Cara Menyembuhkan Alergi Kulit Secara Alami

Cara Menyembuhkan Alergi Kulit Secara AlamiCaraKomplit.com – Munculnya ruam pada kulit bisa dialami oleh siapa saja. Ruam biasanya memiliki bentuk seperti tonjolan berwarna merah, dan ini bisa disebabkan oleh alergi atau infeksi lainnya. Kali ini kita akan membahas bagaimana menyembuhkan ruam pada tubuh, terutama yang disebabkan oleh alergi. Berbicara tentang ruam yang disebabkan oleh alergi, ada 2 istilah, yaitu dermal dan sistemik. Alergi dermal yaitu sebuah kondisi dimana alergi terjadi saat kulit mengalami kontak langsung dengan alergen. Berbeda dengan alergi sistemik yang muncul karena anda memakan makanan yang memicu alergi. Alergi sistemik lebih sulit untuk dikenali dan memerlukan serangkaian tes medis agar anda benar-benar tahu apa saja makanan yang membuat anda alergi.

Untuk menyembuhkan alergi kulit sistemik, anda harus tahu bahwa beberapa bahan makanan seperti susu, telur, makanan laut, tepung, kedelai, dan kacang tanah adalah penyebab umum alergi. Alergi ini bisa muncul pada bagian tubuh tertentu, bisa juga meluas ke bagian tubuh lainnya. Sensasi yang dirasakan biasanya gatal, sakit, dan seperti terbakar. Namun ada pula yang tidak merasakan apa-apa saat alergi ini muncul. Pada beberapa kasus, alergi akan segera hilang jika alergen disingkirkan, sedangkan beberapa lainnya memerlukan perawatan agar sembuh. Beberapa penyebab alergi lainnya adalah temperatur, makanan, obat-obatan, olen, sabun, asap, parfum, debu, dan lotion.

Berikut ini adalah beberapa perawatan untuk mengobati alergi kulit:

  1. Bersihkan area yang terinfeksi dengan teh kamomil.
  2. Oleskan minyak zaitun pada bagian yang terinfeksi.
  3. Campurkan vitamin E dengan minyak hati ikan KOD kemudian oleskan ke kulit yang alergi.
  4. Tumbuk halus beberapa lembar daun kemangi kemudian campurkan dengan 2 siung bawang putih, 1 sedok makan minyak zaitun, sedikit garam, dan merica. Oleskan adonan ini ke kulit yang alergi.
  5. Bubuk gandum juga bisa anda manfaatkan untuk terapi. Silakan masukkan 1 gelas bubuk gandum ke dalam bak mandi, kemudian masuk ke dalam bak mandi dan baluri sekujur tubuh anda dengan bahan ini.
  6. Pengobatan lain yang cukup efektif menyembuhkan alergi kulit adalah daun almond. Ambil beberapa lembar daun almond, tumbuk lalu oleskan pada kulit.
  7. Makanan yang mengandung vitamin C juga bisa membantu proses penyembuhan. Makanan ini juga mampu mencegah reaksi alergi yang lebih parah.
  8. Campurkan satu sendok makan cuka sari apel, 1 sdm madu, ke dalam satu gelas air putih. Minum ramuan ini 3 kali sehari untuk mempercepat proses penyembuhan.
  9. Pengobatan yang tidak kalah efektif adalah bibit apiun. Ambil satu sendok maka bibit apiun, kemudian campurkan dengan satu sendok makan air jeruk limau dan 1 sdm air putih. Kemudian aplikasikan campuran ini ke kulit yang alergi.
  10. Hati yang tidak bersih adalah salah satu penyebab alergi. Oleh sebab itu, sangat penting bagi kita untuk menjaga hati agar senantiasa bersih. Anda bisa membantu kerja hati membersihkan racun dengan mengkonsumsi bahan makanan seperti kunyit, susu, dan bunga dandelion.
  11. Jika alergi anda dipicu oleh polen, anda bisa menyembuhkannya dengan mengkonsumsi madu mentah organik. Selain itu hindari minuman keras dan merokok agar tidak menimbulkan alergi yang semakin parah.

Nah, itu adalah beberapa metode pengobatan alami untuk alergi. Bahan-bahan ini jauh lebih aman daripada pengobatan medis seperti dengan steroid, anti histamin, dan lotion.




Advertisement

  • Dilah says:
    Your comments will appear after approval.

    Nuhun yah

  • rizky says:

    cara mengatasi alergi dingin pake apa soalnya anak saya tiap kasih obat mendingan tp reaksi obat abis kambuh..udah 2hari ini tolong ia yang herbal/obat kampung…

Comment

Your email will not be displayed.