Cara Mengobati Batuk

CaraKomplit.com – Tidak ada yang senang mengalami batuk. Entah sedang berada di dalam rumah, atau sedang bekerja di kantor, batuk yang keras seringkali mengganggu. Anda mungkin bisa meminum sirup obat batuk, namun terkadang efek samping seperti mengantuk sangat cepat dirasakan. Batuk sering menimbulkan masalah yang lebih serius, seperti radang tenggorokan. Anda mungkin pernah saat baru bangun tidur merasakan tenggorokan sakit, bahkan menelan saja susah. Kemudian saat berbicara suara anda terdengar parau. Ini adalah akibat batuk yang sering kita rasakan. Saat anda mengalami batuk, tubuh secara otomatis memaksa lendir dan zat-zat dari dalam paru-paru anda untuk keluar melalui saluran pernafasan. Ada berbagai penyebab batuk, misalnya kedinginan, flu, alergi, atau masalah yang lebih serius seperti bronkitis. Cara terbaik untuk mengobati batuk tentu saja dengan datang ke dokter. Jika batuk cukup ringan, anda hanya perlu datang ke apotek terdekat untuk membeli obat batuk, seperti expectorant atau decongestant. Ada beberapa cara sederhana yang bisa anda lakukan untuk menyembuhkan batuk. Silakan lanjutkan membaca pembahasan berikut ini:

5 cara mudah mengatasi batuk

Membasahi tenggorokan

Menenangkan tenggorokan. Batuk yang keras bisa membuat dinding tenggorokan anda iritasi. Oleh sebab itu, jaga agar tenggorokan anda tetap basah, misalnya dengan meminum jus lemon dengan campuran madu, atau teh hangat. Anda juga bisa mencoba obat batuk alami yang bisa anda buat dari campuran madu dan jus nanas. Pengobatan lain yang bisa anda coba adalah meminum air perasan lemon ditambah dengan sedikit lada.

Terapi herbal

Anda tidak harus datang ke toko herbal untuk membeli obat batuk. Ada beberapa herbal di sekitar anda bisa dimanfaatkan sebagai obat batuk, seperti peppermint atau jahe. Namun jika anda tidak memilikinya di rumah, anda bisa datang ke toko herbal untuk membelinya. Ada beberapa tanaman lain yang juga memiliki khasiat untuk menyembuhkan batuk, yaitu Timi, hisop, dan Sage.

Terapi makanan

Mengkonsumi makanan yang tepat juga bisa mengurangi batuk anda. Batuk adalah reaksi alami tubuh untuk memerangi berbagai zat-zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh.  Anda bisa mengkonsumsi makanan tertentu untuk meningkatkan sistem imun sehingga batuk anda berkurang. Buah dan sayuran adalah makanan yang sangat baik dikonsumsi saat batuk. Sedangkan makanan yang harus anda hindari adalah makanan asin, manis, mengandung tepung dan susu.

Konsumsi suplemen

Sama seperti tips sebelumnya, mengkonsumsi suplemen juga akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda. Silakan mengkonsumsi suplemen yang banyak mengandug vitamin A, C, E, dan asam folat. Beberapa makanan seperti bawang putih, oregano, jahe, dan teh hijau juga sudah terbukti mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Anda bisa sembuh dari batuk tanpa obat asalkan menjaga tubuh selalu dalam kondisi prima.

Ubah gaya hidup

Jika anda sedang batuk, kurangi konsumsi alkohol, makan-makanan manis, snack, dan merokok. Batuk tidak muncul begitu saja. Jika anda selalu menjalankan pola hidup sehat, anda tidak akan sering mengalami batuk. Sebaliknya jika anda selalu menjalankan gaya hidup tidak sehat, maka tidak hanya batuk, namun penyakit lain juga akan sering menghampiri.




Advertisement

Comment

Your email will not be displayed.