh untuk melawan virus. Anda bisa meminum licorice dalam bentuk teh 3 kali sehari.
  2. Tanaman Astragalus. Saat ini tanaman ini sudah banyak diolah ke dalam bentuk kapsul, fungsinya adalah untuk meningkatkan sistem metabolisme di dalam tubuh. Selain itu juga bisa meningkatkan kemampuan tubuh menangkal dingin dan flu. Seperti licorice, tanaman herbal ini juga bisa meningkatkan produksi interferon di dalam tubuh.
  3. Paprika. Karena buah ini berkhasiat untuk mengobati alergi, maka mulai dari sekarang biasakan diri untuk mengkonsumsinya. Buah paprika kaya akan vitamin C dan antihistamin yang bisa membantu tubuh memerangi infeksi. Selain itu juga bisa menambah energi dan mengatasi masalah pernafasan seperti bronkitis atau asma. Anda bisa memakannya langsung atau mengkonsumsi dalam bentuk kapsul.

Suplemen alami untuk Antihistamin / dekongestan

  1. Akar Goldenseal. Tanaman ini mengandung berberin yang bertindak sebagai anti jamur dan anti bakteri, sehingga mampu memberikan efek antibiotik pada tubuh. Sudah banyak yang diproses ke dalam kapsul, ingat membaca aturan pakai sebelum mengkonsumsinya.Jika anda memiliki masalah dengan jantung, sebaiknya hindari dengan tanaman herbal ini karena bisa menyebabkan komplikasi.
  2. Eufrasia. Tumbuhan herbal ini juga berkhasiat untuk mengobati alergi atau kedinginan. Banyak ahli yang menyarankan untuk memadukan eufrasia dengan Jelatang, namun tanpa tambahan bahan lain pun tanaman ini sudah cukup efektif.



Advertisement

Comment

Your email will not be displayed.