Cara Mengatasi dan Mencegah Mata Lelah

CaraKomplit.com – Terlalu lama di depan komputer, bermain game atau menonton TV bisa membuat mata lelah. Jika sudah mengalami kondisi seperti ini, mata akan terasa panas dan sulit untuk dibuka kembali. Jika mengalami mata lelah, anda harus segera berhenti dari apapun kegiatan yang sedang anda lakukan. Istirahat sekitar 30 hingga satu jam hingga rasa perih di mata menghilang. Tidak hanya mata terasa sakit, namun biasanya juga diikuti dengan sakit kepala. Segera hentikan semua kegiatan agar tidak memperparah kondisi tersebut. Pada kesempatan kali ini kami akan memberitahukan kepada anda bagaimana cara mengatasi mata lelah. Setidaknya dengan melakukan hal ini, rasa sakit tersebut bisa lebih cepat menghilang.

  1. Untuk mengobati mata lelah, anda harus tahu dulu apa gejalanya. Selain yang sudah disebutkan diatas, mata yang lelah biasanya sangat sulit fokus terhadap benda-benda yang memancarkan sinar. Selain itu mata juga akan berair dan pandangan agak kabur.
  2. Hal pertama yang bisa anda lakukan adalah membasuh mata anda dengan air dingin. Mata lelah bisa dipicu oleh radiasi berlebih dari layar komputer atau laptop. Oleh sebab itu membasuh wajah terutama bagian mata dengan air dingin sangat membantu untuk menghilangkan rasa lelah di mata. Jika ingin lebih cepat,  kompres mata anda dengan air es. Tidak perlu langsung disentuhkan ke mata, biarkan uapnya saja yang mengenai bola mata. Lakukan terapi selama beberapa menit hingga rasa lelah mata berkurang.
  3. Pengobatan alami untuk mata lelah salah satunya adalah mentimun. Mata yang lelah memang memerlukan air untuk menjaganya tetap segar. Kita tahu bahwa mentimun sangat berair, maka dari itu sangat baik untuk terapi mata lelah. Anda juga bisa memakai buah lain seperti kentang atau stroberi. Cara pemakaiannya sangat mudah, cukup iris salah satu dari bahan makanan tersebut, kemudian tempelkan pada kedua mata. Biarkan hingga 20 menit kemudian singkirkan dan bilas dengan air bersih.
  4. Kantong teh juga bisa dimanfaatkan untuk terapi mata lelah. Jika anda sering membuat teh celup di rumah, tentu memiliki banyak kantong teh. Daripada terbuang, ini bisa anda tempelkan pada mata untuk membuatnya segar kembali.

Selain melakukan cara-cara diatas, anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini untuk mencegah mata lelah.

  1. Berikan mata anda beristirahat sesekali. Jika anda harus duduk di depan layar komputer dalam jangka waktu lama karena tuntutan pekerjaan, berikan waktu mata anda untuk beristirahat. Setiap 30 menit sekali, berdiri dari kursi anda dan alihkan pandangan pada pemandangan di sekitar. Ini akan membantu mata rileks dan tidak mudah mengalami kelelahan.
  2. Minum banyak air. Air sangat diperlukan untuk menjaga keseimbangan tubuh. Minum bisa melancarkan metabolisme dan menjaga fungsi tubuh sehingga mata tidak mudah lelah
  3. Konsumsi makanan sehat. Tidak bisa dielakkan, kurangnya konsumsi makanan sehat bisa menyebabkan masalah pada berbagai organ tubuh. Perbanyak konsumsi makanan yang bisa meningkatkan kemampuan penglihatan dan kurangi konsumsi makanan yang mengandung sodium karena ini bisa mempercepat mata lelah. Makanan yang kami sarankan adalah buah-buahan yang mengandung vitamin A, C, dan E. Selain itu kurangi kopi karena kafein bisa memicu lingkar hitam di mata. Sebagai gantinya, anda sebaiknya meminum teh yang bebas dari kafein.
  4. Tidur diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseuruhan dan efektif untuk mencegah mata lelah. Seseorang yang jarang tidur lebih rentan mengalami mata lelah. Oleh sebab itu cukupi kebutuhan tidur 8 jam sehari agar mata anda selalu berada dalam kondisi prima.

Nah, itu tadi beberapa tips untuk mengatasi dan mencegah mata lelah. Semoga bermanfaat untuk anda.




Advertisement


Comment

Your email will not be displayed.