Cara Mengatasi Penyakit Sariawan

CaraKomplit.com – Sariawan adalah istilah yang merujuk pada luka, bintik, atau tonjolan yang muncul di dalam rongga mulut. Sariawan biasanya muncul dibarengi dengan rasa sakit atau terbakar di bagain dalam mulut. Rasa sakit ini terkadang membuat kita susah untuk menelan makanan atau minuman. Namun sariawan adalah penyakit yang sering dialami oleh orang-orang dan pengobatannya pun tidak terlalu susah. Sebelum membahas tentang cara mengobati sariawan, anda mungkin ingin tahu apa saja penyebab sariawan. Ada beberapa hal yang bisa memicu timbulnya sariawan, seperti panas dalam, kurang konsumsi vitamin B12 dan zat besi, masalah hormonal, stress, pemakaian gigi buatan, tidak sengaja menggigit lidah, dan terdapat luka pada mulut.

Penyakit sariawan juga bisa disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri. Beberapa orang berpendapat bahwa sariawan adalah reaksi alami sebagai bentuk perlindungan di dalam mulut. Radang sariawan terjadi pada lapisan mukosa di dalam mulut. Walaupun tidak berbahaya bagi tubuh, namun kemunculannya seringkali membuat kita tidak  nyaman. Untuk mengatasi sariawan, silakan ikuti beberapa tips berikut ini:

  1. Berkumurlah dengan air garam. Silakan coba pengobatan ini, sediakan satu gelas air putih dan masukkan satu sendok teh garam ke dalamnya. Kemudian berkumurlah dengan larutan ini 3 kali sehari untuk mempercepat proses penyembuhan sariawan.
  2. Minum yogurt. Yogurt berfungsi untuk menjaga bakteri baik yang terdapat di dalam mulut dan tubuh. Rutin mengkonsumsi yogurt akan menghindarkan anda dari penyakit sariawan.
  3. Cuci mulut dengan obat-obatan alami. Beberapa tanaman herbal dipercaya mampu menyembuhkan sariawan, diantaranya adalah lidah buaya, ekstrak biji anggur, buah plum, dan tea tree oil. Pengobatan lain yang bisa anda coba adalah dengan hidrogen peroksida.
  4. Lumuri sariawan dengan garam dan pepaya. Mengoleskan bahan-bahan tertentu pada sariawan bisa mempercepat proses penyembuhannya. Anda bisa mengoleskan bawang merah yang sudah ditumbuk, pepaya, atau kantong teh yang telah dipergunakan.
  5. Coba baking soda. Baking soda tidak hanya bisa dipakai untuk mengembangkan kue, namun ternyata juga memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah untuk mengatasi sariawan. Campurkan baking soda dengan sedikit air kemudian oleskan pada sariawan. Zat ini akan membantu mengurangi jumlah bakteri di mulut sehingga mempercepat proses penyembuhan. Selain itu zat ini juga bisa mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan oleh sariawan.
  6. Konsumsi vitamin yang cukup. Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang kurang mengkonsumsi vitamin B, C, dan zat besi lebih rentan terkena sariawan. Ketiga zat ini tidak susah anda dapatkan. Banyak buah dan sayuran yang kaya akan vitamin B, C, dan zat besi. Jadi cara termudah mencegah sariawan adalah banyak mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin dan mineral.



Advertisement


Comment

Your email will not be displayed.