Cara Mengetahui Kehamilan

CaraKomplit.com – Merasakan kehamilan adalah hal yang didambakan setiap wanita. Anda mungkin sudah tahu gejala kehamilan yang umum seperti mual dan muntah, namun beberapa wanita mungkin tidak merasakannya. Biasanya perasaan wanita cukup peka untuk hal-hal seperti ini. Jika misalnya mereka mengalami kehamilan, mereka biasanya bisa merasakan itu walaupun tidak berupa mual atau muntah. Jika anda merasakan gejala-gejala kehamilan, segera mungkin periksakan kondisi anda. Berikut ini adalah beberapa cara mengetahui kehamilan:

  1. Hal pertama yang bisa anda lakukan untuk mengetahui kehamilan anda mengecek siklus menstruasi anda. Coba ingat kapan terakhir kali anda mengalami haid. Banyak wanita memperhatikan siklus bulanan mereka, sementara yang lainnya tidak. Jika anda tidak mengalami haid padahal sudah waktunya, mungkin saja itu pertanda hamil. Anda bisa memakai kalender atau yang lebih canggih adalah memakai aplikasi Smartphone. Anda juga bisa mengunjungi website seperti MyMonthlyCycles untuk mengetahui kehamilan anda. Coba ingat kapan terakhir kali anda mengalami haid. Jika sudah lebih dari 30 hari anda tidak mengalami haid lagi, kemungkinan anda hamil.
  2. Anda juga bisa memeriksa dada anda. Saat hamil, terutama kehamilan pertama, dada adalah bagian pertama yang perlu anda perhatikan. Dada mungkin terasa agak sakit dan lembut. Dan biasanya wanita hamil akan mengalami pembesaran pada bagian dadanya. Puting susu juga biasanya berubah warna menjadi gelap dan bertambar besar.
  3. Untuk mengetahui kehamilan, yang paling mudah adalah dengan mengetahui apakah anda mual atau muntah. Banyak wanita hamil mengalami mual di pagi hari, terutama di trimester pertama mereka.
  4. Gejala lainnya adalah pusing. Banyak ibu hamil mengalami kelelahan yang berlebih pada trimester pertamanya. Jika anda merasakan lelah yang ekstrim tanpa sebab, itu mungkin anda sedang hamil. Perasaan aneh lain yang mungkin muncul adalah ingin tidur lebih cepat dari biasanya.
  5. Untuk mengetahui kehamilan, perhatikan mood anda. Jika ada perubahan mood secara tiba-tiba, ini juga bisa menjadi salah satu tanda kehamilan. Perubahan hormon saat hamil berdampak besar pada perubahan mood, bisa membuat perasaan senang berlebihan kemudian tiba-tiba saja menjadi sedih. Menonton film yang bagi kebanyakan orang biasa saja, bisa membuat anda menitihkan air mata. Intinya wanita yang hamil akan menjadi lebih emosional daripada biasanya.
  6. Cara lain untuk mengetahui kehamilan adalah menjalankan tes. Anda bisa membeli test pack di apotek atau supermarket karena alat ini dijual bebas dan tidak memerlukan resep dokter. Segera lakukan tes saat anda merasa sedang hamil. Anda mungkin ingin buang air kecil saat baru bangun tidur. Pakai saja air seni tersebut untuk melakukan tes. Pada test pack biasanya sudah terpapar jelas bagaimana cara memakainya. Di dalam test pack, biasanya terdapat sebuah alat yang bentuknya seperti pulpen dengan garis-garis. Celupkan alat tersebut ke dalam air seni, dan hasilnya akan terlihat dalam beberapa menit. Jika hasil tes menunjukkan negatif padahal anda mengalami macet pada haid, coba ulangi tes dalam beberapa hari ke depan. Dengan semakin banyak kadar hormon kehamilan di dalam tubuh, akan lebih mudah bagi test pack untuk mengetahui apakah anda sedang hamil atau tidak.
  7. Jika anda tidak yakin dengan hasil terlihat pada test pack, anda bisa langsung datang ke dokter untuk mengetahui apakah anda sedang hamil atau tidak. Dokter mungkin akan mengetes urin anda atau darah untuk mengetahui apakah anda sedang hamil atau tidak. Tes urin memang akurat, namun dokter akan melakukan serangkaian tes agar hasilnya lebih akurat.

Nah, sekian informasi tentang cara mengetahui kehamilan. Semoga bermanfaat untuk anda.




Advertisement

Comment

Your email will not be displayed.