Cara Menjaga Kesehatan Jantung

CaraKomplit.com – Kesehatan jantung sangat erat kaitannya dengan pola hidup kita. Terlepas dari penyakit ini bisa disebabkan oleh faktor lain, namun gaya hidup adalah yang utama. Apa yang anda makan dan minum, itu sangat mempengaruhi kesehatan jantung anda. Ada juga beberapa faktor lain yang bisa mempengaruhi jantung kita. Berikut adalah beberapa tips untuk memelihara kesehatan jantung:

  1. Untuk menjaga kesehatan jantung, makanan rendah lemak perlu dihindari. Bukan karena lemak  tidak bermanfaat bagi tubuh, namun lemak berlebih bisa meningkatkan resiko penyakit jantung. Jika anda mengkonsumsi terlalu banyak lemak, sebagian akan menempel di dinding pembuluh darah sehingga menimbulkan tekanan darah tinggi. Jika ini berlangsung dalam waktu yang lama, berbagai penyakit jantung akan muncul, seperti serangan jantung, jantung koroner, dsb. Beberapa makanan yang kita temui mengandung lemak trans atau lemak jahat, seperti daging dan unggas. Jika anda sering mengkonsumsi makanan kemasan, lihat pada label nutrisi apakah makanan tersebut mengandung banyak lemak jahat atau tidak.
  2. Serat sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung. Konsumsi makanan berserat secara teratur, ini akan membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Beberapa makanan yang kaya serat antara lain buah dan sayur, serta biji-bijian, termasuk gandum, kacang polong, kacang hitam, dan kacang lentil.
  3. Selain itu anda juga harus menjauhi kolesterol. Banyak makanan tinggi kolesterol bisa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari, seperti daging, unggas, telur, produk susu, dsb. Sama dengan cara sebelumnya, anda harus melihat label nutrisi dari setiap jenis makanan karena makanan yang rendah lemak juag bisa mengandung kolesterol tinggi. Untuk memelihara kesehatan jantung, kita sebaiknya mengkonsumsi tidak lebih dari 300 mg kolesterol setiap hari.
  4. Ikan sangat baik untuk kesehatan jantung, jadi jangan lupa untuk memasukannya dalam menu harian anda. Dari begitu banyak jenis ikan, salmon, sarden, mackerel, dan tuna adalah yang terbaik untuk menjaga kesehatan jantung. Ikan-ikan ini mengandung omega-3 bisa menurunkan kadar trigliserida sehingga mengurangi resiko penyakit jantung.
  5. Anda juga perlu menjaga berat badan ideal. Kegemukan merupakan pintu gerbang berbagai penyakit. Seseorang yang mengalami obesitas beresiko jauh lebih besar menderita penyakit jantung dibandingkan mereka yang memiliki berat badan normal. Untuk mengetahui berat badan anda termasuk obesitas atau tidak, silakan hitung BMI. Jika terlalu tinggi (kategori obesitas), anda harus segera mengatur pola makan untuk mencapai berat badan ideal.
  6. Jangan lupa berolahraga karena ini merupakan cara yang sangat efektif untuk menjaga kesehatan jantung. Lakukan olahraga ringan setiap hari selama kurang lebih 30 menit, maka penyakit jantung akan jauh dari tubuh anda. Ada banyak alternatif olahraga, seperti bersepeda, berjalan, berlari, berenang, menari, dll. Olahraga bisa menaikkan level HDL atau kolesterol baik sehingga jantung dan pembuluh darah anda lebih sehat.
  7. Jika anda suka meminum alkohol, mulai dari sekarang batasi konsumsinya. Meminum terlalu banyak alkohol bisa menyebabkan tekanan darah tinggi. Sebaliknya, meminum alkohol dalam takaran kecil akan membantu anda terhindar dari penyakit jantung  dan mampu meningkatkan kadar HDL dalam darah. Takaran yang disarankan adalah satu kaleng atau gelas setiap hari.
  8. Untuk memelihara kesehatan jantung, kebiasaan merokok juga harus segera dihentikan. Ada banyak kandungan di dalam rokok yang bisa merusak jantung dan organ tubuh lainnya. Rokok bisa membuat membuat tubuh kekurangan suplai oksigen dan menimbulkan penyempitan pembuluh darah. Jika anda tidak bisa menghilangkan kebiasaan ini, pilihlah alternatif lain sepert rokok rendah tar dan nikotin. Walaupun ini membantu, namun solusi terbaik tetap berhenti merokok.



Advertisement

Comment

Your email will not be displayed.