Cara Mengatasi Tidur Mendengkur

Cara Mengatasi Tidur MendengkurCaraKomplit.com – Apakah anda pernah mendengkur saat tidur? Mendengkur mungkin tidak akan mengganggu anda, namun orang lain yang mendengarkan pastilah sangat mengganggu. Mendengkur tidak hanya membuat orang lain tidak nyaman, namun juga bisa menyebabkan kualitas tidur anda berkurang dan merupakan pertanda dari masalah kesehatan dalam tubuh. Sebelum kita membahas tentang cara mengatasi tidur mendengkur, anda perlu tahu penyebabnya dan bagaimana hal tersebut bisa terjadi. Mendengkur terjadi saat udara tidak bisa mengalir dengan lancar melalui hidung. Ini disebabkan karena saluran pernafasan menyempit, mungkin karena sikap tidur yang salah atau masalah pada jaringan di tenggorokan anda.

Berikut adalah beberapa faktor penyebab mendengkur:

  • Usia. Semakin tua usia seseorang, maka saluran tenggorokan akan semakin mengecil dan tonus otot di tenggorokan juga berkurang.
  • Jenis kelamin. Pria pada umumnya memiliki saluran udara yang lebih sempit dari wanita sehingga lebih cenderung tidur mendengkur. Problem medis seperti tenggorokan yang sempit atau kelenjar gondok yang besar seringkali muncul secara turun-temurun.
  • Masalah pada hidung dan sinus. Jika saluran pernafasan terganggu, maka seseorang akan kesulitan untuk menarik nafas dan menciptakan ruangan hampa di dalam tenggorokan. Ini pada akhirnya akan menimbulkan dengkuran.
  • Kelebihan berat badan. Ini juga merupakan salah satu penyebab mendengkur yang paling sering dialami. Orang gemuk biasanya memiliki jaringan yang berlemak dan tidak terlalu banyak otot. Ini sangat berpengaruh pada tidur mendengkur.
  • Merokok dan meminum alkohol. Melakukan kedua hal ini membuat otot menjadi lebih rileks sehingga bisa menyebabkan mendengkur.
  • Sikap tidur yang salah. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, sikap tidur yang salah juga bisa menyebabkan mendengkur. Tidur dalam posisi telentang bisa menutup saluran pernafasan sehingga menyebabkan mendengkur.

Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi tidur mendengkur, baik dari diri anda sendiri maupun dari pasangan dan keluarga anda.

Komunikasikan dengan pasangan anda

Tidak lucu jika anda harus ribut dengan pasangan hanya karena mendengkur. Oleh sebab itu hal ini sebaiknya anda komunikasikan dengan pasangan anda. Jika pasangan anda bisa mengerti, itu hal yang sangat baik. Namun jika tidak? Sebaiknya anda melakukan beberapa tips berikut ini. Yang pertama adalah tidur sendiri. Iya, walaupun hal ini terkesan tidak lazim untuk pasangan suami istri, namun demi kenyamanan kalian berdua sebaiknya hal ini anda lakukan. Anda tidak perlu takut tidur terpisah akan menghilangkan keintiman anda sebagai pasangan suami istri. Lakukan aktivitas seks seperti biasa dan berkomunikasi seperti biasa. Namun jika sudah waktunya tidur, anda bisa pergi ke kamar tidur lain atau minta pasangan anda yang melakukannya. Tips berikutnya adalah meminta pasangan memakai ear plug atau penyumbat telinga. Ini akan membantu mencegah dengkuran anda terdengar oleh pasangan.

Saat pasangan berkali-kali mengeluh tentang masalah ini, anda tidak seharusnya menjawab dengan biasa-biasa saja. Coba anda berada di posisi pasangan, mungkin anda juga akan jengkel mendengar dengkuran setiap malam. Jangan juga merespon keluhan pasangan dengan terlalu serius sehingga menciptakan ketegangan baru. Diskusikan dengan baik bersama pasangan dan cari solusinya bersama-sama.

Mengetahui jenis dengkuran anda

Untuk mengatasi tidur mendengkur, anda sebaiknya tahu dulu jenis dengkuran tersebut. Setiap dengkuran memerlukan jenis perawatan yang berbeda-beda. Anda bisa meminta pasangan anda untuk meneliti seperti apa bunyi dengkuran anda. Mendengkur dengan mulut tertutup mungkin menandakan ada masalah pada lidah anda. Mendengkur dengan mulut terbuka mungkin berkaitan dengan jaringan yang terdapat di dalam tenggorokan anda. Mendengkur saat anda tidur telentang mungkin berkaitan dengan kebiasaan dan sikap tubuh saat tidur. Mendengkur saat anda tidur dalam berbagai posisi menandakan bahwa dengkuran tersebut sudah parah dan perlu segera ditangani.

Cara mengatasi tidur mendengkur

  • Menurukan berat badan. Dengan rutin melakukan olahraga, lemak pada jaringan tubuh anda akan berkurang sehingga bisa mengurangi mendengkur atau bahkan menyembuhkannya sama sekali.
  • Berolahraga secara teratur. Sebaiknya anda rutin melakukan latihan pada bagian lengan, kaki dan otot.
  • Berhenti merokok. Merorok merupakan salah satu penyebab mendengkur. Dengan menghentikan kebiasaan ini anda bisa mengurangi frekuensi mendengkur anda.
  • Kurangi konsumsi alkohol. Kalau bisa sebaiknya anda jauh-jauh dari minuman ini karena tidak hanya menyebabkan mendengkur, namun juga tidak baik untuk kesehatan tubuh.
  • Menyesuaikan posisi tidur. Anda bisa meminta pasangan anda untuk melakukan observasi terhadap posisi tubuh anda saat mendengkur. Jika dengan berubah posisi dengkuran tersebut bisa hilang, maka anda sebaiknya mencoba untuk mengubah posisi tidur.
  • Menjernihkan hidung. Hidung yang tersumbat, misalnya karena pilek akan membuat saluran angin terganggu sehingga udara keluar secara tidak semestinya. Oleh sebab itu bersihkan area hidung anda hingga pernafasan menjadi lancar dan nyaman.
  • Jangan kamar tidur tetap lembab. Udara yang kering bisa menyebabkan luka pada membran di hidung dan tenggorokan.
  • Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi dari tubuh. Oleh sebab itu anda sebaiknya membiasakan diri tidur dengan bantal.
  • Tidur dengan posisi menyamping. Ini juga cukup efektif terutama jika anda mendengkur karena posisi tidur yang tidak tepat.



Advertisement


Comment

Your email will not be displayed.