Cara Menghilangkan Bau Kaki

Cara Menghilangkan Bau KakiCaraKomplit.com – Bau kaki tidak hanya mengganggu kenyamanan kita, namun juga mengganggu orang lain. Jika teman atau keluarga anda mengeluh tentang bau kaki anda, mungkin anda harus segera mencari perawatan walaupun anda sendiri tidak menyadarinya.

Apakah penyebab bau kaki?

Ada dua hal yang menyebabkan masalah ini, yaitu Bromhidrosis (kelompok bakteri di tubuh yang memproduksi bau) dan hiperhidrosis (produksi keringat berlebih). Masalah ini tidak hanya memalukan namun juga bisa menimbulkan rasa sakit. Melepaskan sepatu mungkin membuat anda merasa lebih nyaman, namun bau kaki bisa mengganggu orang lain. Akan terasa aneh jika anda kerap kali melepaskan sepatu. Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan bau kaki, namun perawatan ini harus anda lakukan secara rutin. Jika anda berkomitmen untuk melakukan perawatan secara teratur, anda pasti bisa setidaknya mengurangi bau kaki anda.

Tips menghilangkan bau kaki

Cuci kaki anda secara teratur

Sumber bau kaki adalah asam isovaleric yang banyak diproduksi oleh bakteri di atas kulit. Agar bau kaki menghilang, maka bakteri tersebut harus anda basmi. Caranya adalah dengan mencuci kaki secara rutin, 1-2 kali sehari tergantung dari intensitas bau kaki anda. Mencuci kaki sebaiknya menggunakan sabun anti bakteri.  Sediakan waktu khusus untuk mencuci kaki, misalnya 5 menit berendam dalam baskom air hangat kemudian pergunakan sabun anti bakteri yang banyak. Semakin banyak sabun yang anda aplikasikan dan semakin lama sabun berada di atas kulit kaki anda, semakin banyak bakteri yang dibasmi. Misalnya anda terbiasa mandi selama 10 menit. Saat masuk kamar mandi anda bisa langsung membasuh kaki dengan air dan sabun kemudian biarkan hingga anda selesai mandi. Setelah itu silakan bilas sampai bersih. Ada banyak sekali produk anti bakteri di pasaran, anda bisa memilih yang banyak direkomendasikan oleh orang lain.

Pakai sepatu kulit dan kaos kaki katun

Untuk menghilangkan bau kaki, maka tempat tumbuh bakteri harus sering-sering anda singkirkan. Sepatu dipakai sehari saja bisa menimbulkan bau, apalagi dipakai seminggu. Tidak ada kewajiban untuk mengganti sepatu setiap hari, namun jika memungkinkan gantilah setiap hari. Anda tidak harus menyediakan 7 pasang sepatu, 2 saja sudah cukup. Cuci sepatu tersebut selang seling sehingga anda bisa terus memakainya. Kaos berbahan katun sangat baik dipergunakan karena sifatnya yang menyerap keringat. Tidak susah untuk mencari kaos katun. Saat anda membelinya di toko, lihat saja pada label, biasanya disana sudah tercantum berapa persen bahan katun yang dipergunakan. Anda sebaiknya memilih kaos kaki yang terbuat dari minimal 70% katun. Sedangkan sepatu kulit lebih baik dalam mencegah munculnya bau tidak sedap dibandingkan dengan sepatu berbahan sintetis.

Pergunakan spray kaki anti keringat

Foot spray biasanya mengadung alumininum klorida yang berfungsi untuk mengurangi keringat pada kaki. Dengan berkurangnya produksi keringat, bau kaki tidak akan muncul atau intensitasnya berkurang. Produk perawatan tubuh ini bisa anda aplikasikan pada malam hari menjelang tidur. Produk ini akan membuat kaki anda terasa lebih bersih, segar, dan kering. Namun tidak disarankan bagi mereka yang memiliki masalah bromhidrosis atau hiperhidrosis.




Advertisement


Comment

Your email will not be displayed.