Cara Menghindari Sakit Kepala

Cara Menghindari Sakit KepalaCaraKomplit.com – Saat sakit kepala datang, semua pekerjaan terasa sangat berat. Kata orang, mencegah lebih baik daripada mengobati. Namun bisakah kita mencegah sakit kepala? Bisa, dengan menjalankan gaya hidup sehat. Lalu seperti apakah gaya hidup yang sehat tersebut? Mari kita simak:

Atur ruang kerja anda

Jangan pernah menaruh berkas atau barang lainnya “semau gue” di ruang kerja. Jika anda suka dengan ruang kerja yang kacau balau, anda mungkin akan kesulitan untuk menemukan sesuatu. Jika anda sering kesulitan menemukan barang, maka anda akan  stress, dan kita tahu bahwa stress adalah salah satu pemicu sakit kepala. Menata ruang kerja tetap rapi adalah untuk kepentingan anda sendiri. Melihat ruang kerja yang bersih dan rapi akan membuat pikiran menjadi tenang. Selain itu rekan kerja juga akan lebih nyaman saat masuk ke ruangan anda. Hal terpenting untuk menghindari sakit kepala adalah bagaimana anda memanfaatkan fasilitas di dalam ruang kerja. Berada di dalam ruang kerja, anda akan sepanjang waktu bergelut dengan komputer. Paparan cahaya dari komputer atau laptop bisa membuat mata anda lelah, dan bisa menyebabkan sakit kepala. Oleh sebab itu, berilah waktu beberapa menit bagi mata untuk beristiharat, jangan terus-terusan berada di depan layar.

Ubah pola makan anda

Makanan juga bisa menjadi penyebab sakit kepala, oleh sebab itu anda harus memakan nutrisi yang cukup agar bisa terhindar dari sakit kepala. Mengkonsumsi makanan sehat mungkin tidak secara langsung menghindarkan anda dari sakit kepala. Namun efek jangka pangjangnya sangat baik karena bisa mengeleminasi berbagai sumber penyebab sakit kepala. Untuk mendapatkan panduan yang lebih jelas tentang hal ini, anda bisa berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi. Silakan tanyakan apakah anda memiliki alergi terhadap jenis makanan tertentu. Jika iya maka anda harus menghindari makanan-makanan tersebut. Anda juga sebaiknya menghindari kafein  karena zat ini bisa memicu sakit kepala. Orang yang sudah terbiasa mengkonsumsi kafein mungkin akan merasakan sakit kepala jika berhenti mengkonsuminya. Namun hal ini tidak akan berlangsung lama, setelah beberapa kali mencoba anda akan terbiasa. Beberapa zat lain yang juga berpotensi untuk memicu sakit kepala adalah MSG, nitrit dan nitrat, tiramin, Sulfit dan salisilat. Sebisa mungkin hindari makanan-makanan yang banyak mengandung zat tersebut.

Periksa kondisi kesehatan anda

Coba anda caritahu apakah anda memiliki masalah dengan otot dan tulang. Masalah tulang dan persendian secara tidak langsung bisa menjadi pemicu sakit kepala. Oleh sebab itu jika anda memiliki masalah dengan kesehatan terutama pada bagian tulang dan otot, segeralah mencari pengobatan. Selain dengan pengobatan medis, latihan fisik juga bisa mengurangi keluhan ini, misalnya dengan latihan yoga, stretching, atau pilates. Berbagai masalah pada wajah juga bisa menjadi penyebab sakit kepala. Anda mungkin sering merasa sakit kepala namun tidak sembuh setelah meminum obat. Kemudian anda baru menyadari bahwa minus pada mata anda bertambah. Hal-hal seperti ini perlu anda ketahui sejak dini sehingga anda bisa menghindari sakit kepala. Masalah pada gigi juga bisa menimbulkan sakit kepala, seperti ketidaksejajaran rahang , kerusakan gigi, dan abses.




Advertisement


Comment

Your email will not be displayed.