Cara Meninggikan Tubuh secara Alami

Cara Meninggikan Tubuh secara AlamiCaraKomplit.com – Satu hal yang harus anda ketahui sebelum memulai terapi meninggikan tubuh adalah tinggi tubuh sangat dipengaruhi oleh faktor genetis. Tinggi tubuh dipengaruhi oleh beberapa macam gen. Jika kedua orang tua anda memiliki tubuh pendek, tidak berarti anda akan menjadi pendek juga. Begitu pula dengan orang tua yang tinggi, belum tentu anaknya juga ikut tinggi. Jika anda memiliki tubuh yang tidak terlalu tinggi, tidak perlu khawatir karena tubuh anda masih bisa bertambah tinggi hingga melewati masa dewasa (sekitar umur 20an). Berikut adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk meninggikan tubuh:

Hindari faktor penghambat pertumbuhan

Ada banyak hal yang bisa anda lakukan, namun sebelum mengikuti latihan-latihan tersebut, pastikan dulu bahwa tidak ada faktor penghambat pertumbuhan di sekitar anda. Obat-obatan dan alkohol bisa mengganggu pertumbuhan anda jika anda mengkonsumsinya sejak dini. Oleh sebab itu jika anda ingin meninggikan tubuh secara maksimal, hindarilah kedua zat tersebut. Faktor lain yang juga bisa menghambat pertumbuhan adalah kurangnya konsumsi makanan bergizi. Untuk itu, biasakan diri mengikuti pola makan 4 sehat 5 sempurna untuk memberikan pertumbuhan maksimal bagi tubuh anda.

Cukup tidur

Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang baru beranjak remaja membutuhkan tidur 8,5 – 11 jam setiap harinya. Aktivitas tidur sangat penting karena tubuh kita tumbuh dan melakukan pembaruan jaringan saat kita sedang beristirahat. Sebisa mungkin atur agar kondisi tidur anda nyaman dan tenang, misalnya dengan mematikan lampu sebelum tidur. Jika anda termasuk orang yang susah untuk tidur, silakan mandi dengan air hangat agar otot-otot anda menjadi rileks. Meminum teh hangat juga bisa membantu anda tertidur.

Makan makanan bergizi

Anda sebaiknya mengkonsumsi lebih dari satu jenis makanan setiap hari. Tubuh memerlukan asupan vitamin dan mineral yang cukup agar bisa tumbuh secara maksimal. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang bermanfaat untuk meninggikan tubuh:

  • Makanan yang tinggi kalsium. Zat ini banyak terkandung di dalam susu dan produk turunannya. Selain berfungsi untuk menyuburkan pertumbuhan tulang, kalsium yang cukup juga bisa mencegah munculnya osteoporosis di masa tua.
  • Cukupi kebutuhan vitamin D. Anda bisa mendapatkan vitamin D dari ikan, alfafa, jamur, atau dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi. Vitamin D bermanfaat untuk membantu pertumbuhan tulang dan otot pada anak-anak. Defisiensi vitamin D tidak hanya bisa menghambat pertumbuhan tubuh, namun juga bisa menyebabkan kelebihan berat badan. Jika anda tidak suka ikan, anda bisa mendapatkan vitamin D dari produk-produk suplemen.
  • Makanan yang mengandung banyak protein. Makanan berprotein tinggi sangat mudah kita temukan di dalam keseharian kita, misalnya daging, tahu, telur, dan kacang polong. Konsumsilah makanan yang mengadung protein setiap hari.
  • Makanan yang mengandung seng. Kekurangan seng dalam tubuh juga bisa memperlambat laju pertumbuhan. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan tinggi seng seperti cokelat, kacang tanah, asparagus, dan tiram.

Jaga sistem imun tubuh

Jika sejak kecil sudah sering sakit-sakitan, maka sangat mungkin pertumbuhan tubuh akan terganggu. Oleh sebab itu usahakan agar tubuh anda selalu dalam kondisi prima. Baca artikel berikut ini untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Imunisasi yang sudah anda dapatkan waktu kecil mungkin mampu membuat kondisi tubuh anda tetap sehat, namun tetap harus dijaga misalnya dengan mengkonsumsi cukup vitamin C.

Jaga posisi tubuh anda

Sering berjalan atau duduk membungkuk bisa mempengaruhi pertumbuhan tubuh anda. Untuk meninggikan tubuh secara maksimal, biasakan menjaga posisi tubuh selalu lurus baik saat berdiri atau duduk. Bahkan jika hal ini tidak menambah tinggi tubuh anda secara langsung, posisi tubuh yang lurus bisa membuat anda terlihat lebih tinggi.




Advertisement


Comment

Your email will not be displayed.