Cara Mengobati Kudis di Kulit

CaraKomplit.com – Seseorang yang mengalami kudis akan merasa gatal pada bagian kulitnya. Penyakit ini bisa menular lewat kontak fisik. Kudis disebabkan oleh tungau yang hidup di lapisan kulit manusia. Saat masuk ke dalam lapisan kulit, mereka akan bertelur dan berkembang biak. Kulit yang mengalami kudis akan terlihat seperti melepuh dengan pola berwarna merah. Rasa gatal yang muncul adalah karena tungau tersebut terus bergerak di dalam kulit dan mengeluarkan kotoran. Jangan menggaruk kulit yang mengalami kudis karena ini bisa menimbulkan infeksi. Kudis bisa muncul karena tidak menjalankan gaya hidup sehat. Oleh sebab itu anda harus menjaga lingkungan tempat tinggal tetap bersih untuk terhindar dari penyakit ini.

Walaupun menular, namun penyakit kudis bisa disembuhkan dengan pengobatan tertentu. Sebelum mengobati kudis, anda sebaiknya terlebih dahulu tahu tanda-tanda kudis, seperti:

  • rasa gatal yang intens dan selalu ingin menggaruk.
  • rasa gatal akan semakin memburuk pada malam hari atau saat suhu tubuh meningkat seperti melakukan olahraga atau mandi air hangat.
  • bercak-bercak merah biasanya muncul pada bagian jari tangan, pergelangan tangan, siku, lipatan ketiak, pergelangan kaki, alat kelamin, kaki, dan tangan.
  • munculnya benjolan-benjolan kecil di atas kulit.
  • garis berbentuk seperti lorong di atas kulit. Garis ini bisa muncul pada bagian tubuh manapun terkecuali wajah.

Datang ke dokter

Meminta pengobatan ke dokter adalah hal pertama yang bisa anda lakukan untuk mengobati kudis. Dokter biasanya hanya perlu mengecek ruam yang muncul di tubuh anda, namun terkadang juga mengambil sampel kulit yang mengalami kudis. Kulit ini akan dicek di bawah mikroskop apakah terdapat tungau, telur, atau kotorannya. Jika sudah diperiksa, dokter akan memberikan anda resep obat untuk membunuh tungau. Krim atau losion pembunuh tungau tersebut biasanya mengandung permethrin 5%. Jika kondisi anda sudah sangat parah dan sistem kekebalan tubuh menurun, anda mungkin akan diresepkan obat Invermectin. Jika terjadi infeksi pada bagian kulit yang kudis, dokter juga akan memberikan antibiotik.

Bersihkan rumah

Silakan minta kepada anggota keluarga lain untuk membersihkan semua ruangan di dalam rumah, terutama dengan mencuci. Selain itu minta orang lain memasak untuk anda. Ini agar perawatan berjalan maksimal karena tungau bisa menyebar kemana saja. Jika anda tinggal sendirian di rumah, sebaiknya memilih makanan siap saji. Bersihkan seluruh bagian rumah, mulai dari lantai, karpet, lemari, dll. Hilangkan semua debu yang menempel dengan vacuum cleaner. Kemudian cuci taplak, meja, bantal, dan berbagai perlengkapan lainnya dengan air panas untuk mematikan tungau yang masih ada. Perlengkapan yang tidak bisa dicuci bisa anda masukkan ke dalam ruangan es atau ruangan kedap udara selama seminggu penuh. Setelah membersihkan, letakkan semua perlengkapan di bawah paparan sinar matahari langsung. Dan terakhir, buang atau simpan semua benda yang tidak perlukan.

Pakai lotion secara teratur

Untuk mengobati kudis secara efektif, pakai krim yang diresepkan dokter secara rutin. Pakai di pagi dan malam hari agar tidak mengganggu aktivitas anda. Anda bisa memakai krim tersebut dengan instruksi seperti berikut ini:

  1. Bersihkan seluruh tubuh dengan lap kering.
  2. Aplikasikan krim tersebut mulai dari di belakang telinga hingga ke dagu lalu ke bagian tubuh lainnya. Anda bisa mengoleskan krim ini dengan lap, kuas, spon, atau peralatan lain yang disarankan dokter.
  3. Oleskan krim ini hingga ke seluruh tubuh termasuk lipatan-lipatan kaki, organ intim, punggung, pantat, dan bagian lain yang tersembunyi.
  4. Jangan lupa juga mengoleskan krim di jari-jari tangan anda hingga ke bawah kuku.
  5. Biarkan krim tersebut di tubuh anda selama kurang lebih 8 hingga 24 jam. Lamanya proses ini tergantung dari keampuhan obat kudis yang dipakai atau sesuai petunjuk dokter.
  6. Setelah selesai, anda bisa membersihkan sisa-sisa krim ini dengan mandi di bawah shower air hangat. Anda mungkin akan merasa gatal selama beberapa minggu setelah perawatan. Ini adalah reaksi alergi tubuh terhadap tungau tersebut. Badan mati dari tungau akan berada di dalam tubuh selama beberapa saat. Setelah bersih, rasa gatal akan berangsur-angsur menghilang.

Obati orang lain di rumah

Jika anggota keluarga lain memiliki gejala penyakit yang sama, jangan hanya didiamkan saja. Walaupun anda sudah bebas dari kudis, namun anda tetap bisa tertular dari orang lain. Oleh sebab itu, obati penyakit ini secara tuntas agar tidak kembali lagi.




Advertisement


Comment

Your email will not be displayed.